5 Cara Memilih Obat Kutu Anjing dan Kucing yang Aman Digunakan

Khusus bagi Kamu yang memelihara hewan di rumah layaknya anjing maupun kucing pasti pernah menghadapi masalah yang namanya kutu bukan. Faktanya memang hewan-hewan semacam ini selalu berpotensi untuk menarik perhatian kutu anjing dan kucing yang hidup dan berkembang biak di balik bulunya yang indah dan juga lebat tersebut. Meskipun pada dasarnya kutu-kutu tersebut tidak akan menular kepada manusia namun tetap harus diwaspadai karena akan berkembang biak dan juga menyebabkan rasa kurang nyaman pada hewan kesayangan Kamu tersebut. Ada banyak sekali obat kutu anjing dan kucing di pasaran yang dapat Kamu gunakan sebagai alternatif untuk mengatasinya.

Kebanyakan diantara obat-obat tersebut memang diproduksi oleh rumah sakit hewan dan juga dijual secara massal, bukan hal yang sulit untuk mendapatkan produknya di pasaran, tentunya juga dalam berbagai macam merk. Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya obat-obatan semacam ini tidak semuanya ampuh atau efektif digunakan. Belum lagi nantinya jika bahan yang dipakai dalam pembuatannya berbahaya maka bisa meningkatkan berbagai macam resiko lainnya pada hewan kesayangan Kamu tersebut.

Untuk itu maka berikut ini diantaranya ada beberapa cara memilih obat kutu untuk kucing maupun anjing yang bisa Kamu terapkan, agar mendapatkan yang benar-benar ampuh, namun tetap aman untuk hewan kesayangan Kamu, diantaranya adalah:

1. Pilihlah produk obat pembasmi kutu yang sesuai dengan jenis hewan dan juga bobot peliharaan Kamu, mengapa harus menyesuaikan dengan bobot? Karena hal ini juga berhubungan dengan dosis yang nantinya digunakan dalam pengobatan tersebut, belum tentu semuanya akan efektif atau mempan. Apalagi untuk anjing yang usianya masih anakan. Untuk itu ada baiknya bagi Kamu untuk mengecek informasi yang ada pada label kemasannya terlebih dahulu.

2. Bagi hewan peliharaan yang memiliki kulit cenderung sensitif maka Kamu bisa memilih produk obat telan, bentuk obat untuk mengatasi kutu ini sendiri bervariatif mulai diantaranya yang semprot namun juga ada obat oral. Jika sekamuinya peliharaan Kamu tersebut memiliki kulit yang cukup sensitif dianjurkan untuk memilih obat oral atau yang telan saja.

3. Utamakan untuk memilih yang direkomendasikan oleh rumah sakit, jika sekamuinya Kamu tengah mencari produk untuk membasmi kutu yang kualitasnya terjamin, maka jangan sembarangan di dalam membeli, ada baiknya untuk membawa hewan Kamu periksa ke klinik dokter hewan terlebih dahulu, maka nantinya disana akan diberikan rekomendasi obat pembasmi kutu yang efektif.

4. Cek juga kandungan bahan yang ada di dalam produk tersebut, ini bagian yang sangat penting jika sekamuinya tidak ingin efek samping yang membahayakan pada peliharaan Kamu tersebut. Apalagi mungkin bagi beberapa anjing memiliki alergi terhadap bahan-bahan kimia tertentu, maka tidak boleh sembarangan memakai obat, harus dilihat kandungan bahan yang ada di dalamnya.

5. Pertimbangkan tawaran harganya, ini adalah bagian yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu tawaran harga, khusus untuk rentan harga yang dijual untuk produk-produk semacam ini sebenarnya cukup bervariatif, ada yang murah namun juga yang mahal. Namun kembali lagi hal ini harus menyesuaikan dengan kondisi kantong Kamu.

Obat kutu ini yang berkualitas diantaranya adalah membeli secara online lewat apotik atau pet shop yang dianjurkan oleh dokter hewan.

Profile photo of rendrasaputra

About rendrasaputra