Tips Latihan Dasar Panggul yang Benar, Mudah dan Bermanfaat

Mungkin Anda pernah atau sering mendengar istilah senam kegel. Akan tetapi tahukah Anda mengenai senam kegel itu apa?. Setiap gerakan olahraga mempunyai tujuan masing-masing untuk tubuh, hal itu pula berlaku pada senam kagel. Ya, senam kagel atau orang lebih sering menyebutnya dengan latihan dasar otot panggul merupakan gerakan senam yang ditujukan bagi seseorang yang tidak bisa mengontrol keluar urinenya secara biasa. Hampir setiap orang atau khususnya wanita pernah mengalami rembesan saat batuk atau mengangkat beban yang berat. Tetapi seiring perkembangan jaman, jenis gerakan senam tersebut lebih dikenal dengan senam seks karena memang memberikan manfaat yang baik juga untuk kehidupan seks setiap orangnya.

Sebenarnya masalah keluarnya urine dengan sendirinya pada orang dewasa itu tidak hanya terjadi pada satu dua orang saja. Kenyataan hal tersebut mengakibatkan kemunculan produk popok orang dewasa yang membantu supaya tidak mengalami kebocoran. Salah satu produk yang menjadi unggulan adalah Confidence yang sudah beberapa tahun mampu menjaga kualitas terbaiknya. Tetapi jika memang Anda merasa tidak terlalu nyaman menggunakan popok setiap hari bisa mengatasi dengan melakukan senam panggul. Berikut ini ada panduan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan manfaat yang sesungguhnya yaitu:

  1. Langkah pertamanya adalah mencari sekumpulan otot yang terbentuk seperti angka 8 pada bagian sekitaran vagina, uretra, atau bisa juga anus. Untuk mendapatkannya Anda bisa menghentikan aliran urine terlebih dahulu beberapa kali ketika membuang air kecil.
  2. Setelah Anda menemukan otot tersebut saatnya melakukan gerakan dengan mengencangkan otot selama 5 detik dan mereleksasikannya kembali. Awalnya mungkin Anda akan sedikit kesulitan menahan tegangan selama waktu tersebut, tetapi lama kelamaan akan terbiasa. Dan kemampuan otot dasar panggul Anda akan lebih kuat dari pada biasanya.
  3. Tahapan selanjutnya adalah mereleksasikan dan mengencangkan selama kurun waktu sama tetapi 10 kali. Jika Anda berhasil melakukan pasti akan ada getaran yang membuat Anda lebih mudah mengontrol otot.
  4. Kemudian, kontraskikan bagian otot dalam waktu yang lebih lama tetapi tetap stabil, seakan-akan mencoba untuk menarik kedalam vagina Anda. Untuk proses kontraksi berlangsung bisa Anda tahan selama 5 detik.
  5. Pada tahapan terakhir adalah mengosongkan bagian usus besar tetapi mendorong melalui vagina dari pada menggunakan anus. Untuk tahapan ini bisa Anda lakukan selama beberapa kali dalam 10 atau 15 kali percobaan,

Nah, itulah sedikit tahapan yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah selama kurun waktu 5 atau 6 minggu. Setelah itu, Anda akan merasakan perbedaan yang sesungguhnya antara membuang air dan menahan air akan lebih mudah untuk mengontrolnya. Jika dilihat memang latihan dasar panggul sebenarnya mudah, hanya saja perlu adanya latihan yang keras dan percobaan berkali-kali sampai Anda benar-benar mampu mengendalikan urine setiap harinya. Walaupun sebenarnya sudah ada popok celana dewasa dan orang tua yang bagus merk Confidence Adult Care dengan kualitas terbaik, namun tetap latihan dasar otot panggul tersebut akan jauh lebih baik jika Anda melakukannya.

Selain menyehatkan organ tubuh khususnya wilayah kewanitaan, latihan tersebut juga baik bagi organ-organ lain yang turut pula bergerak saat melakukan latihan tersebut. Diantaranya seperti pada bagian otot kaki, otot tangan, perut dan paru-paru.

Profile photo of Blog ITB

About Blog ITB