Selulit adalah kondisi kosmetik yang akan membuat kulit Anda tampak bergelombang. Hal ini sangat umum dan mempengaruhi hingga 98% wanita. Sementara selulit bukanlah ancaman bagi kesehatan tubuh Anda, karena hanya terlihat tidak sedap dipandang dan kehadirannya pun tidak diinginkan. Tentu saha bisa menjadikannya sumber stres dan kecemasan bagi mereka yang memilikinya. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang selulit beserta cara mengatasi selulit pada tubuh.

Selulit atau disebut juga dengan lipodistrofi gynoid merupakan kondisi di mana kulit akan tampak berlesung pipit, seperti kulit jeruk yang mengembang. Selulit disebabkan oleh perubahan struktur sel lemak dan jaringan ikat yang berada di bawah permukaan kulit. Perubahan ini bisa menyebabkan sel lemak Anda menjadi sangat besar dan mendorong keluar ke jaringan ikat di bawah kulit Anda. Selain itu, perubahan suplai darah ke daerah yang terkena selulit dapat menyebabkan penambahan cairan ekstra dalam jaringan.

Salah satu factor utama yang menyebabkan terjadinya selulit adalah faktor hormon. Selulit berkembang karena adanya perubahan ukuran dan juga struktur sel lemak pada tubuh Anda. Itulah sebabnya mengapa disarankan hormon seperti insulin dan katekolamin, yang terlibat dalam pemecahan dan penyimpanan lemak, dapat memainkan peran kunci dalam pembentukannya. Sebagai contoh, telah disarankan bahwa setiap ketidakseimbangan hormon yang meningkatkan keuntungan lemak selama pemecahan lemak, seperti tingkat insulin yang tinggi, dapat membuat seseorang berisiko tinggi terkena selulit.

Selain factor hormone, Selulit juga dapat dikarenakan adanya gangguan jaringan ikat yang disebabkan oleh peradangan kronis tingkat rendah. Beberapa ilmuwan telah menemukan sel kekebalan yang terkait dengan peradangan kronis, seperti makrofag dan limfosit, di jaringan yang terkena selulit. Namun, orang lain tidak menemukan bukti adanya respons inflamasi di daerah ini.

Meskipun selulit tidak begitu berbahaya namun kehadirannya juga bikin kurang percaya diri, untuk itu bagi anda yang mengalami selulit bisa mengatasi nya dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan aktip seperti kafein, retinol dan beberapa senyawa tanaman lainnya. Berdasarkan penelitian yang mengklaim dapat membantu memperbaiki penampilan selulit dengan cara Memecah lemak, kemudian memperbaiki aliran darah, Memperbaiki elastisitas kulit, dan Mengurangi retensi cairan

Itulah tadi pembahasan singkat tentang cara mengatasi selulit pada tubuh semoga informasi ini berguna bagi anda yang sedang melakukan perawatan kulit tubuh yang terkena selulit.