Akhir-akhir ini pemerintah kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan sedang gencar-gencarnya memperbaiki destinasi wisata agar dapat menarik minat para wisatawan. Setelah sukses dengan wisata budaya dan adat istiadat yang menggempur masyarakat lokal dan internasional. Kini pemerintah mencoba memperbaiki wisata danau assa dan sekitarnya, sehingga layak dinikmati oleh para traveller. Danau Assa terletak di desa Kalembang, kecamatan Sangalla, Toraja. Danau ini dikelilingi oleh objek wisata lainnya seperti Buntu Kalando, kuburan Tampang Allo dan kuburan Suaya. Karena tempat yang tersembunyi di balik perbukitan dan kelilingi tempat wisata lainnya, danau ini menjadi tak terlihat, sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Cerita mistis dibalik keberadaan Danau Assa dan sekitarnya

Danau assa terbentuk karena proses alam atau proses yang tidak sengaja. Air dari danau ini berwarna hijau dan masih kotor, karena belum ada yang merawatnya. Kembaran dari danau assa adalah kolam limbang, namun ukurannya jauh lebih kecil dari danau assa. Pemandangan yang berada di objek wisata danau assa dan sekitarnya masih sangat alami dan belum terjamah oleh manusia nakal. Tempat ini akan pas untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran dan hati. Suasana yang natural dapat membuat Anda menyatu dengan alam dan segala kegelisahan dapat sirna saat berada di sana. Akan tetapi, jika hendak berkunjung ke danau tersebut bawalah penduduk asli desa tersebut sebagai penunjuk jalan Anda.

 

Dibalik keberadaan danau assa terkandung cerita mistis yang belum diketahui oleh banyak orang. Masyarakat menganggap bahwa terbentuknya toraja tour terbaik berhubungan dengan tempat wisata lain yang mengelilinginya yaitu kuburan-kuburan khas Toraja. Keadaan di danau tersebut terkadang memunculkan aura mistis, sehingga beberapa pengunjung ada yang ketakutan. Terlebih lagi bagi wisatawan yang memiliki kelebihan dapat melihat makhluk lain pasti akan merasa tidak nyaman saat berada di danau assa. Namun, Anda yang ingin berkunjung tak perlu khawatir, karena selama tujuan Anda positif pasti semua akan baik-baik saja. Sekarang ini, wisatawan yang berkunjung ke danau tersebut juga terus mengalami peningkatan. Tidak heran suasananya menjadi ramai.

 

Beberapa waktu ke depan pemerintah akan terus berupaya memperbaiki wisata danau assa dan sekitarnya, sehingga bisa dinikmati oleh para wisatawan. Menurut kabar yang beredar di sekitar danau akan dibangun menara, gazebo, warung-warung, perahu dan fasilitas lainnya yang dapat mendukung wisata alam tersebut. Semakin banyaknya pengunjung yang datang akan menambah pemasukan bagi pemerintah dan masyarakat sekitar. Perekonomian menjadi terangkat dengan adanya objek wisata yang ramai. Warga dan para turis juga disarankan untuk menjaga kebersihan dan keindahan yang berada di tempat wisata. Berdasarkan pengalaman yang telah ada kebanyakan wisata yang telah lama sering dirusak baik oleh warganya maupun para wisatawan yang datang.

 

Tana toraja memiliki wisata yang cukup lengkap mulai dari wisata religi, budaya, kuliner dan alam. Anda bisa menentukan wisata mana yang paling disukai. Namun, apabila telah jauh-jauh pergi wisata ke sana, sebaiknya Anda mengunjungi semua jenis tempat wisata, agar tidak menyesal. Karena objek wisata yang ditawarkan berbeda dengan daerah lainnya. Salah satunya Anda juga perlu mencoba wisata danau assa dan sekitarnya yang unik dan menyimpan pesona yang tidak bisa diperoleh dari tempat lain. Jadi, sudah cukup bukan berkenalan dengan destinasi wisata dari Tana Toraja khususnya danau assa. Semoga pengenalan tadi dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang sedang merencanakan libur panjang.