Salah satu ranah kecerdasan majemuk menurut teori Howard Gardner adalah kecerdasan visual – spasial. Kecerdasan ini bisa distimulus dengan permainan untuk usia anak – anak dan jenis lainnya untuk usia dewasa. Bagi orangtua atau guru yang mendeteksi kemampuan visual – spasial anak lebih tinggi dari lainnya atau sekedar ingin mengembangkan bakat tersebut, maka jenis – jenis permainan balok susun dan lego merupakan jawaban paling tepat. Salah satu strategi peningkatan kecerdasan visual – spasial dalam pendidikan anak usia dini adalah dengan permainan Building Blok 32 Warna yang diproduksi oleh PT. Mustika Cendekia Negeri.

Mainan Building Blok 32 Warna terdiri dari 32 blok dengan 8 jenis berbeda. Ukurannya 41 cm x 26 cm x 4 cm. Menciptakan sebuah bangunan yang disusun atas komposisi heterogen dari bentuk geometris dan warna adalah salah satu cara meningkatkan kecerdasan visual – spasial. Orangtua dan guru bisa membuat skenario bangunan baru yang tingkat kompleksitasnya lebih tinggi ketika anak berhasil menyelesaikan suatu sistem tata letak dasar. Dalam pendidikan anak usia dini permainan ini akan sangat membantu proses berpikir secara visual – spasial. Harga yang ditawarkan untuk setiap paket Building Blok 32 Warna adalah Rp 220.000,00. Jangan khawatir dengan keamanan mainan ini karena izin SNI sudah dikeluarkan dan ditambah lagi finishingnya dilakukan dengan cat non toxic.

Selain Building Blok 32 Warna, ada juga jenis lain dari mainan geometris yaitu Building Block 128 Warna. Dengan harga Rp 775.000,00 ada beberapa keistimewaan yang akan diperoleh orangtua dan guru saat menerapkannya pada anak. Keistimewaan tersebut adalah kekayaan jumlah balok yang mencapai 128 dengan 8 bentuk dan warna – warna heterogen nan ceria. Dalam pendidikan anak usia dini, ketersediaan warna dan bentuk yang berbeda – beda akan meningkatkan tingkat kejelian anak dalam mendiskriminasikan sesuatu berdasarkan klasifikasi tertentu. Selain itu, karena bisa digunakan untuk membentuk sebuah konsep bangunan yang baru maka mainan yang diproduksi oleh PT. Mustika Cendekia Negeri ini sangat cocok dalam pengembangan kecerdasan visual – spasial.

Keutamaan Building Block 128 Warna adalah tidak hanya bisa dimanfaatkan pada jenjang pendidikan anak usia dini, tetapi terus berkelanjutan. Karena saat seseorang melakukan proses menyusun maka sel – sel dalam otaknya juga saling bersinergi untuk mencetus inovasi baru yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, penempatan sesuai ukuran, bentuk dan warna juga membantu proses berpikir logis bagi anak baik saat usia balita hingga lebih dewasa. Orangtua dan guru perlu mengembangkan atmosfer yang menguatkan proses belajar ini menjadi suatu wadah pengembangan kecerdasan visual – spasial secara optimal. Tidak hanya untuk saat ini, tetapi jika anak memiliki kemampuan visual – spasial yang tinggi maka kedepannya ia bisa menyelesaikan tugas perkembangan secara lebih kompleks.