10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari di Tahun 2021 Part II

APLIKASI PEMROGRAMAN TERPOPULER 2021

Programming kini telah menjadi salah satu soft skill yang wajib dikuasai agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi. Terlebih jika kamu sedang atau tertarik untuk bekerja di bidang tersebut. Bagaimana tidak, nyaris seluruh kehidupan, mulai dari pabrik dan kendaraan sampai dengan peralatan rumah menggunakan teknologi berbasis komputer yang memudahkan kegiatan manusia sehari-harinya.

Apalagi untuk pemula dalam memilih bahasa pemrograman mana yang perlu dipelajari. Tetapi kamu tidak perlu menguasai semua bahasa yang ada. Kamu hanya perlu menguasai beberapa bahasa yang paling sering dan populer digunakan di industri ini.

Melansir Hacker Noon, Selasa (12/1/2021), berikut ini 10 bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada tahun 2021 yang dapat menunjang kariermu. Berikut 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari Tahun 2021 Part II.

6. Solidity

Bahasa pemrograman Solidity dapat memasuki Top 10 bahasa pemrograman dikarenakan bahasa pemrograman ini banyak disebutkan oleh responden Stackoverflow mengenai pengembangan Blockchain.

Tercatat dalam statistik, hampir 517% merupakan jumlah peningkatan di beberapa tahun kebelakang. Blockchain merupakan layanan yang menjajikan dalam pekerjaan sektor keuangan. Untuk menggunakan Blockchain, pengguna perlu paham tentang bahasa C++ dan Solidity itu sendiri. Bahasa pemrograman Solidity ini didukung oleh platform fast-growing EOS.

7. Dart

Dart merupakan salah satu bahasa pemrograman buatan Google yang menjadi salah satu opsi para programmer selain JavaScript.

Bahsa Pemrograman Dart ini digunakan untuk build mobile, desktop, server dan aplikasi berbasis website. Dart juga fleksibel karena dapat di-compile menggunakan native code atau JavaScript.

Selain itu, Bahasa Pemrograman Dart juga mudah dipelajari, berbasis open-source, dan meyakinkan keproduktifan. Perusahan yang menggunakan bahasa pemrograman ini diantaranya, yakni Google, Useinsider, Pickio, dan Agora.

8. C / C++ / C#

Bahasa pemrograman C / C++ / C# biasanya dan sering kali digunakan dalam pengembangan Game. Tidak hanya itu, bahasa pemrograman ini digunakan untuk robotik, pencetakan 3D, sistem operasi, drivers dan aplikasi pada desktop.

Bahasa pemrograman ini akan selalu berkembang karena memang digunakan hampir pada aplikasi keseharian menggunakan Desktop. Perusahaan yang menggunakan C# adalah Delivery, Hero, Microsoft, Accenture, ViaVarejo, dan Stack Overflow. Kemudian perusahaan yang mengunakan C++ adalah Evernote, LinkedIn, Microsoft, Opera, Nasa dan Facebook. Sedangkan perusahaan yang menggunakan C adalah Twitch, GitHub, Telegram, Messenger, MasterCard, dan Lime.

9. Swift

Dirilis pada tahun 2014 oleh Apple Inc, bahasa pemrograman ini sangat berguna pada macOS, iOS, watchOS, tvOS dan lainnya. Memprogram menggunakan Swift sangat interaktif dan menyenangkan.

Terlebih disenangi oleh pengembang karena fitur yang terbarukan. Keuntungan penggunaan Swift ini diantaranya mudahnya pembacaan dan penulisan kode, membutuhkan  kode yang sedikit, mengembangkan kinerja dan keamanan, dan mudah berintergrasi dengan Objective-C. Perusahaan yang menggunakan bahasa pemrogrtaman Swift ini adalah Lyft, Uber, Slack dan Artsy.

10. Javascript

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang paling terkenal di era ini. Hal ini dikarenakan penggunaan add-ons pada CoffeeScript, Flow dan TypeScript.

Sampai sekarang pun JavaScript masih sering dicari. JavaScript digunakan dalam penambahan elemen-elemen interaktif pada aplikasi berbasis web dan browser.

Survey mengatakan bahwa 66% responden menyukai JavaScript dan diantaranya 17,8% ingin menjadi ahli JavaScript. JavaScript sampai sekarang masih digunakan oleh beberapa perusahaan ternama diantaranya Microsoft, Paypal, Groupon dan Google.

Nahh teman-teman berikut adalah 10 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk dipelajari di Tahun 2021 Part II, semoga dapat membantu dan menjadi ilmu pengetahuan buat teman-teman semua…

Sampai jumpa di artikel berikutnya yahh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *