Cara mengobati panas dalam wajib kamu ketahui, apalagi penyakit ini sering terjadi pada warga Indonesia. Hal ini dikarenakan negara kini ini memiliki iklim tropis sehingga sering terpapar penyinaran matahari yang banyak. Situasi seperti tentunya akan menimbulkan berbagai macam permasalahan kesehatan jika sistem imun pada tubuh tidak kuat, salah satunya adalah panas dalam. Namun yang harus kamu pahami adalah panas dalam bukanlah suatu penyakit namun adalah sebuah bentuk gangguan tubuh.

Hal ini dikatakan oleh para ahli bahwa panas dalam adalah bentuk dari respon tubuh ketika mengalami gangguan sebab hal ini pertanda bahwa penyakit akan muncul. Jadi tidak heran jika siapa saja dapat terkena panas dalam baik orang dewasa maupun anak-anak. Karena itu terdapat beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengobati panas dalam.

Cara Mengobati Panas DalamĀ  Dengan Menggunakan Bahan Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang mudah ditemukan untuk dapat diolah menjadi obat panas dalam. Bahan ini memiliki kandungan yang dapat meredakan panas dalam, sehingga untuk menyembuhkan gangguan ini tidak diperlukan biaya yang mahal.

  1. Air kelapa hijau

Tentunya sangat mudah untuk menemukan kelapa hijau, air kelapa hijau memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi sehingga dipercaya dapat mengobati dan mencegah munculnya panas dalam. Sebab dengan mengkonsumsinya maka dapat terhindar dari dehidrasi dan ion tubuh dapat meningkat. Cara mengobati panas dalam dengan menggunakan bahan ini adalah mengkonsumsinya 1 kali seminggu dengan menambahkan madu di dalamnya.

  1. Cuka sari apel

Buah apel tidak hanya dapat diolah menjadi jus namun juga dapat diolah menjadi cuka. Cuka apel tentunya berbeda dengan jenis cuka lainnya karena tingkat kekerasanya yang berbeda. Cuka apel sendiri lebih lembut dibandingkan dengan cuka lainnya, pada cuka ini juga terkandung antibakteri dan vitamin C yang banyak. Sehingga dapat mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan. Untuk mengolahnya agar menjadi obat panas dalam adalah dengan mencampurkan 5 sendok makan cuka apel pada 1 gelas air.

  1. Campuran madu dan perasan lemon

Madu merupakan bahan yang mengandung begitu banyak nutrisi yang bermacam-macam. Baik dari kandungan nutrisi mineral alami, vitamin, dan lain-lainnya. Kandungan-kandungan ini yang dapat menjaga kesehatan tubuh jika kamu mengkonsumsi dengan teratur. Meredakan tenggorokan panas dalam menggunakan madu adalah dengan mencampurkannya dengan lemon. Karena buah lemon juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Ada baiknya untuk mengkonsumsi ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari, namun bagi kamu memiliki riwayat penyakit maag ada baiknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

  1. Telur ayam kampung

Banyak masyarakat Indonesia yang memelihara ayam terutama ayam kampung. Dimana telurnya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Biasanya telur ayam kampung dikonsumsi untuk menjaga stamina. Namun beberapa peneliti menemukan bahwa kandungan pada telur ayam kampung dapat menghilangkna panas dalam dengan cukup efektif. Namun untuk kamu yang memiliki kulit yang mudah berjerawat maka ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi telur ayam kampung secara berlebihan karena kandungan lemaknya sangat tinggi, sehingga dapat membuat tumbuhnya jerawat. Untuk membuat obat panas dalam menggunakan bahan ini kamu dapat mengkonsumsi kuningnya saja. Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bersama bagian putihnya, memang rasanya akan agak anyir karena kamu mengkonsumsi telur tanpa di masak dahulu. Namun inilah cara mengobati panas dalam.