10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari di Tahun 2021 Part II

APLIKASI PEMROGRAMAN TERPOPULER 2021

Programming kini telah menjadi salah satu soft skill yang wajib dikuasai agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi. Terlebih jika kamu sedang atau tertarik untuk bekerja di bidang tersebut. Bagaimana tidak, nyaris seluruh kehidupan, mulai dari pabrik dan kendaraan sampai dengan peralatan rumah menggunakan teknologi berbasis komputer yang memudahkan kegiatan manusia sehari-harinya.

Apalagi untuk pemula dalam memilih bahasa pemrograman mana yang perlu dipelajari. Tetapi kamu tidak perlu menguasai semua bahasa yang ada. Kamu hanya perlu menguasai beberapa bahasa yang paling sering dan populer digunakan di industri ini.

Melansir Hacker Noon, Selasa (12/1/2021), berikut ini 10 bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada tahun 2021 yang dapat menunjang kariermu. Berikut 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari Tahun 2021 Part II.

6. Solidity

Bahasa pemrograman Solidity dapat memasuki Top 10 bahasa pemrograman dikarenakan bahasa pemrograman ini banyak disebutkan oleh responden Stackoverflow mengenai pengembangan Blockchain.

Tercatat dalam statistik, hampir 517% merupakan jumlah peningkatan di beberapa tahun kebelakang. Blockchain merupakan layanan yang menjajikan dalam pekerjaan sektor keuangan. Untuk menggunakan Blockchain, pengguna perlu paham tentang bahasa C++ dan Solidity itu sendiri. Bahasa pemrograman Solidity ini didukung oleh platform fast-growing EOS.

7. Dart

Dart merupakan salah satu bahasa pemrograman buatan Google yang menjadi salah satu opsi para programmer selain JavaScript.

Bahsa Pemrograman Dart ini digunakan untuk build mobile, desktop, server dan aplikasi berbasis website. Dart juga fleksibel karena dapat di-compile menggunakan native code atau JavaScript.

Selain itu, Bahasa Pemrograman Dart juga mudah dipelajari, berbasis open-source, dan meyakinkan keproduktifan. Perusahan yang menggunakan bahasa pemrograman ini diantaranya, yakni Google, Useinsider, Pickio, dan Agora.

8. C / C++ / C#

Bahasa pemrograman C / C++ / C# biasanya dan sering kali digunakan dalam pengembangan Game. Tidak hanya itu, bahasa pemrograman ini digunakan untuk robotik, pencetakan 3D, sistem operasi, drivers dan aplikasi pada desktop.

Bahasa pemrograman ini akan selalu berkembang karena memang digunakan hampir pada aplikasi keseharian menggunakan Desktop. Perusahaan yang menggunakan C# adalah Delivery, Hero, Microsoft, Accenture, ViaVarejo, dan Stack Overflow. Kemudian perusahaan yang mengunakan C++ adalah Evernote, LinkedIn, Microsoft, Opera, Nasa dan Facebook. Sedangkan perusahaan yang menggunakan C adalah Twitch, GitHub, Telegram, Messenger, MasterCard, dan Lime.

9. Swift

Dirilis pada tahun 2014 oleh Apple Inc, bahasa pemrograman ini sangat berguna pada macOS, iOS, watchOS, tvOS dan lainnya. Memprogram menggunakan Swift sangat interaktif dan menyenangkan.

Terlebih disenangi oleh pengembang karena fitur yang terbarukan. Keuntungan penggunaan Swift ini diantaranya mudahnya pembacaan dan penulisan kode, membutuhkan  kode yang sedikit, mengembangkan kinerja dan keamanan, dan mudah berintergrasi dengan Objective-C. Perusahaan yang menggunakan bahasa pemrogrtaman Swift ini adalah Lyft, Uber, Slack dan Artsy.

10. Javascript

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang paling terkenal di era ini. Hal ini dikarenakan penggunaan add-ons pada CoffeeScript, Flow dan TypeScript.

Sampai sekarang pun JavaScript masih sering dicari. JavaScript digunakan dalam penambahan elemen-elemen interaktif pada aplikasi berbasis web dan browser.

Survey mengatakan bahwa 66% responden menyukai JavaScript dan diantaranya 17,8% ingin menjadi ahli JavaScript. JavaScript sampai sekarang masih digunakan oleh beberapa perusahaan ternama diantaranya Microsoft, Paypal, Groupon dan Google.

Nahh teman-teman berikut adalah 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari di Tahun 2021 Part II, semoga dapat membantu dan menjadi ilmu pengetahuan buat teman-teman semua…

Sampai jumpa di artikel berikutnya yahh….

Continue reading “10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari di Tahun 2021 Part II”

Make The Most of Your College Experience with These Tips and Tricks

THESE TIPS WILL MAKE YOUR STUDY EASIER!

It isn’t always easy to get started at college. You suddenly find yourself in a whole new world with people you don’t know. People frequently have difficult getting used to college life. Use the information here to make a smooth transition into the realm of higher learning.

1. Apply for Grants and Scholarships

Don’t wait until it’s too late to start applying for grants and scholarships. The more time set aside for obtaining college funds, the less amount of money you’re going to need to borrow in loans. Create a list of important deadlines so that you can submit applications on time.

Learn about grants and scholarships that can help with your education. Many people don’t know that can help make college a lot easier. The nice thing about scholarships and grants which they do not have to be repaid by you.

Figure out how long walking will need to make it each class to the next and plan accordingly. You can also find other critical locations and plot them on your route to study or eat lunch at if you have time.

2. Learn More about Your Study Material

Have your testing materials handy when you take a test. The professor may not have extra items to lend you, so you must be sure to have everything you require. Your professors can be a huge help you get on your college career. Ask questions and offer help them. Take notes while you are in college for studying purposes. Taking notes helps you learn the information in your brain. You will be able to better remember the information when it comes time to study for an exam.

Don’t give up on a college until you complete a few short weeks or months. Many college students feel homesick, first year college students start missing their family and their home. Do not depend on notes from other students. You may get half information or shortcut codes that might not make sense to the original note taker.

Take a break here and then. You can become burned out if you study too hard. Your folks may want you to study all the time, but you can.

3. Make Connections

Do more than just take electives to broaden your interests lie. Get yourself involved in activities on campus. Join some clubs and sign up for work-study job. There is usually a lot of things for you to get into every week. Try something new every week.

Go to social events during orientation to meet people. A lot of people don’t know anyone and feel lonely. The sooner you begin to get to know people, the sooner you can fit in.

Make connections with at least two other students in each class. While it may seem strange, doing so can result in great rewards. Having a contact in your classes can help you have missed if you are absent from a class or need someone to study with. You can also be able to form a study with them after class.

Making the move to college is a tough one for most. When you use what you’ve learned here, you won’t struggle so hard, though. Enjoy your Study!

Pengertian dan Fungsi Teknologi Informasi

Simak Pemahaman Tentang Teknologi Informasi!

Semakin berkembangnya teknologi maka juga semakin banyak bidang yang ada dan perlu untuk dikembangkan. Salah satunya adalah teknologi informasi. Ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangan yang terjadi tidak akan semaju ini. Pengertian teknologi informasi secara umum adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).

Menurut Wikipedia, pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segala macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas. Selain itu fungsi dari teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Dapat dikatakan bahwa teknologi informasi adalah berbagai fasilitas yang terdiri dari hardware dan software untuk mendukung dan meningkatkan kualitas informasi bagi masyarakat dengan cepat dan berkualitas. Dari penjelasan singkat yang ada pastinya sudah dapat diketahui betapa pentingnya teknologi informasi ini untuk manusia. Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian, fungsi, manfaat teknologi informasi maka simaklah penjelasan dibawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Secara umum pengertian teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Menurut ITTA (Information Technology Association of America), Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.

Teknologi informasi tidak hanya penting sebagai alat komunikasi (baca: Pengertian Komunikasi) via elektronik saja, melainkan merupakan perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam bisnis sebagai sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting. Teknologi Informasi diterapkan guna untuk pengelolaan informasi yang pada saat ini menjadi salah satu bagian penting karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional (globalisasi), perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat, tekanan akibat dari persaingan bisnis.

Fungsi Teknologi Informasi

Tentu adanya teknologi informasi memiliki fungsi penting. Tidak mungkin bahwa dengan adanya teknologi informasi tidak berpengaruh penting dalam kehidupan. Setidaknya terdapat enam fungsi teknologi informasi yaitu Menangkap (Capture), Menyimpan (Storage), Mengolah (Processing), Transmisi (Transmission), Mencari Kembali (Retrieval), Menghasilkan (Generating). Berikut ini terdapat penjabaran dari keenam fungsi teknologi informasi adalah :

  • Menangkap (Capture)

    Menangkap disini dapat diartikan sebagai menginput. Misalnya, menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan lain sebagainya. Fitur Capturing mungkin juga sudah tidak asing ketika Anda memakainya untuk menyimpan informasi tertentu.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah (Processing)

    Fungsi teknologi informasi ini mengkompilasikan catatan rinci aktivitas, misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic dan sebagainya. Dengan adanya Processing Anda akan lebih mudah mengolah file maupun data Anda.

  • Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi.

    Pengolahan atau pemrosesan data dapat berupa konversi (pengubahan data ke bentuk lain), analisis (analisis kondisi), perhitungan (kalkulasi), sintesis (penggabungan) segala bentuk data dan informasi. Dengan Adanya Fungsi ini pasti akan lebih memudahkan User

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan (Generating)

    Fungsi generating adalah dimana teknologi berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi ke dalam sebuah bentuk yang lebih terarah dan mudah dipahami. Contoh sederhananya adalah grafik dan table.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penyimpan (storage)

    Fungsi teknologi informasi ini merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya saja disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan sebagainya.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali (Retrieval)

    Fungsi teknologi informasi ini menelusuri, mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan, misalnya mencari supplier yang sudah lunas dan sebagainya. Adakalanya data yang tersimpan sulit untuk ditemukan karena terlalu penuh dengan adanya fungsi ini dapat memudahkan user serta menghemat waktu juga.

  • Fungsi Teknologi Informasi sebagai Transmisi (Transmission)

    Fungsi teknologi informasi ini mengirim data dan informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya saja mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya. Sehingga kita tidak perlu menyalin satu persatu cukup dengan saling sharing saja.

What You Should Know Before You Head Off To College

TIPS OF SUCCESSFUL STUDY

Going to college is both exciting and scary. Since looking for a job while also learning is very important , doing both studying and working is also possible in these days. However, studying must become your goal since it will help you finding more reputable and profitable jobs. To make your study easier, read the things you should do while you study.

1. Stay Healthy

Be realistic when making your work and school loads. Know your natural body clock so you can make your schedule to flow with it the best it can.

Take water bottle to class with you. It is vital that your body stays hydrated throughout the day. This is very important if you’re going to a lot of classes in a row and no meal in. Drinking plenty of fresh water is sure to help you stay focused and alert. You can get more water bottle with you at all times and fill it up at a water fountain.

Eat as healthy foods while away at college. You should be aware of the current pandemic situation. Make sure you’re aware of your eating. Stay away from processed foods and fast food as much as you can. While it may seem like a cheap and quick option, it’ll be detrimental to your education and body.

2. Stay Focused!

Spend the time studying every day. The more you spend applying yourself to your education, the more benefits you are sure to reap. Doing great in your classes will mean more money and a better career.

Take notes in college for studying purposes. Taking notes helps cement the information in your head. This can help you remember more later when you have to study. Choose electives that are very different from across the board. The first year makes the perfect time to try new things and challenge yourself.

There are many distractions on campus, but your focus needs to be on learning. Promise yourself that you will study for one hour each and every day. Even if studying is not really needed on a particular day, do it. It helps to make it a routine.

Your environment may make all the difference in whether or not your studying successfully. Your dorm room is rarely a good place to study. A library is always be your best bet. If you can’t always go to the library, try using noise cancelling headphones or a pair of earplugs.

Your professors are a major resource and can help you greatly. Ask questions and offer to provide them with assistance as well.

 

3. Manage Your Finance!

Visit the admissions office of all your potential schools. This lets you find any school-specific scholarships are available. A lot of school will offer their students scholarships available. Visiting with admissions offer allows you to check out all of the college funding options you need.

Wait to purchase books until your classes begin in order to save as much money as possible. You may not even need all the books that are required for a given class. This is often true for hybrid or online schooling. You can often earn good grades by using nothing more than online resources and paying attention in your lectures.

If you are currently employed and are thinking about getting back into school, think about an online school. Online schools are designed to accommodate the schedules require they attend classes on their own schedule. Online universities let you the work any time of day or night.

Going to college can be a very exciting and frightening. Because you will be responsible for your own schedule, it’s vital that you set some time aside for arriving to class on time and studying. Remember that you are going to college to learn and become an education while learning to live on your own.

This article should help you enjoy your college experience. Use these tips and your college experience will be an enjoyable one.

10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari di Tahun 2021 Part I

APLIKASI PEMROGRAMAN TERPOPULER 2021

Programming kini telah menjadi salah satu soft skill yang wajib dikuasai agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi.

Terlebih jika kamu sedang atau tertarik untuk bekerja di bidang tersebut. Bagaimana tidak, nyaris seluruh kehidupan, mulai dari pabrik dan kendaraan sampai dengan peralatan rumah menggunakan teknologi berbasis komputer yang memudahkan kegiatan manusia sehari-harinya.

Apalagi untuk pemula dalam memilih bahasa pemrograman mana yang perlu dipelajari. Tetapi kamu tidak perlu menguasai semua bahasa yang ada. Kamu hanya perlu menguasai beberapa bahasa yang paling sering dan populer digunakan di industri ini.

Melansir Hacker Noon, Selasa (12/1/2021), berikut ini 10 bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada tahun 2021 yang dapat menunjang kariermu. Berikut 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari Tahun 2021 Part I.

1. Rust

Bahasa pemrograman Rust merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk kinerja dan keamanan. Rust sendiri telah menjadi bahasa pemrograman yang digemari oleh platform Stack Overflow selama empat tahun kebelakang. Perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman Rust ialah Dropbox, Coursera, Figma, dan juga Discord. Kelebihan menggunakan Rust yang membuat para penggunanya semakin tertarik di antaranya keamanan memori pada compiler yang lebih baik, konkurensi yang mudah terhadap kepemilikan model data dan proses yang gratis.

2. TypeScript

Sebuah bahasa pemrograman baru yang dibuat oleh Microsoft sejak 2014 ini selalu berkembang dan bertahan pada posisi Top 10 bahasa pemrogaman.

Hal yang membuat TypeScript menjadi semakin populer karena mudahnya pengembang dalam menulis dan juga dalam memelihara code tersebut.

Selain itu setiap komponen code yang telah dibuat dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang besar dengan sintaks yang ketat dan error yang sedikit. Perusahan yang menggunakan bahasa pemrogaman TypeScript ialah Slack, Vox, Media, Medium, Accenture, dan ViaVarejo.

3. Python

Dari awal terbitnya, trend bahasa pemrograman Python tidak pernah padam. Ditambah dengan adanya AI (Artificial Intelegent) yang selalu berkembang.

Python sering kali digunakan dalam beberapa bidang seperti Data Science, Machine Learning, Web Development dan lainnya. Python juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah dimengerti untuk dipelajari dan jenjang lanjut. Hal yang menguntungkan bagi para pengguna salah satunya bahasa pemrograman ini berjenis open-source dan juga bisa membuat prototype.

4. Kotlin

Kotlin  dikembangkan oleh tim Jet Brains dalam upaya untuk menemukan “sesuatu yang lebih baik dari Java”. Banyak ahli yang menyatakan bahwa tujuan tersebut telah tercapai. Seperti Go, Kotlin tidak bisa disebut sebagai bahasa pemrograman paling trendi. Tetapi statistik menunjukkan bahwa permintaan terus meningkat.

Interoperasi yang mudah antara Java dan Kotlin membuat pengembangan Android lebih cepat dan menyenangkan. Sejak Kotlin mengatasi masalah utama yang muncul di Java, developer telah menulis ulang beberapa aplikasi Java di Kotlin.

Menurut  rating Hired, Kotlin adalah salah satu dari lima bahasa pemrograman terpopuler di dunia. Beberapa perusahaan yang menggunakan Kotlin diantaranya ialah Coursera, Uber, Pinterest dan Post Mates.

5. Go

Pada tahun 2007, Google mengembangakan bahasa pemrograman Go untuk API dan aplikasi berbasis website. Bahasa pemrograman Go ini salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan Python.

Dengan kemampuan yang sangat cepat, mudah dipelari, terhitung dan alat programming yang komprehensif, Go biasa digunakan untuk system, network programming, big data, machine learning, audio dan video editing. Perusahan terkenal yang menggunakan Go diantaranya ialah Google, Apple, Facebook, The New York Times, BBC dan Docker.

Program Kampus Mengajar Hadirkan Calon Teknokrat Sejati

Program Kampus Mengajar telah diluncurkan pada 9 Februari 2021 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Program ini ditujukan untuk mengajak mahasiswa insan perguruan tinggi terbaik yang memiliki jiwa kepemimpinan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar (terutama yang berlokasi pada wilayah 3T) akan menjadi tempat mengabdi bagi 14 ribu mahasiswa asal perguruan tinggi se-Indonesia dalam hal peningkatan pengajaran, perubahan kebiasaan baru, integrasi teknologi daring, dan mengentaskan budaya kekerasan pada anak.

Program yang berlangsung hingga tanggal 25 Juni 2021 ini juga melibatkan ribuan dosen yang akan mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di SD penempatan baik secara luring maupun daring. Mahasiswa diharapkan dapat membangun kepercayaan diri untuk tampil di depan khalayak umum, mengembangkan kerjasama tim,  serta memecahkan permasalahan yang ditemukan di sekolah. Dosen dituntut untuk selalu memonitor progress pelaksanaan program ini dengan meninjau catatan aktivitas, dan laporan yang dibuat oleh mahasiswa secara berkala.

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar angkatan 1 2021 ini diharapkan dapat menjadi pemicu perubahan mutu seluruh sekolah dasar di mana sekolah sasaran rata-rata masih dalam predikat terkakreditasi C. Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam hal ini akan membantu pengembangan sekolah lebih jauh dan meningkatkan mutu pendidikan yang ada di tiap provinsi se-Indonesia. Perguruan Tinggi juga akan melaksanakan peran sentral dalam meningkatkan sinergitas antara dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten/kota, sekolah, dan  direktorat pendidikan tinggi.

Adapun, program Kampus Mengajar dinisiasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).  Dosen akan mendapatkan insentif khusus dan mahasiswa yang terlibat dalam program Kampus Mengajar akan mendapat potongan uang kuliah dan juga pemberian biaya hidup. Dengan adanya insentif ini diharapkan akan menjadi penyemangat bagi mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dan menerapkan ilmu yang telah didapatkan pada saat kuliah agar bisa memecahkan permasalahan pendidikan saat ini.

Melalui program Kampus Mengajar, mahasiswa diharapkan akan menjadi calon Teknokrat handal yang mampu memberikan perubahan yang cepat dalam peningkatan perekonomian dan kesejahtaraan rakyat. Apalagi, Indonesia pada tahun 2045 akan memiliki bonus demografi, di mana masyarakat usia produktif akan lebih dominan dan diharapkan dapat mengakselerasi kemajuan bangsa Indonesia.