Informasi Tentang Software Komputer Yang Harus Kamu Tahu

Software komputer secara jika di artikan secara kasar adalah sebuah kode pemograman yang dijalankan pada sebuah prosessor pada komputer, nantinya kode tersebut di tulis pada sebuah sistem operasi. Bagi yang tidak tau apa itu sistem operasi, sistem operasi adalah software yang ditujukan untuk menyediakan sebuah lapisan bagi programer dalam membangun sebuah software lain yang berjalan di atas sistem operasi atau sering kita kenal dengan aplikasi.

Nantinya standarisasi sistem operasi akan menciptakan lingkungan yang lebih efisien bagi programmer, tentunya hal tersebut dilakukan untuk menciptakan program yang lebih kecil untuk dapat dijalankan oleh banyak komputer.
Software juga sering dibandingkan dengan hardware yang menjadi hal yang berlawanan, dimana hardware lebih ke komponen fisik sedangkan software lebih pada sebuah sistem yang dapat di update. Selain itu perangkat lunak atau software dapat di distribuskan pada sejumlah hardware yang dapat menerima, atau secara kasarnya software adalah otak atau logika yang berinteraksi dengan komputer.

software komputer

software komputer

Jenis-Jenis Software
Tentunya software memiliki beberapa jenis, semuanya dikategorikan sesuai tujuan masing-masing mengapa software tersebut dirancang. Namun secara umum software terdiri dari dua jenis diantaranya adalah software sistem, kemudian yang kedua adalah software aplikasi. Keduanya dibedakan sesuai tujuan masing-masing software tersebut dibuat, berikut penjelasan yang lebih rinci.

System Software
Software komputer ini tentunya dirancang dengan tujuan untuk memberikan layanan kepada software lain, misalnya seperti sistem operasi, utilitas manajemen file dan driver hardware. Jadi seperti memiliki tugas untuk mengatur sumber daya hardware pada komputer, tentunya sistem operasi juga dapat mengatur aplikasi dan data.

Application Software
Software komputer ini memungkinkan pengguna untuk dapat menyelesaikan tugas tugas seperti membuat sebuah dokumen, publikasi, spreadsheet, desain grafis, mengirim email, database hingga melakukan riset secara online. Jadi sederhananya application software ini dirancang untuk melakukan tugas yang sesuai dengan tujuan yang sudah dirancang, contoh lainya adalah Microsoft word, paint, kalkulator dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Software Berdasarkan Pendistribusiannya

Software komputer berdasarkan pendistribusiannya dibagi menjadi beberapa bagian, tentunya kita juga harus mengetahui informasi ini agar pengetahuan kita tentang software komputer semakin luas.

Software License
Software komputer jenis ini memiliki peran seperti mencakup izin, hak dan pembatasan yang diberlakukan pada perangkat lunak. Biasanya berupa sebuah komponen atau suatu program yang berkerja dan berdiri sendiri, jika ada penggunaan suatu perangkat lunak tanpa disertai lisensi tentunya hal tersebut dapat dianggap sebagak pelanggaran hak cipta.

Freeware
Software komputer ini memang memiliki hak cipta, namun kita dapat menggunakannya tanpa batasan waktu. Biasanya software ini di sediakan secara gratis dan siapapun dapat mendownloadnya, biasanya para pengembang menciptakan software jenis ini untuk disumbangkan kepada beberapa komunitas. Meskipun begit pihak pengembang tidak ingin membiarkanya begitu saja, sehingga freeware ini dapat digunakan namun tidak boleh dimodifikasi tanpa seijin pemilik hak cipta.

Shareware
Jika freeware tidak memiliki batas waktu berbeda dengan shareware, meskipun sama-sama gratis namun share biasanya memiliki batasan waktu. Jadi kasarnya pihak pengembang memberikan sample sebuah software, jika kita sudah mencoba dan menyukainya kita dapat membeli software tersebut dan mendapatkan software premium. Biasanya memberikan batas waktu selama 30 hari, setelah itu kita dapat memutuskan meneruskanya dan membeli atau menyudahinya.

Open Source
Software komputer jenis ini memiliki source code yang terbuka, seinga siapapun dapat mempelajari, memodifikasi, mengubah dan menyebarluaskan. Biasanya pengembang dari Open Source ii dilakukan oleh komunitas yang terbuka, tentunya tujuan utamanya untuk membantu mengembangkan software tersebut.

Profile photo of Blog ITB

About Blog ITB