Mana Yang Terbaik Menurutmu, Laptop Atau Komputer PC?

Saat ini tidak hanya toko online yang menjual beragam jenis item fashion yang bisa dipergunakan untuk membuat agar penampilan menjadi lebih maksimal, namun ada juga toko komputer online yang memungkinkan Anda untuk membeli perangkat keras atau hardware berupa komputer baik jenis PC ataupun laptop dan beragam jenis perlengkapan tambahan dan komponennya. Saat hendak membeli komputer tidak sedikit yang bingung apakah akan memilih komputer pribadi (PC) atau laptop.

Akan tetapi, sebelum memilih pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui jenis keperluan Anda untuk membeli peralatan elektronik tersebut. Umumnya, orang yang menggunakan PC mempergunakan untuk keperluan multimedia karena PC memiliki RAM, VGA dan processor yang lebih tangguh dibandingkan dengan laptop walaupun saat ini sudah banyak laptop yang dibuat khusus untuk keperluan multimedia.

Kedua adalah budget. Harga laptop bisa lebih tinggi ataupun lebih rendah dibandingkan dengan PC. Hal tersebut disebabkan karena performa dan juga komponen yang digunakan untuk merakit komputer tersebut sehingga bandingkan terlebih dahulu laptop dan PC yang ingin Anda beli di toko komputer online untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing dengan cara melihat bagian deskripsinya atau mencari tahu informasi yang lainnya. Akan tetapi, pada umumnya, laptop dan PC memiliki keuntungan dan kekurangan.

Keunggulan dari PC yaitu:

• Jika budget rendah, Anda masih bisa mendapatkan sistem komputer dengan spesifikasi sedang,.
• Performa processor PC lebih kuat dan tahan terhadap panas jika dibandingkan dengan laptop karena fisik processor lebih besar.
• Keyboard lebih lengkap dan mudah diganti jika terjadi kerusakan.
• Layar yang lebih besar dan umumnya di atas 14”.
• Memungkinkan Anda untuk bisa mengganti hardware dengan lebih mudah.
• Lebih puas untuk bermain game bahkan dalam jangka waktu yang lama.
• Mudah untuk mendeteksi kerusakan dan diperbaiki karena komponen PC saling terpisah.

Namun, PC juga memiliki kelemahan yaitu tidak praktis. Hal tersebut disebabkan karena PC tersambung dengan sumber energi listrik dan ukurannya lebih besar sehingga akan menyusahkan Anda untuk bisa membawanya kemana saja Anda mau. Karena ukurannya yang besar tersebut, maka bobot PC juga lebih berat dibandingkan laptop yang rata-rata beratnya hanya 3-5 kg.

Sedangkan notebook atau laptop memiliki keunggulan yang diantaranya adalah mudah dibawa kemana saja karena ukurannya yang mudah dibawah kemana saja, tidak berat sehingga tidak menyebabkan Anda kesusahan saat membawanya. Karena ukurannya yang kecil laptop mudah disimpan misalnya diletakkan di tas ransel khusus laptop. Selain itu laptop memiliki ukuran layar yang bervariasi sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan kenyamanan Anda.

Akan tetapi, laptop juga memiliki kekurangan yang harus Anda pertimbangkan yaitu performa atau spesifikasi tidak sehebat PC dengan komponen dan spesifikasi yang sama, keyboard tidak selengkap di PC dan jika rusak maka mau tidak mau Anda harus menggunakan keyboard pengganti. Untuk pergantian komponen, harus dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya dan jika ada kerusakan maka akan susah untuk ditemukan.

Walaupun saat ini sudah ada jenis laptop gaming, namun Anda tetap tidak bisa menggunakan laptop tersebut dalam jangka waktu lama untuk bermain game apalagi game berat karena bisa menyebabkan laptop mudah panas. Jadi, untuk memiliki apakah Anda akan membeli PC atau laptop di toko online , pertimbangkan tujuan kebutuhan, biaya dan kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Profile photo of Blog ITB

About Blog ITB