Gejala penyakit jantung pada wanita lebih sulit untuk di deteksi karena pada penderita wanita tidak seperti penderita pada pria oleh sebab itulah kaum wanita harus lebih mengerti tentang penyakit jantung dan gejala gejalanya agar dapat mencegah terjadinya penyakit ini sebab penyakit jantung adalah salah satu penyakit berbahaya di dunia dengan bukti banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh penyakit jantung ini oleh karena itulah wajib untuk semua manusia khususnya kaum wanita untuk mengenal gejala penyakit pada wanita agar terhindar dari ganasnya penyakit jantung. Penyakit jantung memiliki nama lain yakni Cardiovaskular Disease adalah salah satu gangguan dari organ tubuh bagian jantung dan bisa terjadi juga karena gangguan pembuluh darah koroner yang diakibatkan oleh terlalu banyaknya kadar koleterol serta lemak pada tubuh sehingga mengakibatkan plak pada dinding pembuluh darah yang lama kelamaan akan menutup pembuluh darah tersebut, jika pembuluh darah sudah mengalami penutupan maka darah tidak akan dapat mengalir ke seluruh tubuh maka secara otomatis tidak bisa memenuhi kebutuhan organ tubuh lainnya seperti kebutuhan oksigen dan nutrisi sehingga menyebabkan gangguan organ organ lainnya juga.

Beberapa gejala penyakit jantung pada wanita

gejala penyakit jantung pada wanita memang sangat sulit untuk dideteksi berbeda dengan penderita penyakit jantung pada pria yang sangat mudah dideteksi karena disebabkan oleh penyakit jantung lebih banyak menyerang kaum pria dari pada menyerang kaum wanita itulah sebabnya banyak penelitian penyakit jantung yang menyerang kaum pria sedangkan sedikit sekali penelitian tentang penyakit jantung yang menyerang kaum wanita. Namun ternyata pada kaum wanita juga memiliki resiko terserang oleh penyakit jantung tersebut meskipun tidak sebanyak kaum pria. Berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung pada wanita :

  1. Terjadinya penurunan hormone esterogen

Gejala penyakit jantung pada wanita dapat dideteksi pada saat penurunan hormone esterogen pada wanita menurun ketika masa menopause sehiingga resiko terjangkit penyakit jantung semakin besar karena hormone tersebut berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari berbagai macam penyakit. Penurunan hormone ini juga dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah koroner sebab dari tingginya kadar lemak dalam tubuh.

  1. Adanya penyakit diabetes pada perempuan

Penyakit diabetes juga salah satu gejala penyakit jantung pada wanita karena penyakit diabetes juga dapat menyebabkan kaum wanita mudah terserang penyakit jantung karena pada dasarnya penyakit diabetes dikarenakan oleh tingginya kadar kolesterol dan lemak sedangkan serangan penyakit jantung disebabkan oleh kadar kolesterol serta lemak yang tinggi sehingga dapat menyumbat saluran pembuluh darah koroner. Penyumbatan pembuluh darah koroner itu menyebabkan darah tidak dapat mengalir ke jantung sehingga otot otot jantung menjadi kaku jika dibiarkan saja maka fungsi jantung akan berhenti seketika dan menyebabkan kematian pada peneritanya.

  1. Terjadi penyumbatan pembuluh darah kecil pada perempuan

Salah satu gejala penyakit jantung pada wanita adalah terjadinya penyumbatan pembuluh darah kecil pada wanita yang disebut dengan pembuluh darah mikrovaskular memang sering terjadi pada wanita. Penyumbatan pembuluh darah kecil ini biasanya terjadi karena adanya kelainan serta terjadi juga disebabkan oleh lenak yang menempel pada dinding dinding pembuluh darah sehingga lama kelamaan akan terjadi penyumatan pada pembuluh darah tersebut. Oleh karena itulah wajib bagi seluruh wanita untuk menjaga kesehatan agar tidak terjangkit penyakit jantung dengan cara mengenali gejala gejala penyakit jantung pada wanita ini.