SNMPTN Undangan – Sebuah Hadiah dariNya

Posted on: February 19th, 2012 by
183

Bismillahirrahmanirrahim..

Terlalu banyak keajaiban di hidupku. Terlalu banyak magic. Tapi kebanyakan orang tidak tahu. Kebanyakan orang menganggapnya sebagai sebuah kewajaran. I called them miracles. Cause I do nothing, but I get a lot. J Ini tentang snmptn undangan, peluangku untuk lolos, dan takdir yang Allah gariskan untukku.
Saat sistem snmptn undangan belum ada, aku jujur saja menolak PMDK. Ada alasan tertentu yang membuatku enggan mengambil jalur PMDK, salah satunya karena aku belum mantap memilih jurusan dan universitas.
Snmptn undangan, dengan modus yang mirip dengan PMDK. Untuk yang satu ini, aku akhirnya memilih untuk menyerah pada keputusan awal ku. Mengingat tidak semua siswa berkesempatan mendaftar, rasanya tidak etis saja.. kalau aku ikut-ikutan bersaing di yang 40% padahal aku bisa mendapatkan yang 60%.
Dengan percaya diri, aku memilih 2 universitas ternama di Indonesia. ITB – STEI, dan UI – KU & Manajemen. Ini grafik nilai matematika, fisika, biologi, kimia, dan bahasa inggris ku selama belajar 5 semester di SMA tercinta.
Maaf sebelumnya, kalau grafiknya tidak indah dipandang (numpuk-numpuk). Dari grafik di atas, bisa dilihat.. Nilai rapor ku > = 80. Masalah kestabilan nilai, jelas terbaca nilai ku nggak stabil. Bahkan di semester 5 hampir semua mapel nilainya turun (kecuali bahasa inggris). Yang paling atas, matematika.. Mungkin, nilai matematika itu yang dilihat pihak ITB sampai memutuskan menerima aku. Maybe.
Apakah nilai tersebut membuatku optimis dapat snmptn undangan? Jawabannya tidak. Kenapa? Karena pada hari pengumuman, ada banyak kabar.. kalau mereka, temen-temen yang lebih pinter (dari aku), banyak yang nggak keterima. Secara logika jelas nggak nyambung, masa iya sih.. si dia nggak keterima aku iya?
Setelah menerima banyak tekanan, akhirnya tengah malem (22.30) aku membuka pengumumannya –pengumuman sudah bisa dilihat sejak pukul 17.00 hari itu-. Dan hasilnya, alhamdulillah aku diterima di STEI ITB spesial pake telor, ups.. maksudku plus beasiswa bidikmisi.
Setelah mendengar kabar dari teman-teman yang diterima dan yang tidak diterima, aku mengambil kesimpulan bahwa pilihan prodi dan universitas juga menjadi penentu peluang kita diterima/tidak. Beruntung, aku memilih STEI. Percaya deh, peluang siswi yang memilih STEI jauh lebih besar. Karena, mayoritas peminat STEI adalah laki-laki. Dan mungkin. Ada jatah khusus yang disediakan ITB untuk perempuan, jadilah saya diterima di STEI.
Pengaruh pilihan prodi dan Universitas juga diperjelas dari data mereka yang diterima di snmptn undangan. Kebanyakan dari mereka memilih prodi favorit seperti kedokteran umum. Ada juga sih, yang diterima di kedokteran umum.. tapi tahu sendiri lah konsekuensinya. It means, nilaimu harus menakjubkan sekali.
Lolos undangan berarti, kita akan sibuk-sibuk mengurus berkas pendaftaran ulang.. ketika teman-teman yang lain masih asik berjibaku dengan seribu satu soal snmptn. Merasa aneh, karena menjadi minoritas. Saat yang lain masih harus berjuang, aku bisa dibilang sudah bisa tenang dan tak memikirkan apa-apa lagi. Rasanya seperti mendapat doorprize dari Allah swt. Aku merasa usahaku selama ini tak ada apa-apanya dengan apa yang kudapatkan. Belajarku, doaku, ibadahku, tak sebanding dengan ini semua. Bahkan kalau aku yang menilai, lebih banyak temanku yang lebih berhak atas ini. Benar-benar sebuah kejutan, magic, miracle. Suddenly, it happened.
Melihat teman-teman yang belum diterima di snmptn undangan, aku selalu salut. Selalu saja merasa kagum melihat mereka yang masih berjuang untuk mengambil kesempatan di snmptn tertulis. Allah menyayangi mereka. Allah menginginkan mereka terus dekat padaNya, memohon padaNya lewat sholat malam dan dhuha, lewat shaum sunnah mereka, lewat bisik dzikir mereka.
Sebelum berakhir, ijinkan sedikit kata ini terekam dan terlintas dibenak saat pengumuman itu benar-benar menyapamu.
Lolos undangan atau tidak, bersyukurlah. Ada banyak hikmah yang menanti tuk kau petik. Jika kau lolos, jangan lupakan yang memberimu nikmat tadi. Jangan sampai kualitas ibadahmu turun. Tetaplah rajin sholat tahajud, dhuha, shaum sunnah, dkk. Kalau bisa, bantu teman-temanmu yang belum dapat universitas. Belajar bersama. πŸ™‚ Ikut merasakan semangat mereka melahap soal demi soal. Jika belum lolos, bersyukurlah.. Allah telah merangkai kisah lain yang lebih indah untuk diceritakan. Allah telah membentangkan jalan lain yang lebih luas. Teruslah berikhtiar lewat doa dan usaha. Allah menyayangimu.. Believe me. Allah Maha Adil πŸ™‚

183 Responses to SNMPTN Undangan – Sebuah Hadiah dariNya

  1. ditya had this to say about that:

    Kak, saya mau nanya. Skrg saya msh kelas 10 tp udah penasaran bgt sm SNMPTN ini hehe dan berharap dapet SNMPTN undangan.

    Kalau misalnya kita lulus seleksi SNMPTN undangan, apakah kita gak di tes lagi? Kalo gak di tes lagi berarti kita masuk PTN tsb hanya dengan nilai rapor?
    Makasih kak, tlg dijawab yaa πŸ˜€

  2. Sarah Shafira Novianti had this to say about that:

    Assalamualaikum πŸ™‚
    Sebelumnya perkenalkan dulu, aku maba stei itb 2012 jalur undangan. Setuju juga deh sama isabella! Aku juga ga nyangka banget bisa diterima stei itb, undangan pula. Tapi aku bersyukur banget, ini bener-bener anugerah dari Allah swt. πŸ™‚
    Btw, aku suka sama tulisan-tulisan di blog ini. Bermanfaat loh. Kamu stei itb angkatan brp? Salam kenal ya πŸ˜€

  3. lala had this to say about that:

    cerita yang bagus.
    aku juga daftar snmptn undangan, sayangnya belum lolos, aku shock berat, aku takut gimana snmptn tulis nanti… dengan membaca cerita kamu, aku sedikit lebih tenang… terimakasih πŸ™‚

  4. Ima had this to say about that:

    hai kak, aku masih kelas X, udah sangat penasaran sama SNMPTN, inginnya dapet undangan, aamiin…
    beneran kalo peluang cewek masuk STEI ITB besar ?
    ada angin segar dong kalau bener gitu..
    awalnya aku gak tertarik banget sama STEI tapi akhir-akhir ini mulai tertarik
    thanks ya kak, tulisannya menarik banget buat aku πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Kalo dilihat dari fenomena tahunku (banyak cewek yang nyasar ke STEI), bisa jadi sih. Tapi, harusnya.. nggak ada yang namanya kuota khusus gender. Kalo aku mikirnya gini, karena STEI itu passing grade-nya tinggi, banyak cewek yang minder dan nggak mau coba. Padahal bisa jadi nilai dia nggak kecil kecil amat (bisa bersaing lah dengan cowok-cowok). Intinya, kalau memang minat di STEI.. coba aja undangan. πŸ™‚ Semangat Ima πŸ™‚

  5. Nisa had this to say about that:

    Terimakasih cerita pengalamannya ya, terus terang saya jadi terpacu untuk bisa lebih baik. Kebetulan saya juga ingin masuk STEI ITB. Sukses selalu ya kak πŸ™‚

  6. naw had this to say about that:

    hai aku juga mau nanya nih kalau misalnya masuk lewat jalur undangan minimal nilainya berapa ? terus semua nilai mata pelajaran harus meningkat atau rata2 rapornya yang meningkat ???

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      kalau secara pastinya, nggak tau sih minimal nilainya berapa. Kalau nilaiku di rapor, alhamdulillah di atas 80 semua. Kalau naik atau turun, nilaiku dari semester ke semester naik turun, malah lebih sering turunnya. kalo rata-rata rapor, aku belum coba analisis sih.

      sampai saat ini, di ITB masih belum tahu yang dilihat untuk masuk snmptn undangan dari mana. Nggak bijak kalau cuma liat satu kasus aja. Perlu ada survei ke semua peserta snmptn undangan yang lolos. ada banyak sekali faktor, nilai rapor, nama sekolah, pilihan fakultas, dan masih banyak lagi.

      intinya, kalau emang minat untuk ambil undangan dan memenuhi syarat, coba aja! jangan ragu πŸ™‚

  7. nova had this to say about that:

    mbak issabell aku sekarang udah kelas XII nih. dan nilai aku gak stabil-stabil banget serta gak setinggi nilai kak issabell. kira-kira aku bisa gak ya dapetin undangan

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      πŸ™‚ panggil mba Bella aja, berasa aneh dipanggil mba Isabell.
      Kalo dapet atau nggak undangannya, tergantung pilihan universitas dan prodinya. Memangnya nova mau coba daftar di mana?

  8. nova had this to say about that:

    maaf mabk issabel… mau nanya lagi, mbak issabel masuk itb pake sertifikat2 gitu gak?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Kalo dulu untuk ITB, saya pake sertifikat. tapi waktu pengumpulan secara onlinenya nggak ngumpulin. Baru setelah diterima ngasih dalam bentuk hardcopy. Jadi, bisa dibilang nggak pake.

      • nova had this to say about that:

        aku mau masuk IPB mbak bella… hehe… ih enakan mbak issabel tau…. emang mbak gak sibuk kalau di ITB?

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        ya lumayan πŸ™‚

        nova di IPB ambil jurusan apa? Tetep semangat ya. di IPB juga bagus kok.

      • nova had this to say about that:

        maunya sih teknologi pangan mbak… tp sebenarnya undangan itu dilihat per mapel atau rata-rata mapel ipa nya?
        punya facebook gak mbak?

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        undangan dilihat dari mana? wah kurang tahu.. tapi kalo prediksiku sih, dari nilai mapel ipa atau ips. πŸ™‚ Punya.. isabella kirei (tapi nggak bisa di search kalo nova belum ada mutual friend sama saya). hehe πŸ™‚ akun facebooknya nova aja deh apa, nanti aku aja yang add nova/

  9. dea had this to say about that:

    kak, ITB gak ada jalur PMDK ya? kenapa?
    ya Allah, pengen masuk STEI ITB tahun depan πŸ˜‰
    mohon bantu do’anya ya kakak2, teman2 πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      PMDK? Bukannya sekarang PMDK tuh udah bisa terfasilitasi lewat snmptn undangan ya? kan sistemnya mirip, tanpa tes, yang dilihat nilai rapor. Pengen masuk STEI? Wah.. ayo semangat belajar! Aamiin, semoga Allah memudahkan dea untuk masuk ITB.

      • nova had this to say about that:

        Nova Ismail…
        i’m waiting for u mbak issabel

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        udah aku search.. tapi kok banyak ya? jadi bingung harus add yang mana.

      • Fitri had this to say about that:

        mbak bella, aku juga pengen nanya nanya tentang ITB nih. Tapi banyak yg mau ditanyain πŸ˜€
        biasanya ITB itu mulai membuka pendaftaran mahasiswa barunya kapan mba? aku pengen banget jadi mahasiswa ITB πŸ˜€ hehe

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        silahkan tanya2 πŸ™‚ Buka pendaftaran baru, biasanya sama kaya universitas lain kok. Ngikut pemerintah. Kalo tahun depan masih ada snmptn berarti ngikut jadwal snmptn. Yang beda tuh, daftar ulang dan mulai kuliahnya. Biasanya ITB lebih cepet ketimbang yang lain.

      • Fitri had this to say about that:

        mba bella itu kan lewat jalur snmptn undangan ya, itu soal tesnya susah ngga mba? bedanya sama snmptn tertulis dan undangan apa? oiyah aku pengen berteman sama fbnya mba bella dong, tapi ko gabisa di add πŸ™ heem

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        kalo undangan pake nilai rapor. Kalo soalnya, pasti susah.. tapi kalo belajar insya Allah bisa. πŸ™‚ Nggak bisa add? Iya, emang harus ada mutual friend dulu. Saya udah add Fitri πŸ™‚

      • nova had this to say about that:

        novaismail@rocketmail.com
        maaf baru bales, bru punya pulsa hehe

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        gpp.. coba cek facebook πŸ™‚ sudah saya add.

  10. reza sugiarto had this to say about that:

    mba, saya kelas XII nilai cukup konsisten naik tapi pas kelas 2 semester 1 turun(maklum lagi banyaknya organisasi) nilai juga tidak setinggi mba,. nah saya mau tanya kira-kira pengambilan siswa yang pantas undangan itu seperti apa, dan sistemnya mba. terima kasih

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wah.. bagus itu kalau naik nilainya di kelas 12 ini. Udah tahu berita dihapus snmptn tulis? Kemungkinan tahun ini.. penerimaan mahasiswa baru, khususnya di ITB lewat jalur snmptn undangan. Yang dilihat tentu nilai rapor dan nilai ujian nasional. Saya kurang tahu sih, sistem sekarang kaya gimana. Coba ditanya langsung aja ke guru BK (Bimbingan dan Konseling). Atau bisa juga lihat di website dikti.

  11. hilda had this to say about that:

    alhamdulillah.. syukron ukhti infox sangat berguna buat saya.
    insya Allah tahun depan dengan berbekal nekad mncoba d ITB. do’akan. ^^

  12. Aryant had this to say about that:

    kak Bella… bgini kak nilai IPA sy dri kelas X smpai klas XII smeseter 1 itu cukup konsisten, tpi konsistennya cuman dikisaran 80 an gk lebih dri 90 , bhkan klas 1 sja nilainya 78 tpi smester ke smester ada peningkatan… apa ad kmungkinan sy lulus di FTTM atau FTI ITB ????

  13. ijon sinaga had this to say about that:

    kak saya mau nanyak ni,
    nilair raport yang digunakan untuk snmptn undangan mulai dari semester 1-5 atau 3-5 ?

  14. Faisal had this to say about that:

    Kak klw Fmipa Itb t kyk gmana ea? :-);-)
    salam knal kak ak dr padang?

  15. Nurul Mawaddah had this to say about that:

    Kak bella, boleh nanya gak kalau peluang masuk Fasilkom (Fakultas Ilmu Komputer) UI peluangnya besar gak ya? Yang dilihat itu nilai rata-rata rapor atau nilai rapornya kak? Dari semester berapa sampai berapa kak? Makasih kak.:)

  16. krishna had this to say about that:

    katanya status sma ikut di perhitungkan, mbak bella dari sma mana dulu? terus alumni sma mana aja yang banyak di itb?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      iya.. status sma diperhitungkan. saya dari SMA 1 Purwokerto, Jawa Tengah. Yang banyak di ITB? SMA3 Bandung mungkin yg banyak di ITB. Tapi yang dari daerah juga banyak kok. Jangan terlalu terbebani dengan asal SMA Krishna.. dicoba aja dulu. Ada juga kok, yang sebelumnya dari SMA itu belum ada yg masuk ITB tapi bisa masuk ITB. πŸ™‚

  17. BRYAN DENOV had this to say about that:

    Kak, Aku Bryan dari SMA N 10 PADANG.. Kak, ceritain dong gimana STEI ITB tuuh?? Trus prospek kerjanya gimana? Khususnya TEKNIK TELEKOMUNIKASI kak.. Makasih kak πŸ˜€

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Salam kenal Bryan. πŸ™‚ STEI ITB itu terkenal dengan prospek kerjanya memang. Hehe πŸ™‚ Teknik Telekomunikasi ya? Hm.. kakak ga bisa jawab nih. Mungkin bryan bisa googling sendiri. Tapi secara keseluruhan STEI ITB prospeknya kerjanya bagus semua.

  18. bella had this to say about that:

    Kakak dari SMA mana? πŸ™‚

  19. irvanda adam pramono had this to say about that:

    kak, apakah semua prodi selalu menuntut kita untuk bisa berbahasa inggris?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      hm pertanyaan yg bagus Irvanda Adam Pramono πŸ™‚ Kalau di ITB sebenarnya hampir semua menuntut kita untuk punya dasar bahasa inggris. (nggak harus udah pinter sih). Kenapa? Karena, literatur utama yang dipakai kebanyakan mata kuliah di ITB berbahasa inggris. Irvanda berminat ke ITB? Belum merasa bisa bahasa inggris? Jangan takut^^ Saya juga bahasa inggrisnya belepotan. Di ITB nanti akan ada matakuliah bahasa inggris, insya Allah itu bisa membantu. Intinya jangan minder masalah bahasa inggris, kalau ada keinginan yang kuat. Insya Allah akan ada jalan^^

  20. bella had this to say about that:

    Saya masuk ITB kak, tapi jurusan sipil hehehe, saya sma global islamic school jakarta, mungkin ga yah kak?

  21. nailnabillazain had this to say about that:

    kak sebelumnya aku terharu banget mbaca blog ini. Aku mau tanya jadi masik ana kemungkinan ya kalo nilai rata-ratanya ada yg turun? aku sih turun 0, berapa gitu. Denger2 sih nggak boleh turun. Aku pengen banget FMIPA ITB :))))

  22. BRYAN DENOV had this to say about that:

    Biaya hidup disana gimana kak? πŸ˜€

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Biaya hidup di bandung memang tinggi. Tapi bukan berarti susah untuk kuliah di bandung. Ada banyak beasiswa yang disediakan ITB maupun dari luar ITB. πŸ™‚ Juga tinggal pintar2nya kita memilih tempat kos, tempat makan, dan tempat cari kebutuhan lain.

  23. BRYAN DENOV had this to say about that:

    Doakan aku lulus STEI tahun ini yaa kak πŸ˜€

  24. Retnadiah P had this to say about that:

    Kak mau nanya ni. Saya mau masuk itb jalur undangan, tapi nilainya gk sebagus kakak. trus saya juga dari madura. bisa nggak ya kak masuk itb??

  25. Havizha widya had this to say about that:

    kaka, makasih banget blog nya jadi pd nih ikut snmptn undangan hehehe. kak, kalau ikut snmptn undangan itu yang di liat dari nilai persemesternya atau dari akreditasi sekolahnya?

  26. mirza had this to say about that:

    Kak, aku dari sman6 plg. Nilai rata” aku diatas 82-85 kira” peluangnya gimana ? Terus ada alumni di itb 3 orang. Kira” ada pengaruhnya gk ya? Aku minat di FITB.

  27. veby had this to say about that:

    kak, makasih banget infonya u,u aku sebelumnya udah stress krna nilai ada yg turun. takutnya ga bisa undangan πŸ™ kan kabar2nya tahun besok2 ini undangan liat semua nilai kecuali mulok. aduh ips ku ancur kak -_- gimana dong u,u

  28. irvanda adam pramono had this to say about that:

    iyaa kak, tpi kan nilai rapot dri smt 1-5 harus meningkat dan minimal konsisten, tpi kenapa kakak bisa masuk itb dengan nilai rapot yg naik turun gk stabil.. kalau gitu, penilaiannya darimana kak?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Haduh kurang tahu Irvanda, makanya saya kasih judul “Sebuah Hadiah”. Soalnya saya pribadi ngerasa nggak pantes masuk ITB. Hm.. Rencana Allah memang indah dan tak terduga. Makanya, buat siapapun yg minat daftar ITB saya sarankan untuk dicoba dulu. Adapun penilaian masuk ke ITB, saya sendiri kurang tahu parameternya apa saja, dan porsinya berapa. Oh ya, nasihat saya : jangan terlalu fokus pada hasil, tapi fokuslah pada prosesnya. Usaha dan Doa. Usaha dan Doa. Adapun hasil, itu sudah masuk wilayah kekuasaan Allah πŸ™‚ Semangat!

  29. widhi had this to say about that:

    assalamu’alaikum…
    Saya mau tanya, kalu untuk masuk fasilkom ui kira2 rata2 nilai rapot harus brp yaa?
    syukron

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      wa’alaikumussalam.. widhi udah pernah tanya juga ya sebelumnya? Mm.. maaf sebelumnya, tapi kayaknya salah tempat deh. Saya bukan anak UI, jadi nggak tahu juga rata2 nilai untuk masuk fasilkom ui.

  30. Neneng Rika Lestari had this to say about that:

    Assalamu’alaikum ka .. mau tanya ..
    nilai aku itu rata-rata 70an alhamdulilah semester 5 naik jadi 80 .. tapi ka aku gayakin banget bisa masuk fakultas SAPPK atau FTI. alumni di sekolah aku juga belum ada yang masuk ITB kira-kira peluang masuknya ada gak sih buat aku ka ??

  31. Hana had this to say about that:

    mbak bella,, saya mau tanya kalau yang bidik misi itu maksudnya gimana ,?
    apa peluang diterima kita jadi lebih kecil ,?
    kalau misalnya bidikmisi kita gak jebol, apa kita langsung gugur juga ,?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Bidik misi itu beasiswa yang diberikan pemerintah untuk yg berprestasi tapi nggak mampu. Bidik Misi insya Allah nggak akan mengurangi peluang kok πŸ™‚ Yang dilihat pertama itu, kita lolos ITB atau nggak.. habis itu baru bidikmisi. Jadi, bisa aja kita masuk ITB tapi nggak dapet bidik misi. Di ITB ada banyak beasiswa kok πŸ™‚ Jadi yang penting masuk ITB dulu^^

  32. leni afiroh had this to say about that:

    kak aku leni dari sma 2 semarang,jawa tengah,kak bagaimana dengan nilai yang rata-rata itu progress terus dari 80 hingga mencapai 87.apakah kira-kira mampu bersaing dengan siswa lainnya kak??
    terus dari segi sekolah statusnya ex RSBI kak πŸ™‚
    oh iya kalo aku punya piagam kejuaraan paskibra tingkat provinsi itu juga membantu nggak kak ??
    aku insyaAllah mau ambil jurusan FTTM pd pilihan pertama dan SF pada pilihan kedua kak ? menurut kakak kalo perempuan ambil FTTM bagaimana? trimakasih πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      salam kenal leni πŸ™‚ Insya Allah mampu bersaing^^

      Dicoba aja daftar ITB sesuai minat. Perempuan ambil FTTM? Nggak papa kok. Dua tahun kemarin perempuan yang daftar FTTM juga banyak. πŸ™‚ Ayo semangat^^ ditunggu di ITB πŸ™‚

  33. leni afiroh had this to say about that:

    kak aku leni dari sma 2 semarang,jawa tengah,kak bagaimana dengan nilai yang rata-rata itu progress terus dari 80 hingga mencapai 87.apakah kira-kira mampu bersaing dengan siswa lainnya kak??
    terus dari segi sekolah statusnya ex RSBI kak
    oh iya kalo aku punya piagam kejuaraan paskibra tingkat provinsi itu juga membantu nggak kak ??
    aku insyaAllah mau ambil jurusan FTTM pd pilihan pertama dan SF pada pilihan kedua kak ? menurut kakak kalo perempuan ambil FTTM bagaimana? trimakasih

  34. pupud had this to say about that:

    Assalamualaikum πŸ˜€

    kak, kan kakak bilang tadi ada sekolah yang sebelumnya belum ada yang masuk ITB, tapi diterima lewat jalur undangan..

    ada juga yang di jurusan STEI gitu kak?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumussalam ww.. Iya πŸ™‚ Kenapa memang? Rencana Allah memang tak terduga-duga. Teman kakak juga ada yang jadi generasi pertama yang diterima di ITB (sebelum dia, belum ada yang melanjutkan sekolah ke ITB), STEI pula, perempuan juga.. See? Ada begitu luas kemungkinan, dan perihal hasil.. itu memang wilayah kekuasaan Allah. Yang harus kita lakukan cuma menunjukkan doa dan usaha terbaik kita kepada Allah. Cukup itu. πŸ™‚ Pupud mau masuk ITB juga? Jangan ragu ya.. dicoba aja πŸ™‚

      • pupud had this to say about that:

        Uwaa!! makasih banyak yah kak.. πŸ˜€

        iya kak, Insya Allah masuk ITB ya kak,
        hehe

        kalau menurut kakak nih,
        apa yang dilihat ITB dalam jalur undangan kak?

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        ini mungkin ya tapi πŸ™‚ kemungkinan sama aja kaya universitas lain. Nilai, prestasi, asal sekolah.

      • pupud had this to say about that:

        hehe, oke deh kak.. πŸ˜€
        makasih sekali lagi ya kak…

        Insya Allah memberi yang terbaik untuk kita ya kak, hehe πŸ™‚

      • pupud had this to say about that:

        kak,kak,mau nanya lagi deh..hehe

        kemarin kka pilihan pertamanya kan stei, pilhan kedua kka apa?

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        pilihan kedua? hehe πŸ˜€ jadi malu. saya ITB cuma milih STEI. nggak ngisi pilihan fakultas ke 2 dan ke 3.

      • pupud had this to say about that:

        oiya kak, nanya lagi yah kak, hehe

        kalo di stei itu kita belajar apa aja kak?
        sering megang komputerlah ya kak? πŸ˜€

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        di STEI, kalo tahun pertama masih sama kaya yang lain, belajar kalkulus, fisika dan kimia. Ada juga matakuliah pengenalan program studi seperti PTI-A (Pengenalan Teknologi dan Informasi – A) dan DRE (Dasar Rangkaian Elektrik). Sering megang komputer? Hehe πŸ˜€ Kalo mau sering megang komputer, nggak harus di STEI juga bisa sering. hehe. Di STEI itu, belajarnya tergantung jurusan yang nanti dipilih sih. πŸ™‚

  35. Angga Ratna had this to say about that:

    kak, aku dari sma 3 semarang, pengen banget masuk ke FTI ITB. nah tapi liat di website usm itb itu tngkat kesulitan di fti tinggi banget. jadi minder nih. tapi setelah liat blog kakak, aku jadi semangat, pantang menyerah, karena nothing is impossible bagi kekuasaan Allah SWT. mohon doanya ya kak u,u

  36. Rohman had this to say about that:

    Assalamu’alaikum.
    Ka kalau dari smk yang diambil dalam nilai rata”nya itu mapel apa saja .
    Terima kasih

  37. sonia had this to say about that:

    assalamualaikum kak bella πŸ™‚ aku mau tanya kalo masuk sappk khususnya planologi apa dituntut harus bisa nggambar? kayak teknik sipil?
    makasih πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumussalam warahmatullah sonia πŸ˜€
      Saya kurang tahu sih. Tapi seharusnya planologi, kemampuan gambarnya nggak begitu dibutuhkan seperti di arsitektur. Kalo di teknik sipil, kakak nggak tahu ada gambar2 atau nggak.

      Memangnya kenapa sonia? Just for info, sebelum penjurusan.. SAPPK ada matakuliah TekPres (*tulisannya nggak tahu harus gimana), nah.. setiap mahasiswa TPB bisa dapat TekPres Arsitektur atau Planologi, nggak bisa milih. Jadi, mereka yang dapet Tekpres Arsitektur, mau nggak mau harus ngegambar juga.

  38. ida had this to say about that:

    kak aku mau tanya, kalau nilai rata-rataku dari semester 1-5 77,1 77,75 80,9 81,2 81,5 trus aku mau masuk fakultas biologi UGM lewat jalur undangan. kira-kira diterima gak ya kak? terimakasih

  39. Rohman had this to say about that:

    Ka,boleh tanya kalo yang daftar bidik misi diterima di ptn,tapi gak dapet bidik misi apa kita masih diterima ptn ?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      kalau di ITB, insya Allah tetap diterima. Tapi, kalau di PTN lain.. kakak kurang tau Rohman. coba tanya ke mahasiswa ptn yang kamu pengen daftar.

  40. Rohman had this to say about that:

    Ok,ka makasi .

  41. rama had this to say about that:

    Saya rama dari depok… Setelah baca” blog ini saya jadi tambah semangat buat kedepannya… Mau tanya kak kalo peluang untuk masuk teknik kimia ui dengan jalur undangan besar/tidak ya? πŸ™‚ makasih

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Salam kenal rama.. πŸ˜€ senang bisa menyemangati^^
      Tapi untuk pertanyaannya, kakak ga bisa jawab nih. Coba deh, tanya ke anak ui saja. hehe πŸ™‚

  42. Ardi had this to say about that:

    Kak, pengen nanya ni, persaingan’y lebih tinggi di FTI atau STEI ? Makasih sebelum’y πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      ini setau saya ya.. kalo salah mohon dimaklumi. 2011 STEI, 2012 FTI. πŸ™‚ Minat calon mahasiswa ITB tiap tahun berbeda.^^
      Memang kenapa Ardi? Saran saya nih, pilih saja fakultas yang kamu minati. Adapun persaingan, jangan terlalu dipikirkan. Kehidupan ini, pasti penuh dengan persaingan. Jangankan untuk masuk fakultas, untuk masuk ITB, bahkan untuk melanjutkan ke universitas.. akan ada persaingan. πŸ™‚ Semangat!

  43. Mimi rekha arditha had this to say about that:

    Kak Bela terharu baca ceritanya kak bela :’) , aku ingin sekali bisa masuk ITB tahun ini, sekarang masih menunggu pengumuman SNMPTN undangan kak, walaupun aku sadar betul, selama ini belum ada alumni dari SMA yang melanjutkan ke sana dan nilai ku juga tidak sebagus kakak seperti diatas, tapi aku selalu berharap semoga Allah memudahkan semua nya, πŸ™‚

  44. Nes had this to say about that:

    hai, ka, salam kenal,…:)
    ka tempat ngekos disana yg paling dekat ke itb, (ya.. paling tidak mungkin dibawah 500rb dgan bisa sampai dengan cmn jalan kaki mungkin beberapa menit aja udah smpe) apa ada ya ka? trus apakah ospek di sana serepak untuk semua fakultas, atau ada beda tanggal klo ya, STEI, dan FTTM , dan FTI kr2 kpan ka? lalu biasanya ospeknya berapa lama?

    Terima kasih

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      salam kenal πŸ˜€
      kosan? cisitu, plesiran, kebon bibit, taman hewan. semuanya dekat itb.. kalo cari yang murah, ya.. harus survei. harga kosan di bandung beragam banget, dari yang murah sampai yang mahal banget.

      ospek? kalo di ITB namanya OSKM. Saya kurangtahu kapan. Yang jelas, semua mahasiswa baru waktu OSKMnya sama. πŸ˜€

  45. Nes had this to say about that:

    Hi, ka, salam kenal, panggil aja, aku Nes, mau tya kak, kira2 kpan ya dimulai tahun ajaran baru untuk thun 2013, dan kapan juga mulainya ospeknya kira2?

  46. Nes had this to say about that:

    lalu ka’ untuk STIE biasanya mulai kuliahnya bulan apa? dan waktu angkatannya kaka’ mulainya kapan?

  47. sherly had this to say about that:

    Kak sya pengen masuk itb.. Tpi nilai raport saya sejak semester 1 tidak lebih dari 80. Skarng saya baru klaas XII kak. Saya ingin msuk jurusan manajemen.. Kira* bisa gak kak πŸ™‚
    Makasih πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Allahua’lam sherly. Kakak juga nggak tahu, standar nilai untuk masuk ke SBM (manajemen ITB). Tetep semangat belajarnya, jangan lupa dibarengi dengan doa.

  48. sherly had this to say about that:

    Iya kak mohon doanya ya πŸ™‚

  49. Fahmi had this to say about that:

    Ka, saya mau tanya nih. Kalo rata-rata nilai raport kaka waktu semester 1, 2, 3, 4, 5 berapa aja? maaf pertanyaannya kalo agak ribet huehehe

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      rata-rata raport. well.. susah jawabnya. hehe. kalo dari nilai mipa dan bhs inggris. diatas 8.

      kenapa fahmi? daripada pusing mikirin rata2 nilai. Mending persiapkan nilai terbaik kalau memang mau coba undangan.

  50. Dinda Wanodya S had this to say about that:

    Kak Bella untuk masuk jalur undangan ini yang dilihat nilai rata-rata rapor total atau beberapa nilai rata-rata mapel? Karena saat ini nilai rapor total semester 2 saya naik tetapi nilai beberapa mapel turun. Apakah mungkin bisa masuk? karena saya takut jika waktu kelas XII rapor yang digunakan dari semester 1-5?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      kurang tahu dilihat beberapa aja atau semua. tapi kemungkinan semua, dengan beberapa mapel yg jadi perhatian khusus.
      iya, biasanya yg dipakai semester 1-5. Dulu juga kakak nilainya turun kok. tapi alhamdulillah masih bisa masuk (turunnya nggak jauh2 sih.)

  51. Rara had this to say about that:

    Assalamualaikum kak πŸ˜€ , mau nanya, dulu kakak ikut kelas akselerasi apa tidak?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumussalam warahmatullah. Saya bukan anak akselerasi. Alhamdulillah jalur normal saja. Kenapa memang?

      • Rara had this to say about that:

        okee makasih kaak.. soalnya di sma saya tahun lalu yang masuk STEI ITB hanya 2 orang dan dua nya anak akselerasi. Takutnya peluang masuk dari kelas yang reguler lebih kecil daripada yang akselerasi ._.

  52. Lyranisa had this to say about that:

    Assalamualaikum kak,
    Ada yang bilang kuliah di ITB itu berat, tugas numpuk, begadang mulu, dapet IPK >3 susahnya minta ampun. Emang bener ya ka?-_-
    Bukannya ga mau belajar, tp ya kalo se-ekstrim itu, kuliahnya ga have fun dong?hehe

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      wa’alaikumussalam warahmatullah Lyranisa. Banyak yang bilang ITB emang gitu sih. Hehe. Tapi sebenernya, semua hal di atas nggak se-ekstrim yang kamu denger kok. Memang ada beberapa mahasiswa yang terbebani dan nggak fun. Tapi banyak kok yang menikmati. Bahkan ada yang bisa dapet IP bagus dan aktif di unit/himpunan/KM.

      it’s not as bad as you hear from people. Terkadang kita harus memberanikan diri mencoba sendiri. Dan akhirnya menentukan apakah segala hal yang mereka sebut benar/tidak. Kalaupun benar, sebenarnya.. masih ada banyak hal yang bisa buat kuliah kita di ITB jadi fun.

  53. Riandi had this to say about that:

    Kak isabella, sekolah saya (SMAN 8 Bekasi) tidak pernah meloloskan alumni satupun ke ITB, apakah peluang saya masuk ke ITB lewat jalur undangan ke fakultas STEI tetap besar?
    Sekedar info : nilai raport saya sm 1 : 82, sm 2 : 83, sm 3 : 84 , sm 4 : 86, sm 5 dan 6 lagi proses πŸ™‚
    dan sertifikat : – olimpiade komputer kota bekasi 2012, 2013. – Finalis Web design di UGM tingkat nasional.
    Terima kasih perhatian dan sarannya jika berkenan kak πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      In syaa Allah masih besar peluang ke STEI. Tahun ini, yang saya tahu, ada siswa dari SMA N Jatilawang diterima di ITB. Sebelumnya, dari sekolah tersebut belum ada yang masuk ke ITB.

      Begitupun Riandi, masih ada peluang untuk diterima di ITB. Yang penting, Riandi berusaha dan berdoa. Semoga.. Riandi bisa jadi perintis dari SMA 8 Bekasi yang diterima di ITB.

  54. maida had this to say about that:

    asslamualaikum,hai kak aku maida
    aku pengen bangat masuk ITB,tapi aku gak tau jurusan apa yang cocok dengan aku.skrang aku klas 3 SMA sbentar lagi UN Doa in aku ya kak biar lulus dgn nilaiyg memuaskan.oh ya kak jurusan apa yg banyak peluang penerimaan mahasiswa undangannya di ITB?mksh kak

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      wa’alaikumussalam warahmatullah. Salam kenal maida! Sip,sip. Aamiin. Semoga dimudahkan dan dilancarkan. Perkuat usaha dan doanya. In syaa Allah hasilnya akan memuaskan.

      jurusan dengan peluang besar? wah maaf maida, saya kurang tahu secara pasti. namun, bisa tuh dicoba mendaftar jurusan baru di ITB. SITH – rekayasa.

  55. Destiani F. Ramadhani had this to say about that:

    Mba Bella, aku dari SMA N 1 Purwokerto juga lho. Salam kenal:D Aku tertarik snmptn nyoba SITH, tapi dari data kakak kelas tahun ini yg lolos snmptn ITB ga ada yg SITH. Terus ada kakak kelas yg ga ambil undangan di teknik sipil ITB pdhl diterima, apa bisa mempengaruhi kuota selanjutnya? Menurut mba Bella, peluang biar bisa lolos itu kira-kira nilai rapor apa aja yg perlu diperhitungkan?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Salam kenal Dhani^^
      tahun ini ga ada? tahun 2011 dan 2012 ada kok. *saya nggak tahu sih, rinciannya mereka lolos dari undangan/tulis. hehe
      Kalo terkait kakak kelas yang ga diambil undangannya, saya kurang tahu. itu terkait kebijakan di ITB. semoga saja tidak mempengaruhi.

      sebenernya untuk pastinya, saya kurnag tahu nilai rapor apa saja yang diperhitungkan. namun, kemungkinan besar yang dilihat adalah nilai mafikibio dan bahasa inggris. semangat belajar dan berdoa yaa.. semoga sukses masuk SITH ITB. see you in Bandung..

  56. dhani had this to say about that:

    Mba Bella, salam kenal, aku juga dari SMA N 1 Purwokerto, tahun depan insya Allah mau UN nih hehe. Aku tertarik SITH biologi kalau ngga mikrobiologi. Kata guru BK, nilai yg diutamakan itu bio sama bahasa Inggris. Kalau menurut mba Bella, kemungkinan biar bisa lolos SNMPTN itu paling ngga nilainya kisaran berapa? Terus kalau ada kakak kelas yg sudah diterima tapi ga diambil, apa mempengaruhi kuota tahun selanjutnya?

  57. Yen had this to say about that:

    Saya seorang Ibu …lg surfing di internet, cari cari info kuliah untuk anak saya yang Insya Allah tamat tahun 2014 ini. Tulisan ananda Bella di blog ini bagus banget, terasa natural dan inspiratif. Semoga sukses dalam kuliahnya dan teruskan berbagi pengalaman yg dapat memberi semangat pada adik adik pembaca.

  58. Cindy had this to say about that:

    Hai kak, Salam kenal. Saya kelas XII. Berminat mengambil jurusan SAPPK (Planologi). Rata2 nilai saya sampai semester 4 itu 87, khusus buat nilai IPA. Semuanya ningkat, kecuali bahasa inggris wkt semester 2 turun dr 90 ke 89. Sama pelajaran Komputer turun 3 angka tp tetep 80an hehe. Yg lain nya meningkat. Dr sekolah saya ada 3 orang (beserta saya) berminat mengambil jurusan SAPPK. Dan rata2 mereka lbh tinggi. Tp saya udah minat bgt kak, walaupun memang MM dan Fisika belum “master” hehe. Kira2 gmn ya kak? Atau kakak bs email aku gitu hehe? cindyyfbs@gmail.com
    Makasih kak πŸ™‚

  59. Cindy had this to say about that:

    Walaupun aku ga dari kelas unggulan yang rata2nya pasti diatasku kak? Dan lagi aku ga pinter2 bgt di bidang MM sm Fisika kak.. Tp udh niat bgt juga kak.. Haduuu.. Hehehehe.. Maaf ya kak ribet..

  60. Febry had this to say about that:

    wah keren artikelnya.Saya sendiri kelas xi dan berencana masuk ke ftsl itb atau sappk itb.Kalau dilihat dari nilai saya dari sem 1 sampai sem 2,alhamdulillah lumayan tinggi bakan naik semua.
    Dan barusan saya bagi rapor sem 3 saya lgsung shock kesemuanya ningkat tapi ada 3 mapel yang turun drastis,b.indo turun 2 poin,biologi turun 9 poin, mate turun 6 poin, cuma mapel un yg lain seperti fisika tetap,kimia naik 1 poin, b.ing naik 8 poin.Selain itu di semester ini saya mendapat 2 sertifikat juara tgkat prov dan tingkat nasional.
    kalau diliat dari target saya,pencapaian saya sjau ini, gimana ya peluangnya,mbak??
    trimakasih

  61. gibon had this to say about that:

    salam kenal kak, saya masih kelas xi mau nanya ni kak, bella,, melihat tulisan kakak di atas berarti matematika sangat penting untuk syarat masuk stei? seberapa penting kaka bella?

  62. gibon had this to say about that:

    kak bella kira-kira seberapa ngaruhnya piagam finalis OSN tingkat nasional matematika,ketika saya mau ngambil jurusan teknik, raport semester saya yang barusan saya ambil khusus untuk pelajaran eksak dan yang di unaskan rata2 85, apakah dapat mendukung kelak saya kalau mau masuk itb, sedangkan alumnus sekolah saya ada sih tapi di FMIPA jurusan matematika. namanya kak dian sito rukmi dari sma semesta semarang, beliau juga dari anak olimpiade juga,tapi saya pinginnya di teknik, menurut kak bella peluang saya gimana?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      in syaa Allah ada pengaruhnya. Selain TOKI, banyak kok yang di STEI pengalaman olimpiadenya di MIPA. Baik itu matematika, fisika, kimia, maupun astronomi. Peluang masih sangat besar. Dicoba saja.. sukses yaa

  63. gibon had this to say about that:

    salam kenal kak, bella… postingannya bagus banget memberi harapan dan kekuatan kami dalam menyongsong snmptn kedepan, semoga cita-cita kami semua bisa terwujud untuk dapat mengenyam pendidikan di jl. ganesha kelak,,,amin…

  64. Annisa F Hanani had this to say about that:

    kalau boleh tau, kkm kakak pas SMA berapa ya kak? soalnya katanya kkm juga berpengaruh kak. salam kenal πŸ™‚

  65. fadly erwil prasetya had this to say about that:

    kak ada dua teman saya,sebut saja namanya A dan B . Jadi si A milih fakultas yang ada di itb yang passing gradenya lebih tinggi daripada fakultas yang dipilih si B. Sementara nilai si B lebih tinggi dari pada si A.Menurut kakak, gimana peluang si A?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Peluangnya pasti ada Fadly. Setiap orang punya minat masing-masing. Baik A maupun B tidak ada yg salah. Bukan berarti yang nilainya lebih tinggi harus ambil fakultas yg passing grade-nya lebih tinggi juga. Begitu juga sebaliknya. Walaupun, secara logika, kita mungkin akan meremehkan si B. Tapi takdir Allah kan siapa yg tahu. Hehe. Jangan malu berdoa untuk yang terbaik. Bahkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam mencontohkan kita untuk meminta surga firdaus (surga yg paling tinggi). Allahua’lam

  66. vicha had this to say about that:

    Assalmuaalaikum kak bella. Aku vicha dari sma1sragen. Kak, tahun ini insyaAllah aku lulus. Kak nilaiku per mapel dari smt 1-5 grafiknya naik turun. Terus nilai rata2 per smster, dari smt1-4 alhammdulillah rat2nya naik. Tpi smt 5 rata2 rapot ksluruhannya turun :(. Aku pgn nyoba stei sama stsl itb, tp aku takut kalo nilai rata2 ksluruhan rapot juga dilihat πŸ™ tp stlh baca blog kkak ini sya jd semangat lagi :). Saya percaya sama Allah πŸ˜‰

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumsalam warahmatullah. Alhamdulillah vicha. Memang benar, kita harus percaya sama Allah. selain tentunya berusaha, kita tahu bahwa di ranah takdir/keputusan bukan usaha kita yang menentukan. Tapi Allah. Ayo seimbangkan usaha dan doanya!

  67. Nindy had this to say about that:

    Kak aku nindy kelas 11 di jkt. aku pengen bgt masuk fitb itb, itu nilai yg diliat 4mapel mipa itu atau mapel tertentu aja ya yg ada di mipa?

  68. Rizka T.B had this to say about that:

    Assalamualaikum, ka terima kasih saya termotivasi untuk selalu dekat denganNya, iya ka, Allah selalu memberikan yang terbaik kepada hambanya, terkadang kita memang lupa akan rasa syukur. doakan ya ka tahun 2014 saya bisa masuk FTI ITB jalur undangan πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumsalam warahmatullah. Salam kenal rizka. In syaa Allah. Tetap semangat belajar dan berdoa. Semoga Allah memudahkan dan melancarkan langkah Rizka untuk meraih cita-cita Rizka.

  69. Akira Nadhira had this to say about that:

    Mbak Bella, makasih ya atas tulisannya,, aku jadi terinspirasi… Hehe… Kak klo peluang masuk FTTM ITB di SNMPTN Undangan besar gak ya ka?? Sudah jadi bagian dari impianku buat masuk FTTM ITB kak … Makasih n ku tunggu balasannya…

  70. gibon had this to say about that:

    kak bella, maaf, nih ada aturan baru tentang kriteria jalur masuk snmptn undangan untuk tahun 2014 tahun ini rapor + hasil unas + prestasi lain… menurut kak bella bagus mana hasil UN diikutin kriteria seleksi lebih adil, deh kak perasaannya sebab kalau rapor doang kayaknya masih terlalu mudah untuk dimanupulasi. walaupun berbagai sanksi telah ditimbulkan akibat kecurangan nilai rapor….kalau menurut kak bella gimana kak?

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Nilai rapor saja memang tidak selalu valid, mungkin penambahan hasil UN bisa menambah kevalidan. Walau jujur saya pribadi masih merasa miris, karena faktanya banyak siswa SMA yang mencontek ketika UN (baik mencontek teman atau mencari bocoran jawaban). Allahua’lam. Semoga SNMPTN Undangan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

  71. andik had this to say about that:

    terimakasih kak bella, sangat bermanfaat πŸ™‚

  72. Muthmainnah had this to say about that:

    Kak, aku sekarang kelas XII dan aku punya minat pengen masuk STEI ITB. Nilai aku sih rata2 naik tapi ranking aku turun drastis, kira2 pengaruh ga kak klo mau masuk lewat jalur undangan? Trus klo mau masuk jurusan IT apa harus pinter otak atik komputer? Aku tinggal di sumatra, kira2 susah ga kak persaingannya klo mau masuk ITB? Aduh maaf kak klo banyak nanya, tolong dijawab ya kak πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Pengaruh nilai pasti ada Muthmainnah.. Tapi dicoba dulu aja (: Gak harus pintar otak atik kok, kan di sini kita belajar. Kalau tentang daerah asal, in syaa Allah bisa kok dari daerah mana pun masuk ITB.

  73. MhdSyarif had this to say about that:

    Cerita yang bagus, dulu aku juga tidak menyangka bisa kuliah di STEI ITB.
    Good Luck.

  74. Wulan had this to say about that:

    Assalamu’alaikum
    Hai kak Bella, kenalin namaku wulan. Aku juga pengeeen banget nih masuk ke STEI ITB ambil jurusan TI
    Tapi saya ini dari SMK dan kebetulan ambil jurusan TI juga, apakah masih ada peluang SMK untuk masuk ITB melalui jalur snmptn maupun bidik misi?
    Dan alhamdulillah nilai saya diatas KKM
    Dari semester 1-5 ini alhamdulillah saya mendapat ranking 1 kecuali semester 2 saya ranking 3. hehee.
    Emmhh. maaf ya kak kalo kepanjangan. Pengenn tau banget ini. hehehee
    Salam kenal kan πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumsalam warahmatullah. Salam kenal wulan (:
      SMK ya? Wah kakak kurang tahu wulan bisa atau tidak. Coba wulan cari-cari di google. Sejauh yang saya cari, bisa in syaa Allah ikut SNMPTN asalkan jurusan yang dipilih sesuai dengan jurusan di SMK. Kalau bidikmisi, in syaa Allah bisa. Kalaupun tidak, di ITB ada banyak beasiswa yang bisa membantu pembiayaan kuliah maupun biaya hidup. Dicoba saja wulan. Semoga Allah memberikan yang terbaik.

  75. Rez D had this to say about that:

    Assalam kak.. aku dri sma di indralaya utara, palembang. Aku ingin masuk jurusan FITB buat undangan 2014 pilihan kedua. nilai rata-rata 82. alumni 2 orang. Kira – kira saya lulus tidak? terima kasih

  76. Febrii had this to say about that:

    kak, dulu kak Bella SNMPTN pilih apa aja?
    selain STEI, pilihan keduanya apa

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Kakak dulu pilih ITB cuma STEI. Hehe. Trus, kalau di universitas lain pilih sesuai keinginan orang tua (ekonomi UI)

      • Febrii had this to say about that:

        Kalau dari satu sekolah ada 2 yang daftar, peluangnya gimana ya kak?

      • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

        in syaa Allah nggak akan mengurangi peluang kita kok. Karena sebenarnya, yang mempengaruhi peluang kita, bukan jumlah yang daftar, tapi bagaimana nilai kita dibanding pendaftar yang lain, baik itu satu sekolah maupun beda sekolah. CMIIW.

  77. anita had this to say about that:

    salam kenal..mba,anak saya di aksel SMA 1 PURWOKERTO sekarang kelas 11, pingin masuk ITB tp nda tau jurusan apa, STEI bukannya pass grd nya tnggi ya? gmn dg peluang fak. Farmas..nilai
    rata2 rapot si 85..mhn saran biar anak saya bisa msk ITB, oy anak sy perempuan..makasih

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Salam kenal anita. maaf baru balas komennya. In syaa Allah peluang selalu ada anita. Dicoba dulua saja. STEI memang passing grade-nya tinggi, namun, bukan berarti mustahil. Kalau dari passing grade, farmasi memang dibawah STEI. Namun, yang terpenting sebenarnya adalah minat anita. Apakah lebih ke STEI atau Farmasi.

  78. Irma had this to say about that:

    Assalamu’alaikum πŸ™‚
    Salam kenal mba Bella. Saya dari SMAN 13 Surabaya, saat ini saya masih kelas 11 n__n pengennya memepersiapkan lebih awal untuk memilih jurusan yang tepat agar diterima di jalur undangan tapi masih bingung mau ambil jurusan apa hehehe. Saya sempat pesimis karena rata-rata semester 3 turun meskipun masih diatas 80 πŸ™ untuk prestasi lain seperti olimpiade, apakah sertifikat masih membantu meskipun hanya sebagai peserta ? Terima Kasih sebelumnya πŸ™‚

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumsalam warahmatullah. Untuk jurusan, coba cari yang irma rasa tertarik dan sesuai minat. jangan pesimis irma, kesempatan masih terbuka lebar, masih satu tahun lagi kan? hehe. Allahua’lam, saya kurang tahu apakah membantu atau tidak, tapi coba dilampirkan saja irm.

  79. Ratnadira had this to say about that:

    salam kenal kak bellaa, saya juga dari SMAN 1 Purwokerto loh kak
    saya tinggal nunggu pengumuman nih, saya daftar di STEI ITB kak, doain ya kak biar (lulus SNMPTN) bisa jadi adik kelas kakak disana hhe

  80. Tommy amirullah had this to say about that:

    assalamu”alaikum wr. wb…

    siang kak saya tommy asal saya dri Simeulue di Aceh kak saya boleh tahu ngga nilai kakak paling rendah berapa, cause nilai saya ad yg ngga tuntas waktu di kelas 10 sekarang saya sudah dikelas 12, cita2 saya ingin masuk ITBjurusan pertambangan gimana ya kak??

    Reply ya kak

    • Profile photo of Isabella Kirei Isabella Kirei had this to say about that:

      Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. Nilai saya Alhamdulillah selalu lebih dari batas tuntas.

      Cita – cita tommy in syaa Allah masih bisa dikejar dan digapai. Silahkan tingkatkan usaha dan doa, jika buka lewat jalur SNMPTN, lewat jalur SBMPTN harus diusahakan. Oke?

  81. MIMI had this to say about that:

    Kak, boleh curhat engga?
    Aku dari sma swasta akreditasiA, aku rada sedih, nilai aku pada anjlok semua, anjloknya kebangetan lagi, parah

    Nilai raporku (semester 1-4)
    Mat 82 93 86 93 ada turun 7
    Bindo 92 83 84 94 ada turun 9
    Bing 91 96 91 87 turun 5, lalu turun 4
    Kimia 87 95 98 97 ada turun 1
    Biologi 82 87 87 95 ini lumayan
    Fisika 80 90 91 94 ini lumayan
    kalau rata-rata sih lumayan

    Rata-rata (semester 1-4)
    90,4 92,8 92,6 93,7 sempat turun 0,2

    Pengennya ambil tekpang atau ilmu gizi, setidaknya nilai IPA lumayan, prestasi cuma pernah jadi peserta doang, apakah masih ada kabar gembira untuk saya? Mohon tanggapannya, terima kasih

  82. MIMI had this to say about that:

    Ralat : prestasi yang pernah menang sudah ada, cuma ada juga yang sementara masih jadi peserta

Add Your Comment, Feedback or Opinion Here

Your email is safe here. It will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*