Punya Alat Elektronik Jadul Yang Tidak Terpakai? Jual Online Saja!

Sekarang ini menjual barang bisa dilakukan dengan sangat mudah, termasuk menjual alat-alat elektronik. Kita bisa menjualnya dengan cara online. Mungkin dulunya barang bekas hanya ditumpuk di gudang, namun tidak sedikit orang yang ingin mengambil kesempatan dengan menjual barang bekas yang mereka miliki. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, selain memanfaatkan barang yang tidak digunakan, menjual barang bekas yang masih layak tidak menutup kemungkinan akan memberi dana segar untuk keperluan kita lainnya. tetapi sebelum memutuskan melakukan penjualan barang bekas, ada beberapa hal agar proses jual beli bisa menguntungkan.

Pertama, cek dengan baik kondisi barang elektronik yang akan Anda jual. Langkah awal ialah memastikan seluruh kondisi barang. Barang bekas yang akan Anda jual harus termasuk dalam kategori layak untuk dijual, layak jual ini ialah barang tersebut masih ada orang yang memerlukan dan bisa menggunakannya. Bukan hanya kondisinya yang bagus. Contohnya, komputer yang sudah rusak, barang ini termasuk dalam barang yang layak jual karena masih bisa diperbaiki, namun untuk kulkas yang rusaknya sudah sangat parah, barang tersebut tidak layak jual.

Kedua, ketahui dan catat kelebihan dan kekurangannya. Sesudah mengecek kondisi barang, hal lain yang harus dilakukan adalah mencatat secara rinci mengenai kondisi barang entah dari kelebihan atau pun kekurangan barang. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir masalah yang nantinya terjadi ketika proses jual beli. Contohnya Anda menjual televisi bekas, catat seperti apa spesifikasinya, kondisi dan yang lainnya, selain itu kekurangan yang dimiliki oleh alat-alat elektronik yang akan Anda jual juga tidak boleh lupa dicatat.

Ketiga, tentukan dimana tempat untuk menjual barang tersebut. Sekarang ini sudah begitu banyak layanan online mulai dari iklan baris, media sosial hingga forum jual beli yang bisa kita gunakan untuk menjual barang bekas. Ada yang berskala nasional ada pula yang dikelompokkan dari daerah asal, apabila barang bekas yang akan Anda jual memiliki peminat yang cukup luas, lebih baik Anda tawarkan di media online yang sudah dikenal oleh banyak orang. Namun jika barang elektronik Anda berhubungan dengan hobi, lebih baik Anda menjualnya melalui media sosial atau forum tempat penggemar barang tersebut berkumpul.

Keempat, jangan lupa menyertakan foto dan deskripsi yang jujur. Sesudah barang siap ditawarkan, beri foto serta penjelasan yang jujur di situs penjualan. Hal yang paling utama adalah foto, untuk foto sertakan foto yang jelas serta menyeluruh, ambil di beberapa sudut serta fokuskan di bagian yang penting, atau bila terdapat kerusakan fisik, Anda dapat menampilkannya sehingga tidak akan mengecewakan pembeli pada akhirnya. Jangan lupa sertakan deskripsi yang jelas mengenai barang tersebut dan proses jual beli yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan agar Anda tidak harus menjawab seluruh pertanyaan yang terlontar.

Terakhir, beri harga yang sesuai. Untuk masalah ini memang tidak semudah yang dibayangkan, Anda sekarang menjual alat-alat elektronik bekas. Anda tidak bisa berekspektasi memperoleh harga seperti barang baru, tetapi bukan berarti harga yang Anda berikan harus terlalu rendah. Anda bisa mencari informasi di internet, berapa kisaran harga barang bekas tersebut. Atau cari penjual yang menjual barang serupa dengan Anda, dan ambil rentan harga di tengah, Anda tidak perlu terlalu menurunkan harga dan terlalu menaikkan harga. Semoga berbagai tips sederhana di atas bisa lebih membantu Anda saat menjual barang bekas

Profile photo of Blog ITB

About Blog ITB