Manajemen konsultan bisnis adalah kegiatan pengaturan sebuah usaha yang dilakukan secara menyeluruh dan profesional. Manajemen bisnis ini mencakup upaya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan semua lini dalam proses bisnis hingga mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Baik itu usaha berskala kecil maupun berskala besar, karena semuanya membutuhkan manajemen bisnis agar usahanya tidak berjalan sembarangan, dapat mengantisipasi berbagai resiko, dan mencapai target yang diharapkan. Karena berguna untuk  memperlancar usaha, terdapat beberapa bidang dalam manajemen bisnis yang perlu Anda ketahui antara lain :

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah kegiatan mengenai perencanaan dan penentuan target, tujuan, dan hasil yang akan dicapai dalam bidang pemasaran. Hal ini berkaitan dengan berhasil atau tidaknya produk anda sampai ke tangan konsumen.

Sehingga kegiatan dalam bidang ini meliputi riset tentang konsumen, strategi pemasaran, menganalisis peluang pasar dan kompetitor, mempromosikan produk, dan lain lain.

Karena menejemen pemasaran itu dapat di artikan dari penentuan target dan tujuan, karena tujuannya ialah agar produk anda dapat dikenal oleh masyarakat, dengan meningkatkan volume penjualan produk, dan meraih keuntungan.

Tanpa manajemen pemasaran, sebuah bisnis akan mengalami kendala dalam hal pemasukan dan pemasaran

Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi adalah kegiatan perencanaan soal aspek ketersediaan dan penyaluran barang kepada konsumen. Karena manajemen distribusi merupakan pendukung dari manajemen pemasaran, sebab saling berkaitan dan melengkapi.

Jika manajemen distribusi bermasalah, maka pemasaran akan terganggu, begitu pula sebaliknya. Sehingga proses penyaluran barang kepada konsumen bergantung dengan pola distribusi yang sudah anda buat.

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan atau finansial adalah kegiatan pengelolaan arus kas secara efektif dan efisien. Karena hal Ini menyangkut upaya pengaturan perputaran uang masuk dan keluar, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam hal mencari dana, melakukan investasi, menetapkan kebijakan pembagian laba atau dividen, serta mengontrol pembuatan laporan keuangan.

Menejemen ini tujuannya ialah untuk memperoleh dan menggunakan dana secara efektif dan efisien, agar pemasukan bisnis dapat meningkat dan pengeluaran dapat dikontrol dengan baik.
Sehingga dana dapat terus dikelola dengan benar untuk mendukung proses pencapaian tujuan bisnis Anda.

Manajemen Keuangan

Manajemen personalia adalah kegiatan yang berfokus pada pengaturan sumber daya manusia (SDM) yaitu tenaga kerja atau karyawan. Seperti perekrutan karyawan, pengembangan mutu karyawan, pemberian upah atau gaji, serta pemeliharaan SDM secara terpadu agar setiap orang dapat bekerja sama sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Bertujuan agar anda dapat memiliki karyawan yang berkualitas, meningkatkan kinerja karyawan, dan menjaga hubungan kerja yang baik secara profesional di antara karyawan. Sehingga semua karyawan dapat bekerja sama dalam mendukung proses pencapaian tujuan bisnis Anda.

Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi atau akuntasi adalah kegiatan yang berfokus pada pemberian informasi dalam bidang akuntansi dan administrasi, yang bertujuan untuk membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijakan dan operasional bisnis sehari-hari.

Kegiatan ini meliputi pengumpulan, pencatatan, pengelompokan, pelaporan, dan penafsiran data laporan finansial dan administrasi bisnis anda agar tidak ada kekeliuran data dalam usaha anda