Menentukan sekolah anak berkebutuhan khusus tentu perlu yang namanya perhatian lebih. Anak difabel membutuhkan kurikulum dan penanganan yang beda. Selain itu, pilihan sekolah kini beragam seperti sekolah swasta atau negeri, kurikulum reguler atau kurikulum sekolah, serta pendidikan formal atau informal misalnya yayasan atau lembaga yang sudah basis nasional.

Sebelum menentukan sekolah bagi anak difabel, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Selalu bertanya

Tanya bagaimana pendekatan guru mengenai pendidikan. Misalnya, jika Anda berbicara dengan guru spesialis membaca, tanya metode atau pendekatannya dan tanya bagaimana cara mereka mengajari anak Anda. Selain itu, tanya apakah ada teman seumuran yang dapat membantu anak di sekolah. Tanya juga kegiatan dan acara di sekolah seperti konser, asembli, ekstakulikuler, olahraga, serta lainya.

  • Diskusikan dengan guru mengenai tingkah laku anak Anda

Misalnya Anda punya anak hiperaktif yang sulit untuk diam di kelas, tanyakan apakah suasana di kelas aman untuk anak Anda. Cari tahu kebijakan atau peraturan sekolah bagaimana mengajari anak yang susah duduk di kursi.

  • Bawa anak Anda datang langsung ke sekolah

Menyaksikan anak Anda melihat sekolah secara langsung dan tau kesan pertamanya akan menjadi keputusan yang terbaik bagi Anda. Ini akan memberikan Anda sebuah pola pikiran baru. Perilaku anak bersama banyak anak lain di sekolah tentu akan berbeda dengan perilaku anak di rumah.

Ini juga penting untuk tau bagaimana staf sekolah dan anak Anda berinteraksi saat Anda berkunjung. Lihat bagaimana mereka berbicara dengan anak Anda serta  anak lainnya.

  • Mencari tau jika ada pertemuan berkala

Sekolah anak berkebutuhan khusus umumnya punya program bertemu dengan orang tua setiap minggu atau setiap bulan. Anda harus memahami apakah Anda berkomunikasi dengan satu orang saja atau beberapa orang. Selain itu, ketahui media komunikasi yang dipakai , seperti buku, telepon, atau media lainnya.

  • Datang langsung ke sekolahnya

Terdapat sekolah luar biasa atau sekolah inklusi yang bisa melayani anak Anda. Dengan mendatangi sekolahnya, Anda dapat melihat apakah guru dan staf sekolah memperlihatkan sikap peduli atau tidak pada anak. Saat berkunjung ke sekolah, bawa catatan yang berisi pertanyaan. Anda tidak perlu merasa tidak enak bertanya banyak hal, karena itu hal yang biasa. Daftar pertanyaan akan membuat Anda tetap berada di berada pada jalurnya.

Amati siswa di dalam satu atau dua kelas dan lihat bagaimana mereka dekat dengan guru dan staf. Lalu bayangkan apakah anak Anda dapat berhasil di lingkungan kelas itu atau tidak.

  • Menjadi seorang pengamat yang baik

Lihat apakah siswa di sana terlihat bahagia atau tidak, apakah siswa yang lebih senior dan siswa yang lebih muda berinteraksi di saat tertentu seperti pada waktu makan siang. Apa saja poster-poster yang ditempel di dinding? Apakah suasana sekolah terasa ramah serta hangat? Atau malah sebaliknya.

  • Cari tahu jika ada kelas intensif dan guru pendamping

Sekolah anak berkebutuhan khusus biasanya punya kelas intensif tambahan, guru pendamping, serta rencana manajemen perilaku untuk anak dengan disabilitas. Ini akan menolong anak tetap fokus dan mengurangi masalah perilaku. Anda bisa bertanya apa yang sekolah dapat dilakukan untuk menambah perilaku positif anak dan mendengarkan asmaul husna mp3.

  • Tanyakan mengenai sekolah tersebut apakah punya program layanan atau dukungan bagi keluarga

Anak berkebutuhan khusus memberikan tantangan yang unik bagi seluruh keluarga. Mendidik anak difabel tidak bisa dilakukan oleh sekolah saja, tetapi keluarga juga. Maka dari itu, penting bagi sekolah anak berkebutuhan khusus punya program supaya keluarga ikut terlibat dalam prosesnya.