Ragam Bentuk Pinjaman Yang Diminati Kaum Milenial

Perkembangan jaman terus memberikan perubahan banyak dalam kehidupan, tetapi tidak untuk kebiasaan berhutang. Melakukan pinjaman merupakan kegiatan yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Tidak heran jika saat ini semakin banyak sekali sumber dana atau lembaga keuangan yang menawarkan kredit dengan berbagai keunggulan yang diberikan. Nah, jenis kredit seperti apa yang ada pada jaman modern seperti sekarang ini? Inilah yang akan dibahas lebih lanjut pada artikel kali ini.

Hampir setiap tahun pada suatu lembaga keuangan menawarkan jenis kredit yang semakin menarik dan mempermudah peminjam. Misalnya saja jenis kredit online yang dijaman millennial seperti sekarang ini sangat cocok sekali. Untuk mengetahui lebih lengkap jenis kredit seperti apa saja yang tepat untuk masyarakat modern, simak berikut ini:

1. KTA.
Ini merupakan salah satu bentuk pinjam dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif ketika seseorang sedang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Hampir semua bank menawarkan jenis dana hutang yang satu ini karena memang kemudahan yang diberikan seperti mendapatkan dana tanpa perlu ada jaminan.

2. Multiguna.
Selain hutang yang tanpa perlu adanya agunan, Anda juga dapat memilih kredit yang dapat digunakan apa saja atau lebih sering disebut dengan produk multiguna. Untuk jenis yang satu ini bisa Anda dapatkan bukan hanya dari lembaga keuangan saja tetapi bisa juga dari leasing, pegadaian dan lainnya.

3. Kredit online.
Inilah yang sudah disinggung sedikit diatas mengenai pinjam dana dengan sistem yang jauh lebih modern dan berbasis aplikasi pinjam dana tunai untuk pribadi yang cepat cair, bahkan hanya dalam hitungan menit saja. Jenis ini dikategorikan sebagai fintech yang kini sedang menjamur di masyarakat, cocok sekali untuk kaum millennial yang memang sedang terdesak dengan kebutuhan dana yang relatif kecil menengah.

4. KUR.
Bagi mereka yang akan beralih pada sebuah usaha kecil tetapi tidak mempunyai modal besar bisa memilih jenis kredit KUR melalui bank yang telah terdaftar di OJK dan Bank Indonesia. Ini memang diperuntukan bagi mereka para pelaku usaha mikro dengan harapan untuk meminimalisir kemiskinan yang terjadi di masyarakat.

Nah, itulah beberapa deretan jenis hutang dana yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah kebutuhan uang dalam waktu mendesak. Pada dasarnya masing-masing kredit itu mempunyai tujuannya sendiri-sendiri. Jadi Anda perlu paham terlebih dahulu apa saja jenisnya dan memilih mana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jangan khawatir, saat ini hampir semua bank menawarkan jenis kredit yang telah dijelaskan diatas. Kenali kelebihan dan kekurangan terlebih dahulu dari masing-masing jenisnya, sebelum melakukan pengajuan di sebuah bank.

Mudah dan beragamnya produk hutang di bank saat ini bukan berarti Anda bisa dengan mudah pula untuk melakukan kredit. Tetap pastikan selalu melalui tahapan yang jelas sebelum pengajuan seperti paham seperti apa tujuan peminjaman yang dilakukan, seperti apa syarat dan ketentuan serta tanggung jawab apa yang harus Anda lakukan. Semudah-mudahnya hutang tetap saja harus melakukan pembayaran pengembalian sampai dengan pelunasan. Jangan sampai Anda merasa terlena dengan cara yang mudah dan akhirnya terjerat oleh bunga hutang yang besar.

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika perkembangan jaman saat ini memberikan banyak sekali perubahan terutama pada produk pinjaman masyarakat. Tetapi perkembangan itu tidak memberikan perubahan pada kebiasaan berhutang, bahkan semakin meningkat.

Yang perlu digarisbawahi disini adalah berhutang itu sah-sah saja, hanya tetap harus disesuaikan dengan kemampuan agar tidak terjerat bunga yang dapat merugikan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah perusahaan tersebut harus terdaftar dalam OJK yang artinya akuntabel dan memiliki legalitas.

Kemudahan pengajuan kredit harus dimanfaatkan secara maksimal bukan dijadikan sebagai kesempatan untuk berfoya-foya dengan dana hutang.

Profile photo of rendrasaputra

About rendrasaputra