Saat datang bulan hadir, wanita sering mengeluhkan rasa sakit yang terjadi pada tubuh mereka. Rasa sakit ini disebabkan oleh luruhnya sel telur yang terdapat pada dinding rahim, sehingga menyebabkan pendarahan disertai rasa sakit atau nyeri. Banyak perempuan yang bertanya, adakah obat nyeri haid.

Tentunya ada beberapa obat yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan nyeri saat haid datang. Ada baiknya, jika kamu sedang dalam mengkonsumsi obat-obatan jenis lain untuk tidak mengkonsumsi obat ketika haid datang. Cobalah untuk mencari obat-obatan alami yang tidak akan memberikan efek samping pada kamu.

Rasa nyeri yang disebabkan dari siklus menstruasi membuat diri kamu menjadi malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Padahal banyak aktivitas yang harus kamu lakukan, namun karena haid datang maka kamu jadi malas ngapa-ngapain.

Tak perlu khawatir, jika rasa nyeri haid pada tubuh kamu menyerang. Maka kamu bisa menggunakan beberapa obat alami yang bisa meredakan rasa nyeri dari perut mu dan kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasanya. Nah berikut beberapa obat nyeri haid yang bisa anda konsumsi.

Obat Nyeri Haid Alami

Minum Teh

Salah satu obat nyeri menstruasi yang sangat baik untuk anda adalah teh chamomile. Bukan hanya teh jenis chamomile, namun teh-teh lain seperti teh blueberry, raspberry, dan teh mint mampu membantu melemaskan otot-otot yang tegang sehingga dapat membantu anda dalam mengurangi kecemasan.

Air Kelapa

Sejak dahulu air kelapa sangat sering digunakan untuk berbagai pengobatan. Salah satu manfaat yang luar biasa dari air kelapa adalah mengatasi nyeri berlebihan ketika haid. Kamu bisa meminum air kelapa sejak dua hingga tiga sebelum memasuki masa menstruasi.

Kunyit

Kunyit memang sangat baik untuk tubuh, anda bisa menggunakan ramuan kunyit untuk menghindari rasa sakit pada bagian perut ketika mengalami menstruasi. Kandungan dalam kunyit mampu mempermudah luruhnya lapisan pada dinding rahim, sehingga rasa sakit tidak akan berlebihan.

Kencur

Tidak hanya kunyit, namun kencur juga sangat baik untuk mengatasi nyeri haid. Anda bisa merebus kunyit, lalu meminum air kunyit tersebut. Coba konsumsi air kunyit dua kali dalam satu hari dengan mengkonsumsi saat pagi dan malam hari.

Ramuan Asam Jawa

Asam jawa mengandung potassium yang cukup banyak, potassium memiliki kandungan seperti kurkumin pada kunyit. Sehingga sangat baik untuk memudahkan peluruhan sel telur pada dinding rahim, sehingga akan mengurangi rasa sakit pada tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsi asam jawa untuk meringankan rasa sakit saat haid.

Lima bahan alami tersebut dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan rasa nyeri saat haid. Dengan mengkonsumsi ramuan tersebut, maka peluruhan dinding sel akan mudah dan tidak akan membuat kamu merasa sakit secara berlebihan. Selain mengobati, maka kamu juga bisa mencegah timbulnya rasa sakit tersebut ketika haid menyerang.

Mencegah rasa Nyeri saat Haid

Olahraga Teratur

Mungkin kamu jarang olahraga, sehingga setiap kali memasuki masa menstruasi kamu merasakan skait yang berlebihan akibat tubuh kurang sehat. Sebenarnya, olahraga saat haid diperbolehkan asal dengan kemampuan kamu. Hal penting jangan sampai kamu melakukan olahraga yang berlebihan.

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan memperbanyak minum air putih, anda bisa menjaga tubuh untuk terhindar mengalami dehidrasi. Dengan banyak cairan yang masuk ked alma tubuh akan membantu anda dalam melemaskan otot-otot yang tegang akibat kram.

Istirahat yang Cukup

Dengan melakukan istirahat yang cukup. Maka anda bisa terhindar dari rasa sakit berlebihan saat menstruasi. Banyak wanita yang kurang beristirahat, sehingga menyebabkan rasa nyeri berlebih saat menstruasi. Menjelang masa menstruasi, maka anda harus istirahat dengan cukup.

Obat nyeri haid tersebut dan pencegahan nyeri haid mungkin bisa menjadi panduan kamu menjelang siklus menstruasi. Sehingga kamu bisa terhindar dari rasa sakit berlebihan. Obat alami tentunya akan membuat kamu terhindar dari efek samping obat-obatan.