Banjir memang telah menjadi langganan untuk beberapa daerah yang di Indonesia seperti salah satunya ibu kota tercinta Jakarta. Meski hujan yang turun tebilang sedikit dan sebentar, namun sejumlah genangan air bisa keluar seketika dan banjir akan muncul. Saat banjir telah datang, maka tentunya banjir akan segera masuk ke dalam rumah tidak bisa diatasi lagi. Jika anda kebetulan tinggal di area yang padat dan sering diserbu banjir, pada kesempatan kali ini kami berikan beberapa cara yang sudah terbukti ampuh untuk mencegah banjir agar tidak ke dalam rumah.

  • Coba Menambah Tinggi Posisi Bagian Ruang Tamu Rumah

Cara untuk mencegah banjir masuk rumah yang bisa Anda terapkan yaitu dengan meninggikan posisi ruang tamu anda. Tentunya, jika area rumah anda termasuk langganan banjir, maka anda sudah tau mengenai perkiraan ketinggian air yang biasanya masuk ke dalam rumah anda dan ruangan mana saja yang sering diserang air banjir.

Jika ketinggian air masih terbilang rendah yaitu di bawah 50 sentimeter, maka cara terampuh yang bisa anda lakukan untuk mencegah banjir masuk rumah adalah dengan menambah permukaan tantai agar bisa lebih tinggi yang sekaligus juga ampuh untuk mencegah penyebab listrik konslet. Anda bisa menambah tinggi permukaan di atas 50 cm untuk seluruh  ruangan rumah anda, namun jika dana yang anda miliki tidak banyak, maka hanya cukup ruangan yang sering digenangi banjir saja yang ditinggikan.

Cara lainnya, permukaan yang ditinggikan bisa hanya ruangan yang punya  akses keluar sebab ini menjadi jalan masuknya air ke rumah anda seperti misalnya saja pada ruang tamu dan garasi.

  • Jangan Pernah Menutup Selokan Rumah

Demi keperluan pembangunan jalan, maka seringkali selokan juga ditutup agar jalan bisa menjadi lebih lebar dan luas. Namun sebenarnya ini hanya akan membuat air hujan menggenang terus menerus yang lama kelamaan dapat merendam rumah anda. Untuk itulah, hindari menutup selokan yang ada di depan rumah anda agar nantinya air hujan bisa masuk kemudian mengalir ke sungai atau kali. Selain itu, pastikan juga anda membersihkan saluran air dengan rutin baik perorangan atau gotong royong bersama dengan masyarakat sekitara rumah.

  • Manfaatkan Penggunaan Karung Pasir Serta Beberapa Batako

Karung pasir telah menjadi cara umum yang biasanya diandalkan ketika musim hujan datang. Karung karung pasir itu sebaiknya diletakkan di depan rumah yang berfungsi sebagai penghalang air banjir agar tidak merendam rumah anda. Selain itu, anda juga bisa memakai beberapa batako atau batu bata untuk mencegah air banjir masuk ke dalam rumah anda. Cara ini dipakai untuk membuat beberapa tembok penghalang temporer atau sementara supaya rumah anda tetap aman dari dorongan air banjir yang akan menyerang.

  • Menggunakan Paving Block Pada Halaman Rumah

Rumah yang berada di lingkungan sering banjir harus punya area terbuka sebagai alat untuk serapan air hujan. Untuk itu jika anda tidak menanam rumput di halaman, maka cara lain yang bisa anda lakukan adalah menggunakan paving block atau grass block aagr tidak seluruh area depan rumah anda atau carport benar benar tertutup aspal atau keramik. Selain bisa menolong menyerap air hujan dengan baik ke tanah, pemakaian paving block untuk area carport anda juga dapat lebih kokoh dan tahan lama.

  • Coba Untuk Meninggikan Bagian Permukaan Teras Rumah

Selain meninggikan permukaan ruang tamu dan garasi, permukaan teras juga wajib anda tinggikan beberapa cm. Dari teras menuju ke ruang tamu dapat anda tinggikan dengan cara menambah beberapa anak tangga. Jumlah anak tangga yang digunakan tergantung dari ketinggian banjir yang sering anda keluhkan namun tidak harus memakai jenis tangga rumah minimalis keren. Jika memang kurang dari 50 cm, maka tiga hingga empat anak tangga dirasa telah cukup.

source: harga ready mix