6 Ide Peluang Usaha Kuliner Paling Laku

Usaha kuliner menjadi jenis usaha yang dianggap tidak ada matinya bagi masyarakat. Terlebih saat ini sudah muncul berbagai inovasi baru dalam bidang makanan yang memberikan peluang usaha cukup besar. Hal tersebut dikarenakan inovasi tersebut mampu menarik perhatian masyarakat terutama dikalangan anak muda. Dengan menjadikan kaum muda sebagai target market serta memberikan penyajian yang menarik.

Maka hal tersebut akan dapat membuat usaha memberikan keuntungan lebih optimal. Akan tetapi hal tersebut tentu harus diimbangi dengan strategi pemasaran yang maksimal juga. Terlepas dari itu, pelaku usaha harus menentukan terlebih dahulu jenis makanan yang akan dijualnya. Usaha ini bisa dijadikan usaha sampingan ataupun usaha utama yang akan dijalankan. Dalam hal ini, terdapat beberapa peluang usaha kuliner yang dianggap paling laku diantaranya yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

1. Jajanan Tahu Goreng

Tahu menjadi makanan yang mudah untuk dijangkau semua orang karena keberadaannya diberbagai daerah. Saat ini, tidak hanya dapat digunakan sebagai lauk dalam menu makanan sehari-hari. Akan tetapi tahu sudah menjadi inovasi yang dijadikan sebagai jajanan bagi masyarakat.

Namun bukan hanya sekedar tahu goreng biasa, tahu goreng yang dijajakan tentu harus memiliki keunikan sehingga dapat menarik perhatian masyarakat. Terdapat beberapa jajanan tahu goreng yang sempat ngehitz dan dapat dipilih yaitu tahu bulat, tahu krispi, tahu isi, tahu pedas, dan lain-lain.

2. Roti Bakar

Malam hari merupakan saat yang tepat bagi orang-orang untuk mencari cemilan hangat, salah satunya yaitu roti bakar. Jenis makanan ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena menjadi jajanan favorit bagi sebagian masyarakat. Selain itu, membuat roti bakar juga tidak membutuhkan keahlian khusus.

Bahan dan alat yang digunakan sangat sederhana yaitu roti, margarin, selai atau cokelat, dan juga alat pemanggang. Dengan demikian usaha ini dapat dimulai dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan modal besar.

3. Martabak Mini

Jajanan lain yang tidak kalah diminati oleh masyarakat yaitu martabak mini. Ukurannya yang lebih kecil membuat jajanan ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Dengan demikian selain orang dewasa, anak-anak juga dapat menjangkau usaha kuliner ini.
Selain itu, martabak mini juga dapat disajikan dengan berbagai macam rasa dan penampilan yang lebih menarik. Mulai dari rasa cokelat, keju, selai rasa buah, serta mengkombinasikan beberapa macam rasa sekaligus.

4. Bakpao

Bakpao juga menjadi salah satu jajanan bagi masyarakat bahkan sejak dulu hingga saat ini. Makanan yang berasal dari Tiongkok ini memang memiliki rasa yang enak dan dapat menjadi penunda lapar disaat-saat tertentu. Jika dulu makanan ini hadir dalam satu atau dua rasa saja, sekarang isian dalam bakpao sudah tersedia berbagai macam pilihan.

Seperti daging, cokelat, kacang hijau, selai, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat jajanan ini semakin diminati oleh masyarakat sehingga dapat dijadikan pilihan dalam membangun usaha.

5. Burger

Selain dari Tiongkok, terdapat jajanan yang berasal dari negara lain tepatnya negara barat yaitu burger. Sama seperti jenis makanan sebelumnya, burger juga sudah menjadi makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Menjamurnya burger di Indonesia membuat makanan ini disediakan hampir di berbagai tempat makan. Mulai dari restoran, cafe, stand kecil, hingga pedagang kaki lima yang berjualan keliling menggunakan sepeda motor. Bentuk dan penyajian dari makanan ini memang memiliki ciri khasnya sendiri.

Berdasarkan hal tersebut, makanan ini disajikan dengan dua roti yang diantara keduanya diisi berbagai macam makanan lain. Isian tersebut biasanya berupa daging, sayur, bawang, saos, dan keju.

Selain itu, saat ini isian burger sudah memiliki berbagai varian yang dapat menyesuaikan selera. Oleh karena itu, jenis makanan ini juga dapat dijadikan sebagai peluang dalam membangun usaha kuliner paling laku di masyarakat.

6. Pempek

Tidak hanya kuliner dari luar negeri saja, jenis makanan dari nusantara juga dapat dijadikan sebagai pilihan dalam membangun usaha. Salah satu diantara kuliner nusantara yang hadir ditengah masyarakat yaitu pempek.

Menjadi makanan khas dari Palembang membuat masyarakat dari daerah lain akan penasaran dengan rasa dari pempek. Lebih lanjut, bagi yang sudah mengetahui rasa unik dari pempek ini mungkin akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Perpaduan antara rasa pedas, asam, manis membuat siapa saja akan ketagihan.

Keunikan dari rasa pempek tersebut tentu akan menjadi sumber keuntungan dalam menjalankan usaha kuliner. Selain itu, makanan ini juga memiliki berbagai macam varian yang dapat membuat penasaran calon konsumen. Varian dari pempek tersebut yaitu terdiri dari Pempek Kapal Selam, Lenjer, Adaan, Keriting, dan juga Lenggang.

Itulah beberapa jenis peluang usaha kuliner yang paling laku dan dapat dipilih. Dengan memilih salah satu dari jenis kuliner diatas serta mampu memberikan inovasi menarik dalam menjalankannya. Maka usaha kuliner kedepannya akan dapat memberikan keuntungan cukup besar bagi pelaku bisnisnya.

Tags:
Profile photo of rendrasaputra

About rendrasaputra