Sebelum membahas tentang jambu biji untuk obat demam berdarah kita harus bisa mengenali paskah itu penyakit demam berdarah dengue. Penyakit demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus demam berdarah karena penyebabnya adalah dari virus maka tidak ada obat khusus yang bisa membunuh virus kecuali sistem kekebalan tubuh manusia itu sendiri. Penyakit ini di sebabkan oleh gigitan nyamuk Aides Aegypti karena gigitan nyamuk ini mengandung virus demam berdarah yang akan menyebabkan terjangkitnya penyakit dbd atau demam berdarah dengue. Kita harus tahu bahwa penyakit demam berdarah dengue ini menyerang trombosit manusia dengan cara menurunkan trombosit tubuh jika trombosit tubuh menurun maka secara otomatis akan menurunkan daya tahan atau kekebalan tubuh manusia.

Jambu biji untuk obat demam berdarah

Banyak cara untuk memulihkan sistem kekebalan tubuh manusia salah satunya dengan memakan makanan makanan yang banyak mengandung anti oksidan seperti jambu biji. Sebenarnya banyak sekali makanan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dengan cara meningkatkan trombosit dalam tubuh seperti memakan daun pepaya, stroberi, blueberry, jambu biji sebab makanan itu banyak mengandung zat anti oksidan yang berfungsi sebagai pemulihan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan trombosit dalam tubuh. Tidak hanya itu saja manusia yang terjangkit penyakit demam berdarah dengue harus sering sering memakan ikan karena dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi lenting untuk membantu tulang manusia agar memproduksi trombosit sehingga trombosit akan meningkat serta memulihkan sistem kekebalan tubuh manusia.

3 manfaat jambu biji untuk obat demam berdarah

Salah satu makanan yang dapat membantu manusia dalam memulihkan sistem kekebalan tubuh adalah jambu biji karena di dalam buah jambu biji terdapat 3 manfaat untuk mengobati demam berdarah diantaranya yaitu :

  1. Membantu memperbaiki sel trombosit yang rusak
  • Tentu semua masyarakat sudah tahu tentang manfaat jambu biji untuk mengobati demam berdarah dengue yang disebabkan oleh virus demam berdarah.
  • Di dalam jambu biji terdapat zat zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti zat anti oksidan yang bertugas meningkatkan sel trombosit manusia serta memperbaiki sel trombosit yang sudah rusak.
  • Peran anti oksidan juga berfungsi sebagai pendamping ion H pada tubuh manusia ketika terjangkit penyakit demam berdarah dengue, karena pada saat trombosit menurun maka ada suplai ion H di dalam tubuh yang tidak memiliki pasangan untuk itulah anti oksidan berperan penting untuk memberikan pasangan baru untuk ion H yang hilang.
  • Peran anti oksidan juga untuk memberikan pasangan baru kepada ion H kemudian menjadi atom yang awalnya aktif untuk merusak sel menjadi tidak aktif lagi.
  1. Membantu dalam menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh
  • Jambu biji mengandung banyak mineral serta mineral dalam jambu biji bisa bermanfaat untuk membantu mengatur jumlah keluar masuknya cairan dalam tubuh manusia karena saat terjangkit penyakit ini pasien akan mudah terasa dehidrasi sebab pasien banyak mengeluarkan banyak cairan seperti ketika muntah jadi konsumsi makanan serta minuman pasien harus diatur supaya tidak terjadi dehidrasi.
  1. Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia
  • Jambu biji untuk obat demam berdarah memang makanan yang sangat penting bagi penderita penyakit demam berdarah dengue karena salah satu kandungan jambu biji yaitu vitamin c. Vitamin c dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang terjangkit infeksi seperti trombosit manusia pada saat terjangkit demam berdarah.

referensi: tanda tanda demam berdarah