Mengenal Mustahiq Zakat dan Kaum yang Berhak Menerimanya

Selama ini dalam dunia zakat biasanya kita mendengar beberapa istilah yang agak mirip seperti muzakki dan mustahiq. Namun sebenarnya apakah Anda tahu yang dimaksud dengan Muzakki dan mustahiq? Nah, berikut ini akan kami rangkum secara lengkap untuk Anda.

Mengenal Mustahiq Zakat dan Kaum yang Berhak Menerimanya

Apa Itu Muzakki?

Muzakki ialah orang yang wajib membayar zakat  anda juga bisa membayar dengan cara zakat online. atas kepemilikan harta yang sudah mencapai haul dan nisab. Orang yang wajib untuk membayar zakat tersebut harus sudah memenuhi kriteria sebagaimana berikut ini:

  • Beragama Islam

Orang yang wajib untuk membayar zakat hanyalah bagi orang yang beragama Islam saja. sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW bahwasannya “Abu Bakar as Siddiq pernah berkata, ‘inilah sedekah (zakat) yang telah diwajibkan oleh Rasulullah SAW untuk umat muslim.” (HR Bukhari)

  • Merdeka

Kriteria orang yang wajib untuk membayar zakat yang selanjutnya yaitu bagi orang-orang yang merdeka. Sedangkan untuk hamba sahaya hukum membayar zakat tidak wajib.

  • Harta Dimiliki Secara Sempurna

Selanjutnya harga benda yang akan dibayarkan untuk perusahaan merupakan harta benda yang dimiliki oleh seorang muslim secara sempurna.

  • Sudah Mencapai Nishab

Orang yang wajib untuk membayar zakat Apabila harta yang dimilikinya sudah mencapai nisab. Sedangkan nisab untuk Zakat harta sendiri berbeda-beda dan tergantung dari jenis harta bendanya.

  • Telah Mencapai Haul

Harta benda yang wajib untuk dizakatkan ialah Apabila harta benda tersebut sudah dimiliki selama satu tahun penuh. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW “Abdullah Ibnu Umar pernah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda ‘tidak ada Zakat harta bagi seseorang apabila belum mencapai 1 tahun kepemilikannya.” (HR Daruquthni)

Apa Itu Mustahiq?

Zakat yang dikeluarkan oleh setiap umat muslim hanya boleh diberikan kepada mustahik zakat. Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mustahik zakat? Yang disebut dengan mustahik zakat yakni golongan orang-orang yang berhak menerima zakat yang sudah dikeluarkan oleh umat muslim. Kemudian siapa saja orang-orang yang termasuk ke dalam golongan mustahik zakat tersebut? Berikut ini penjelasan lebih rincinya.

Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam yakni selain membaca dua kalimat syahadat, melaksanakan sholat, berpuasa di bulan Ramadhan dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Dari beberapa jenis zakat yang ada, zakat yang dihukumi wajib ada 1 yaitu zakat fitrah. Zakat fitrah tersebut akan dikeluarkan ketika masuk bulan puasa atau menjelang idul Fitri. Zakat fitrah juga punya banyak sekali manfaat di antaranya seperti menyelesaikan ibadah puasa dan dapat diberikan ke limpahan rezeki oleh Allah SWT.

Sedangkan zakat fitrah yang telah dikeluarkan oleh setiap muslim ini tidak boleh diberikan kepada sembarangan orang. Hal tersebut dikarenakan ada orang-orang tertentu yang termasuk ke dalam golongan yang berhak untuk menerima zakat atau disebut dengan mustahik.

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Alquran surat at-taubah ayat 60 Allah SWT berfirman “sesungguhnya zakat hanyalah untuk diberikan kepada orang-orang fakir, miskin, panitia atau pengurus zakat, mualaf yang baru masuk Islam, untuk (memerdekakan) hamba sahaya atau budak, orang yang punya hutang, orang yang berjuang dijalan Allah dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang telah diwajibkan oleh Allah dan Allah adalah maha mengetahui maha bijaksana.”

Mustahiq Zakat

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Quran surat at-taubah ayat 60 di atas bahwa orang-orang yang berhak untuk menerima zakat atau mustahik terdapat delapan golongan. Nah, Berikut ini adalah penjelasan secara rinci 8 mustahik zakat tersebut:

  • Al-Fuqara (Fakir)

Orang yang berhak untuk menerima zakat yang pertama yaitu al-fuqara atau orang fakir atau melarat. Mereka adalah orang yang hidupnya sangat sengsara, tidak punya harta sama sekali dan juga tidak punya tenaga untuk bisa mencukupi kebutuhan untuk dirinya sendiri. Setiap orang yang dipanggil fakir kompilasi yang membutuhkan Rp 100.000 untuk mencukupi kebutuhan hariannya, namun hanya mampu mengumpulkan Rp 25.000 per pengiriman. Oleh karena itu, golongan orang ini disebut sebagai mustahiq zakat dan berhak menerima zakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  • Al-Masakin (Miskin)

Al Masakin atau orang miskin yang disebutkan disini berbeda dengan orang fakir yang disebutkan sebelumnya. Dalam kondisi miskin, orang tersebut masih memiliki masalah dan pekerjaan tetap akan tetapi dalam kondisi serba kekurangan untuk mencukupi kebutuhan perumahan. Di dalam Islam, orang miskin juga masuk dalam salah satu mustahiq zakat yang berhak menerima zakat agar dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih baik.

  • Al-Amilin (Panitia Zakat)

Panitia zakat atau yang disebut dengan Amil zakat ialah orang-orang yang tugasnya menghimpun sekaligus membagikan zakat kepada golongan orang-orang yang berhak menerima zakat. Panitia zakat tersebut juga berhak untuk menerima zakat karena juga termasuk kedalam mustahik zakat. Akan tetapi yang paling dipilih pertama kali yaitu imam masjid.

Panitia zakat sendiri memiliki beberapa persyaratan agar dapat dipilih sebagai amil zakat, antara lain merdeka (tercukupi), adil, akil dan baligh, seorang muslim, mampu melihat, seorang lelaki dan lelaki yang memperdebatkan tentang agama Islam dan zakat.

  • Mualaf

Ketentuan mualaf untuk orang baru masuk Islam dan belum mantap dari segi iman dan taqwa. Mualaf sendiri terbagi atas tiga bagian antara lain: Orang masuk Islam dan menerima masih bimbang, maka harus diberikan saran dan masukan agar mendapatkan zakat. Lalu, ada orang yang masuk Islam bersungguh-sungguh belajar dan menjauhi larangan, dan yang terakhir mualaf yang adil dan perlu bimbingan.

  • Dzur Riqab (Budak)

Para penerima zakat berikutnya adalah hamba yang ingin memerdekakan diri dari majikan dan membutuhkan uang tebusan. Zakat yang berikan untuk Dzur riqab ini juga telah mencakup juga untuk membebaskan seorang muslim yang sedang ada dalam tawanan orang-orang jahat. Atau juga pembebasan seorang muslim yang sedang ada dalam penjara karena ia sendiri tidak mampu untuk membayarkan denda.

  • Algharim (Berutang)

Ketentuan pembayaran pada orang yang berutang dan tidak dibayar. Namun, perlu dipikirkan bahwa hal ini diperlukan untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk kebutuhan maksiat.

  • Fisabilillah Al-Muhajidin (Pejuang Islam)

Fisabilillah atau Al-Muhajidin merupakan orang yang berjuang di jalan Allah (sabilillah) tanpa upah dan ketidakseimbangan sesuai dengan perjuangan dan mempertahankan Islam dan kaum muslimin untuk mendapatkan hak beribadah, hak asasi manusia, serta memperjuangkan kebebasan beribadah bagi umat Muslim.

  • Ibnu Sabil

Mustahiq zakat yang terakhir adalah musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan (ibnu sabil) yang mencari untuk mencari akidah, ilmu dan ridha Allah SWT.

Nah, bagaimana apakah sekarang Anda sudah paham dalam mengenal mustahik zakat dan kaum yang berhak menerimanya? Semoga artikel di atas bisa membawa manfaat untuk kita semua dan tahu bahwasannya zakat harus diberikan kepada orang-orang tertentu. Dengan demikian kita bisa menambah ilmu dan wawasan tentang zakat yang sangat berguna untuk kita sebagai umat muslim.

5 Hal yang Membuat Hadiah Bunga Terasa Spesial Bagi Wanita

Bingung ingin memberikan kado apa untuk pasangan Anda di hari spesialnya? Jika ini wanita maka bunga adalah pilihan terbaik yang bisa dijadikan sebagai hadiah, murah meriah namun mengandung makna yang sangat dalam. Apalagi pada dasarnya bunga ini mudah sekali dijumpai di pasaran, Anda tinggal mencarinya di Toko bunga Surabaya atau kawasan yang ada di sekitar Anda, ada banyak sekali yang menjualnya. Banyak orang yang pastinya sudah tidak asing dengan tanaman indah yang satu ini.

Bunga sering kali dijadikan sebagai dekorasi untuk hari-hari bahagia seperti diantaranya adalah pesta maupun juga dijadikan sebagai hadiah. Di pasaran sendiri begitu banyak jenis rangkaiannya, mulai dari rangkaian kecil, buket bunga sampai dengan bunga papan. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan selera Anda. Untuk tawaran harganya sendiri juga cukup bervariatif, menyesuaikan dengan jenis bunga tersebut dan juga rangkaiannya, semakin besar maka akan semakin mahal. Sehingga dapat dibeli sesuai dengan budget yang dimiliki saja.

Mungkin sebagian orang akan berpikiran untuk apa memberi hadiah bunga, toh nantinya tidak akan tahan lama dan kurang berguna. Jangan salah karena memberikan hadiah bunga ini sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

1. Ada sisi ‘tidak berguna’ dari bunga dimana itulah yang wanita sukai, meskipun pada dasarnya bunga ini bukan sesuatu yang bisa bertahan lama atau abadi, namun kenyataannya wanita sangat menyukai hal tersebut, mereka akan merasa sangat spesial ketika seseorang memberinya hadiah bunga.
2. Mencerminkan seorang wanita, indah dan juga rapuh seperti halnya bunga sebenarnya adalah penggambaran dari wanita. Namun di satu cici juga cantik dan mempesona. Mungkin inilah yang menjadikan kedekatan antara bunga dan juga kaum hawa sehingga banyak diantaranya yang sangat menyukainya.
3. Ada bahasa atau pesan yang ingin disampaikan di balik jenis bunga yang diberikan, beberapa orang mungkin sudah cukup mengenal bahasa bunga, dimana setiap jenis bunga dan juga warnanya sebenarnya memiliki pesan tersembunyi, sebut saja diantaranya adalah mawar putih yang menggambarkan sebuah perasaan cinta yang dalam, atau mawar putih yang artinya adalah cinta suci. Mungkin tidak semua orang mengetahui hal tersebut, sehingga jangan sampai salah di dalam membelinya, tanyakan kepada penjual terlebih dahulu sebelum memilih sesuaikan dengan maksudnya.
4. Indah dan dapat dijadikan sebagai hiasan, meskipun tidak bertahan lama, namun dengan merawatnya dengan benar paling tidak bunga tersebut nantinya bisa bertahan sampai dengan 1 minggu hingga lebih. Caranya mudah yaitu dengan menaruhnya di dalam vas yang telah diisi dengan air. Ini akan membuat bunga Anda menjadi lebih segar dan tahan cukup lama sebagai pajangan keindahannya.
5. Bunga merupakan hadiah yang romantis, hampir semua wanita menyukai hal-hal yang sifatnya romantis. Termasuk diantaranya pemberian hadiah yang spesial seperti buket bunga tersebut. Apalagi jika seandainya diberikan pada hari yang spesial, seperti pada saat ulang tahun, valentine, anniversary ataupun yang lainnya. maka nantinya bisa memperkuat hubungan Anda dan juga pasangan.

Hal-hal sederhana seperti memberikan hadiah berupa bunga ini memang bisa membuat seorang wanita jadi lebih bahagia. Beli rangkaian bunga indah untuk pasangan Anda di Toko bunga Surabaya, atau jika Anda ingin yang lebih praktis pembelian atau pemesanan sekarang dapat dilakukan secara online, yaitu cukup dengan mengunjungi situs Prestisa saja, sediakan rangkaian bunga lengkap.

Peluang Usaha Rumahan Modal kecil Untung Besar

Memulai usaha tidak selalu memerlukan modal yang besar. Ada beberapa bisnis rumahan yang sederhana dan tidak memerlukan modal yang besar. Walaupun dengan modal kecil,jenis usaha rumahan ini sangat direkomendasikan sekali untuk mereka yang sehari-hari berada dalam rumah dan tidak punya waktu untuk lalu lalang kesana kemari , seperti misalnya para Ibu rumah tangga dan anak remaja yang masih duduk di bangku sekolahan maupun kuliah , apa saja peluang usaha rumahan modal kecil ini ? simak terus dibawah ini :

1 . Bisnis Kosmetik

Peluang Usaha Rumahan Modal kecil Untung Besar

Wanita tentu sangat identik dengan kosmetik. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk menjadikaan kosmetik sebagai peluang usaha. Untuk meminimalisir pengeluaran modal di awal, Anda dapat menawarkan sampel kosmetik terlebih dulu. Jadi Anda hanya perlu mengeluarkan modal sedikit untuk memulai usaha ini. Atau Anda juga bisa menjual kosmetik secara online. Anda hanya perlu mengiklankan kosmetik yang sudah tersedia di situs-situs belanja online maupun web pribadi untuk segera menerima pesanan secara cepat dan mudah.

2 . Bisnis Pulsa

Walaupun berjualan pulsa tergolong usaha yang sudah cukup lama, ini merupakan usaha yang mudah dilakukan dan memerlukan modal yang tidak terlalu besar. Anda dapat menjual pulsa all operator dengan satu ponsel saja. Jadi siapa pun yang memerlukan pulsa dapat langsung membelinya dari Anda. Bisnis jualan pulsa ini juga dapat Anda lakukan di mana saja. Setiap hari,banyak sekali orang di luar sana yang memerlukan pulsa sehingga Anda dapat menjalankan bisnis ini dengan mudah.

3 . Berjualan Sprei

Ini merupakan salah satu kebutuhan yang banyak diminati, khususnya bagi ibu rumah tangga. Jika Anda memiliki kemampuan untuk menjual barang, usaha yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menawarkan barang dagangan pada kerabat, tetangga, atau teman-teman kantor. Sebaiknya pilih produk yang memiliki kualitas baik dan nyaman supaya produk tersebut lebih mudah laku.

4 . Bisnis Hijab

Saat ini jumlah pengguna hijab di tanah air sudah semakin banyak. Hal ini tentu dapat menjadi kesempatan yang bagus untuk memperoleh keuntungan. Tidak hanya ibu-ibu dan orangtua saja, saat ini banyak sekali remaja yang sudah memakai hijab. Anda memiliki kesempatan yang besar jika menjalankan usaha ini karena penggunanya yang sangat banyak. Untuk menjalankan usaha ini, Anda sebaiknya selalu mengikuti perkembangan tren hijab masa kini dan model terbaru agar produk-produk tersebut lebih mudah terjual di pasaran. Jika Anda menjalankan bisnis tersebut dengan tekun, pasti usaha ini dapat mendatangkan banyak keuntungan.

5 . Menjual Tempat Bekal dan Botol Minum

Kebiasaan untuk membawa bekal makan siang dan minum sudah menjadi hal yang populer dan banyak diminati. Tren ini tidak hanya berlaku bagi kaum wanita tetapi juga para pria, termasuk pria kantoran. Semakin tingginya kesadaran masyarakat kita untuk membawa bekal minum dan makan ini tentu menjadi peluang usaha yang bagus sekaligus menguntungkan karena Anda dapat membuka usaha penjualan tempat bekal dan botol minum yang sedang populer. Pilihlah tempat bekal dan botol minum yang aman digunakan dan memiliki tampilan yang menarik.

6 . Berjualan Aksesoris

Aksesoris sepertinya menjadi sesuatu yang tidak ada matinya, khususnya bagi para wanita. Aksesoris telah menjadi barang yang menarik dan lebih mudah laku di pasaran. Alasannya, peminat produk ini sangat banyak. Pilihan aksesoris yang tersedia pun sangat beragam mulai dari yang memiliki desain unik hingga yang harganya mahal.

Itulah beberapa peluang bisnis rumahan yang mudah dilakukan dan memerlukan modal kecil. Jadi tunggu apalagi, cobalah salah satu usaha di atas!

sumber : Peluang Bisnis rumahan

Jeff Bezos, Bos Amazon Menjadi Orang Terkaya di Dunia Mengalahkan Bill Gates

Era digital berhasil mengambil alih dunia dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Salah satunya adalah belanja online. Trend ini kian hari kian meningkat. Banyak orang mulai beralih untuk bertransaksi online dengan alasan yang beragam, mulai dari praktis, murah, cepat, dan masih banyak keuntungan lainnya. Salah satu contoh kemajuan teknologi informasi adalah pasar online. Siapa yang tidak kenal Amazon? perusahaan e-commerce / marketplace terbesar di dunia. Di negara asalnya, Amerika Serikat, Amazon berhasil menguasai hampir 90% pasar online. Segala kesuksesan yang diraih oleh Amazon tidak lepas dari buah kelihaian sang pendiri Jeff Bezos dalam menentukan visi dan misi Amazon. Ketika awal merintis Amazon, Jeff Bezos yakin bahwa prediksinya yang mengatakan pada waktu itu adalah awal mula industri digital dunia akan menjadi kenyataan. Sekarang, atas kerja keras dan pikirannya yang visioner menjadilan Jeff Bezos orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia

Saat ini Jeff Bezos menjadi orang paling kaya di dunia mengalahkan Bill Gates yang bertahun-tahun menempati peringkat pertama dengan sumber kekayaannya dari Microsoft. Apabila anda melihat jajaran orang-orang terkaya di dunia, mereka adalah para pendiri perusahaan-perusahaan digital / teknologi informasi seperti Larry Page dengan Googlenya, Mark Zuckerberg dengan Facebook-nya dan masih banyak lagi. Jeff Bezos lahir dari keluarga peternakan di Texas, Amerika Serikat. Minat besar Bezos akan ilmu pengetahuan sudah tampak ketika Ia kecil salah satunya adalah sering melakukan eksperimen fisika di garasi rumah ayahnya. Selain itu Ia juga pernah mengutak-atik alarm kamarnya agar adiknya tidak masuk ke kamarnya tanpa izin. Setelah lulus dari Univesitas Princeton, Ia bekerja di Wall Street dimana adalah pusat saham di Amerika Serikat. Hingga akhirnya mendirikan Amazon pada tahun 1994 yang awalnya adalah sebuah toko buku online.

Pada tahun 1998, Jeff Bezos mempunyai 41 persen saham Amazon dimana menjadi sumber kekayaan dan pendapatan utama-nya. Sekarang, kepemilikan Jeff Bezos adalah sebesar 17 persen terhadap Amazon namun masih menjadikannya sebagai orang nomor satu di dunia. Sekian artikel menarik tentang orang paling kaya di dunia. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya!