Kami sangat yakin sekali bahwasannya tak ada satu pun orangtua sekalian, khususnya orangtua muslim yang tak inginkan putera puterinya jadi anak yang sholeh dan juga sholehah. Peranan orangtua di dalam pendidikan anak ini sangat berpengaruh yang cukup besar sekali. Sebab, Anda sebagai orangtua haruslah jadi panutan, contoh, dan juga suri tauladan yang baik untuk anak-anak Anda. Dan berikut ini adalah beberapa cara mudahnya mendidik anak menurut Islam yang benar.

Cara mendidik anak menurut Islam yang benar

Beri lingkungan agamis

Sekarang ini jamannya semakin maju, teknologi juga jadi semakin canggih, akan tetapi tetap Islam sangat mewanti-wanti pada orangtua supaya selalu menjaga amanah Allah supaya tak keluar dari ajaran agama. Seperti halnya anak-anak untuk ikut pengajian atau pun memasukan anak-anak ke dalam TPA, memasukkan ke dalam sekolah yang berbasis agama, apalagi saat ini sudah ada banyak sekolah-sekolah IT, jika memang perlu masukkan saja anak Anda ke dalam lingkungan pesantren.

Beri keteladanan pada anak

Jadi tak hanya memerintah saja pada anak-anak Anda, akan tetapi jadilah juga contoh yang baik bagi mereka. Jangan hanya menyuruh anak untuk pergi mengaji, sedangkan Anda sendiri pergi ngerumpi, dan jangan hanya menyuruh anak Anda untuk sholah, sedangkan orangtuanya sibuk main gadgetnya, bagaimana anak tak membangkang jika orangtuanya saja tidak memberi keteladanan pada anak-anaknya.

Menciptakan suasana rumah nyaman dan harmonis

Apabila Anda dan pasangan memang sedang alami suatu konflik berumah tangga, ingat jangan di depan anak-anak, sebab yang demikian tersebut akan mempengaruhi pikiran psikologi anak. Jadi, buat keluarga seharmonis mungkin supaya semuanya bisa betah dan juga bahagia di dalamnya. Dan anak-anak pun nantinya juga akan mencontoh dari setiap perlakukan orangtuanya.

Hindarilah kekerasan pada anak

Tegas itu memang baik, akan tetapi tak dengan cara yang keras. Jangan sampai menggunakan tangan bila anak Anda lakukan suatu kesalahan. Buat mereka takut hanya dengan diamnya orangtua. Sebab kami yakin banget bahwasannya diamnya orangtua adalah marahnya. Semuanya memang kembali pada karakter masing-masing orang, akan tetapi sekali lagi, jangan pernah menggunakan kekerasan di dalam mendidik anak.

Tanamkan akhlakul karimah

Silakan Anda tanamkan pada anak-anak untuk selalu berbicara yang lemah lembut, sopan santun, tidak kasar, selalu berkata yang jujur, dan menanamkan akhlak pada guru, orang yang lebih tua, teman seumuran, serta yang lain sebagainya. Kami yakin sekali dengan kebiasaan yang ditanamkan sejak usia dini akan berpengaruh ketika dia dewasa nanti.

Demikianlah cara mendidik anak menurut Islam yang benar, yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi. Sumber : https://sel.co.id/