Ada banyak sekali tempat wisata Jogja yang bagus-bagus, salah satunya berada di kabupaten Kulon Progo. Kulon progo sudah menyimpan berbagai macam destinasi wisata yang sangat mempesona, tetapi baru sekitaran awal tahun 2016 tempat-tempat wisata tersebut mulai tereksopose dan menjadi viral di berbagai macam sosial media.  Berbagai macam tempat wisata yang ada di kulon progo ada satu tempat yang cocok didatangi ataupun dikunjungi oleh wisatawan yang membawa anak-anak, yaitu waduk sermo. Jika pada umumnya tempat wisata alam begitu membahayakan untuk anak-anak maka tidak dengan waduk yang satu ini, waduk yang berfungsi sebagai saluran irigasi dan bendungan ini sangat ramah terhadap anak-anak dan dijadikan tempat wisata alam paling edukatif dan paling indah yang ada di kulon progo, spot foto yang ada di waduk inipun tak kalah indahnya dengan spot foto yang ada di daerah atau tempat wisata lainnya.

Biaya untuk masuk dan dapat menikmati spot foto di waduk sermo ini cukup murah yakni anda hanya dikenakan biaya sekitar kurang lebih 7000 rupiah saja per orangnya, selain itu tidak hanya indah untuk berfoto, di waduk ini anda juga dapat memancing dan menikmati berbagai santapan ikan yang tersedia di tempat-tempat makan disana. Ada beberapa keistimewaan lain yang dimiliki waduk ini, sayangnya keistimewaan ini belum banyak diketahui oleh para wisatawan, berikut di bawah ini adalah keistimewaan tersebut:

Sebagai latar belakang spot foto tempat wisata kalibiru, banyak yang tidak mengetahui bahwa penampakan danau yang indah di kalibiru ternyata pemandangan dari waduk atau bendungan sermo. Hal ini menjadi salah satu keistimewaan bendungan sermo.

Jika anda tidak dapat berkunjung langsung di bendungan ini, anda dapat tetap mengambil spot foto danau melalui gardu pandang munggur, ini adalah salah satu keistimewaan waduk tersebut, dimanapun anda mengambil spot foto tersebut pemandangan alam disana tetap cantik dan mempesona.

Keistimewaan tersebut masih sedikit sekali wisatawan yang menyadari, mereka tidak tahu bahwa latar danau yang biasa mereka gunakan untuk spot foto di kalibiru sesungguhnya adalah waduk sermo.