ITB Project Selenggarakan Webinar Literasi Finansial bersama Lifepal

http://lifepal.co.id

Jakarta, 20 September 2020 – Badan usaha dibawah Kementerian Badan Usaha Milik Kabinet Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung, ITB Project menyelenggarakan rangkaian acara webinar mengenai literasi finansial, Minggu (20/9/2020) dengan judul “Finding Financial Freedom for Gen Z & Millenials” berkolaborasi dengan Lifepal.co.id. Narasumber webinar ini adalah Benny Fajarai, Co-founder dari Lifepal.co.id dan dihadiri oleh 260 mahasiswa.

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk memperluas ilmu mengenai literasi finansial serta bagaimana langkah agar kalangan mahasiswa dapat mewujudkan kemerdekaan finansial.

Pada bagian awal webinar, Benny Fajarai mengatakan bahwa sebelum membahas lebih lanjut seputar cara menggapai merdeka finansial, harus dikenali terlebih dulu tujuh tahapan yang harus dilewati, yaitu fase ketergantungan, fase solvency, fase stabilitas, fase bebas utang, fase aman, fase merdeka, dan fase berlimpah harta.

Pada bagian selanjutnya dari webinar ini, Benny Fajarai menjelaskan kecenderungan generasi millenial akan gaya hidup konsumtif dan bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menggapai kemerdekaan finansial. “Generasi millennial bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar, tapi godaan untuk segala aktivitas konsumtif juga sangat tinggi. Pada intinya semua kembali lagi pada prioritas kita sendiri, kita mungkin jarang bertanya pada diri kita tentang apa yang kita butuhkan dan lebih memprioritaskan memenuhi keinginan kita,” ujar co-founder Lifepal, Benny Fajarai. Dengan menerapkan sebuah strategi bertajuk “SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timebound)” tujuan hidup kita dapat direncanakan dengan baik.

Benny Fajarai kemudian memaparkan bahwa investasi pada instrumen yang kita pahami korelasinya antara risiko dan imbal balik sebagai salah satu cara untuk dapat mencapai kemerdekaan finansial.

Hal-hal inilah yang dinilai oleh Benny Fajarai perlu diketahui para millennial dalam mencapai kemerdekaan finansial. “Kalau saja saya tau mengenai konsep merdeka finansial dan cara mencapainya dari 10 tahun lalu, saya mungkin bisa mempersiapkannya lebih awal,” ungkap Benny Fajarai kepada para mahasiswa ITB yang ikut berpartisipasi.

 

One Reply to “ITB Project Selenggarakan Webinar Literasi Finansial bersama Lifepal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *