Ingin Kondisi Finansial Tetap Stabil, Ini Caranya

Finansial atau keuangan pada dasarnya memang termasuk masalah yang sangat vital bagi setiap rumah tangga. Sering kali juga hal ini menjadi alasan bagi beberapa pasangan untuk berpisah, karena kondisi keuangan yang tengah mengalami krisis. Menjadi seorang single parents pastinya juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi bagi seorang wanita. Untuk itulah mereka harus tahu bagaimana manajemen keuangan yang tepat, untuk membawa keluarga tetap sejahtera tanpa masalah keuangan. Bahkan jika seandainya gaji yang diterima juga tidak seberapa atau tergolong kecil.

Bagi seorang wanita yang juga memegang peran sebagai orang tua tunggal untuk buah hati mereka, harus tahu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Berikut ini diantara kiat-kiatnya yang bisa coba Anda terapkan, yaitu:

1. Mencari penghasilan tambahan, meskipun Anda sudah memiliki pekerjaan dan juga gaji tetap, namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya seiring dengan bertambahnya usia buah hati, maka kebutuhan mereka juga akan semakin bertambah tinggi nilainya. Untuk itulah dianjurkan sebisa mungkin mencari penghasilan tambahan. Sehingga nantinya bisa menabung juga untuk masa depan buah hati.

2. Buat anggaran dan juga catatan keuangan setiap awal bulan, ini sangat penting dilakukan agar nantinya jumlah pengeluaran tidak melebihi pendapatan, atau nantinya Anda tidak membeli hal-hal yang sifatnya tidak penting atau akan mubadzir dan boros.

3. Pastikan untuk mendaftarkan diri pada produk asuransi jiwa dan juga kesehatan, tak perlu semua jenis asuransi, melainkan yang paling penting untuk Anda miliki setidaknya adalah asuransi terbaik untuk kesehatan, termasuk dalam manajemen keuangan sehingga jika sakit nantinya tidak perlu memikirkan biaya berobat lagi. Begitu pula jika ada hal-hal yang mungkin terjadi, paling tidak ada jaminan tanggungan atau biaya hidup untuk anak-anak kedepannya.

4. Selalu memastikan semua cicilan atau hutang dibayar setiap awal bulan, bagi yang masih memiliki tunggakan misalnya kartu kredit, biaya air, PDAM dan sejenisnya. Maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk membayarnya di awal bulan selepas gajian. Sehingga tanggungan tersebut tidak semakin besar atau bahkan menyebabkan terkena denda karena telat membayar.

5. Pastikan untuk tetap menabung, sekecil apapun jumlahnya, maka sangat wajib bagi Anda untuk menyisakan uang untuk ditabung, paling tidak dengan memiliki tabungan, maka ada sumber dana darurat jika seandainya nanti terjadi sesuatu, maka tidak perlu berhutang.

6. Jika ada uang lebih gunakan untuk berinvestasi, mulailah dari bentuk investasi yang paling kecil, seperti diantaranya adalah deposito atau mungkin reksadana. Bisa investasi dengan modal kecil, namun resiko juga kecil, aman bagi pemula. Bentuk investasi juga dapat dilakukan dengan cara membeli asuransi guna kebutuhan di masa yang akan datang. Salah satu asuransi jiwa yang bagus untuk anak di Indonesia adalah ilovelife dari Astra yang mana dengan premi yang kecil namun memiliki nilai dan keuntungan yang besar yang bisa menjamin masa depan Anda, keluarga dan tentunya anak-anak Anda.

Coba terapkan manajemen keuangan tersebut, maka selama menjadi wanita single parent Anda tidak akan terkendala masalah finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *