Beberapa Terapi yang Diperuntukkan Bagi Pasien Stroke

Penyakit stroke mungkin sudah kerap kita dengar terjadi pada beberapa orang di sekitar kita. Kondisi stroke memang tidak bisa dianggap remeh lantaran bisa menyebabkan penderitanya mengalami keterbatasan dalam menggerakkan anggota tubuh, serta bisa juga berujung pada kematian. Stroke terjadi karena pasokan darah yang menuju ke otak terganggu atau berkurang lantaran adanya penyumbatan (stroke iskemik) atau bisa juga pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Tanpa pasokan darah yang cukup, otak bisa mengalami kekurangan asupan oksigen dan nutrisi. Hal inilah yang menyebabkan sel-sel di sekitar area otak akan mati. Jika sebagian area otak mati, maka bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang mengalami kerusakan tersebut tidak mampu berfungsi dengan baik. Stroke merupakan kondisi darurat medis karena sel otak bisa mengalami kematian hanya dalam hitungan menit saja. Mengenali gejala stroke dan melakukan penanganan yang cepat ketika mengalami stroke bisa membantu meminimalkan terjadinya kerusakan otak dan berbagai komplikasi lainnya.

Stroke iskemik cenderung lebih banyak menyerang manusia dibandingkan dengan stroke hemoragik. Namun begitu, jenis stroke hemoragik terbilang menjadi kondisi yang sering menjadi penyebab kematian dibandingkan dengan stroke iskemik. Stroke yang terjadi pada sebagian besar manusia umumnya karena hipertensi yang diikuti dengan diabetes dan kolesterol tinggi. Selain itu juga bisa terjadi akibat adanya gumpalan darah pada pembuluh darah, hingga pengaruh obat-obatan pengencer darah.

Gejala yang timbul pada penderita stroke yang satu dengan lainnya bisa berbeda-beda, namun yang kerap terjadi yaitu gejala berupa tungkai mati rasa, wajah terlihat menurun, dan bicara menjadi kacau. Seseorang bisa beresiko mengalami kondisi stroke apabila menderita tekanan darah tinggi, obesitas (berat badan berlebih), kolesterol tinggi, dan diabetes. Selain itu juga bisa terjadi pada mereka yang jarang berolahraga, memiliki kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, dll.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kondisi stroke bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan fungsi tubuh atau kelumpuhan. Pada beberapa kasus kondisi ini memang bisa pulih dalam waktu singkat. Namun tak sedikit juga yang memerlukan bantuan medis dan psikologis dalam jangka waktu yang panjang agar fungsi tubuh bisa kembali seperti sedia kala. Terapi stroke umumnya yang kerap dilakukan untuk membantu mengembalikan kualitas hidup pada penderita stroke.

Adapun terapi stroke yang bisa dilakukan menurut salah satu situs layanan panggil dokter ke rumah, antara lain:

1. Terapi fisik.

Terapi fisik dilakukan untuk membantu memperkuat otot tubuh dan melatih penderita agar bisa melakukan aktivitas kembali setelah mengalami kerusakan otak. Terapi fisik atau fisioterapi umumnya dilakukan oleh dokter spesialis fisioterapi dan terapis, dengan terlebih dahulu melakukan evalusasi kondisi fisik pasien yang bersangkutan.

2. Terapi bicara dan bahasa.

Stroke yang menyerang juga bisa mengakibatkan kemampuan berbicara seseorang menjadi berkurang. Gangguan berbicara yang terjadi meliputi berkurangnya kemampuan berbicara secara keseluruhan, tidak mampu menggunakan kata dengan tepat, atau bisa juga tidak mampu menyelesaikan suatu kalimat. Oleh karena itu, perlu melakukan terapi bicara dan bahasa. Untuk terapi stroke pada gangguan ini bisa dilakukan oleh terapis bicara dan bahasa.

3. Terapi okupasi.

Merupakan rehabilitasi yang membantu penderita stroke agar bisa mendapatkan kembali, mengembangkan, dan membangun keterampilan yang penting, berhubungan dengan kemandirian untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Terapi rekreasi dan terapi psikologi.

Terapi rekreasi diberikan bagi seseorang pasca mengalami stroke agar mencintai kegiatan yang dahulu sering dilakukan, seperti memelihara hewan, membuat kerajinan tangan, atau melakukan hobi lain yang disukai. Sedangkan untuk terapi psikologi atau psikoterapi membantu untuk memperbaiki kondisi mental seseorang pasca mengalami serangan stroke.

Profile photo of rendrasaputra

About rendrasaputra