Mebel Jati Outdoor Ingin Awet?. Ini Tipsnya!

Setiap rumah pasti membutuhkan berbagai macam perabot yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup mereka serta dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka. Setiap perabotan rumah pastinya dibuat dengan menggunakan bahan yang berbeda-beda menurut peletakan dari perabot tersebut, salah satunya yang paling sering digunakan adalah kayu jati.

Jenis kayu ini dipergunakan karena memiliki ketahanan yang sangat baik serta sangat awet sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama. Tidak heran, berbagai furniture yang dibuat dari kayu jati sering digunakan sebagai perabot di luar ruangan atau outdoor. Namun, bukan karena kuat maka Anda membiarkannya begitu saja, namun Anda juga harus merawatnya demi kelangsungannya yang jauh lebih lama. Berikut inilah beberapa cara jitu yang nantinya akan sukses membuat perabot tersebut awet dan tahan lama:

1. Bersihkan dari Debu
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga perabot yang terbuat dari kayu jati yang mana ditempatkan di luar ruangan, maka Anda bisa sesering mungkin membersihkannya dari debu. Memang, debu di luar ruangan sangatlah banyak dan hampir tidak terhindar, namun Anda bisa membuatnya lebih awet serta tahan lama dengan selalu membersihkannya secara berkala dari debu serta kotoran.

2. Air Hangat
Selanjutnya, untuk membuat furniture outdoor yang terbuat dari kayu jati lebih tahan lama, maka Anda perlu menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Anda bisa membersihkannya perabot kayu jati yang tidak menggunakan vernis dengan menggunakan lap yang dibasahi dengan air hangat, namun peras terlebih dahulu agar tidak terlalu basah agar pori-pori kayu tidak terlalu banyak menyerap air. Hal ini tentunya akan membuat perabot Anda jauh lebih tahan lama dan awet.

3. Minyak Jati
Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat perabot kayu jati Anda yang ditaruh di luar ruangan lebih awet, maka jangan sungkan untuk menggunakan minyak khusus jati, yang dimana sangat baik dalam mempertahankan warnanya untuk tetap alami, serta tidak mudah terkena pemudaran akibat peletakannya di luar ruangan. Gunakan sekali selama 2 hingga 3 tahun untuk membuatnya lebih tahan lama serta terlihat selalu cantik.

4. Perlakukan Baik
Anda juga harus memperlakukan jati atau teak outdoor garden furniture maupun indoor furniture tersebut dengan baik layaknya barang yang berharga, jangan sembarangan atau asal saja dalam menggunakannya atau memindahkannya. Jika ingin dipindahkan, akan lebih baik jika diangkat tanpa terkena bagian bawahnya, jangan sampai perabot tersebut dipindahkan dengan cara ditarik atau digeser karena bisa membuatnya lebih cepat rusak. Pastinya hal ini akan membuat goresan pada permukannya sehingga penampilannya pun juga ikut terganggu. Lebih baik perlakukan perabot tersebut dengan baik, benar dan juga lembut demi kelangsungannya yang lebih lama sehingga membuat Anda lebih hemat.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa Anda ikuti atau pun terapkan dalam merawat furniture yang terbuat dari kayu jati dan diletakan di luar ruangan sehingga lebih awet serta tahan lama. Pastinya cara-cara tersebut akan menghindarkan Anda dari mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk memperbaiki perabot tersebut serta mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk membeli furniture yang baru dalam waktu yang lebih singkat. Perhatikan perawatan serta penggunaan dari perabot itu sendiri, maka furniture Anda pun akan jauh lebih awet serta tahan lama, dan juga tampilannya pun akan selalu prima dan memberi kebanggaan tersendiri bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *