Smartphone memang sudah memberikan ukuran media penyimpanan. Contohnya untuk menyimpan foto, video atau bahkan dokumen jenis lain. Sayangnya saat mau menampung banyak file seringkali kita kehabisan ruang pada smartphone. Hal ini dapat kita atasi dengan memakai memori eksternal atau kartu SD.

Lalu bagaimana dengan masalah seperti kartu SD tidak terbaca? Ada banyak cara mengatasi kartu SD tidak terbaca pada beberapa smartphone. Beberapa diantaranya dapat anda perhatikan pada ulasan di bawah ini.

Ada banyak alasan kenapa kartu SD tidak bisa terdetek waktu kita gunakan. Terutama jika kartu SD yang di buka pada laptop atau PC menjadi hilang. Supaya tidak kehilangan data yang ada dalam kartu SD, terapkan beberapa cara untuk mengembalikan kartu SD anda kembali terbaca pada smartphone.

  • Gunakan Kartu SD Pada Smartphone Lain

Cara ini sangat ampuh untuk mencoba membuka kartu SD di smartphone lainnya. Hal ini akan menunjukkan apakah kerusakan terjadi pada kartu atau justru ada masalah pada smartphone kita. Caranya, lepaskan kartu SD dari perangkat serta cobalah untuk membukanya lagi di smartphone lainnya. Jika dapat diakses, kembali ke langkah pertama untuk membersihkan lempengan tembaga yang warnanya kuning.

  • Coba Format Langsung Lewat Smartphone

Jika anda seseorang yang tidak terlalu cemas jika kehilangan data pada kartu SD, cara mengatasi kartu SD yang tidak terbaca di smartphone yaitu dengan memformatnya. Mode pertama adalah dengan memformat melalui hp android secara langsung tanpa butuh memakai aplikasi lainnya.

Pilih menu settings, storage serta portable storage. Pilih drive yang terdapat di kartu SD dan klik menu erase & format. Tunggu sampai proses selesai dan cek kembali apakah kartu SD anda sudah dapat digunakan.

  • Coba Format Langsung Lewat PC atau Laptop

Cara memperbaiki kartu SD tidak terbaca di smartphone kali ini sama dengan langkah di atas tadi. Format kartu Sd melalui laptop untuk hasil yang lebih efektif. Konekan kartu SD ke perangkat laptop atau komputer dan buka menu explorer serta klik menu drive kartu SD. Klik kanan serta pilih opsi format. Tunggu proses format sampai selesai.

  • Coba Bersihkan Isi Dari Kartu Memori

Cara memperbaiki kartu SD tidak terbaca di smartphone yaitu https://kampuspoker.net/ dengan membersihkannya. Jika kartu Sd tidak terbaca atau terdeteksi waktu masuk dalam smartphone, langkah utama yaitu dengan membersihkan konektor yang ada. Cara ini memudahkan kita untuk memperbaiki kartu SD tanpa harus untuk memformatnya lagi.

Keluarkan kartu SD dari perangkat, bersihkan bagian lempeng tembaga atau yang berwarna kekuningan yang fungsinya yaitu sebagai konektor. Bersihkan memakai penghapus dan gosok perlahan sampai bersih.

  • Mencari Tau Error Lewat PC

Masih belum dapat mengakses kartu SD? Cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di smartphone yang terakhir ini adalah mengecek lewat perangkat PC atau laptop. Masukkan kartu SD di smartphone anda dan konekan smartphone menuju sebuah PC atau laptop. Pakailah kabel data ori atau card reader. Jika sudah terhubung, ubah jenisnya dari MTP atau media transfer mode ke mode mass storage mode atau MSC. Berikutnya, buka explorer dan klik kanan pada drive kartu SD.

Klik pada menu properties, tools, error checking serta tunggu prosesnya. Lakukan eject setelah prosesnya berjalan selesai. Cek bagaimana kartu SD anda dengan cara umumnya. Tak ada salahnya untuk merestart smartphone lebih  dulu.