Ingin Handal Menggunakan Bahasa Pemrograman Arduino, Seperti Inilah Trik Mudahnya

Salah satu hal berguna untuk mengisi waktu senggang yaitu dengan belajar, tentu saja banyak tipe belajar yang bisa dilakukan, dari yang serius hingga menyenangkan. Nah jika Anda ingin jago  dan mengetahui seluk beluk pemrograman, tak ada salahnya untuk mulai belajar program yang namanya Arduino.

Banyak hal-hal dasar yang bisa dipelajari dari program satu ini. Dengan paham dan mengerti program Arduino, Anda berpeluang untuk dapat mengolah data-data sensor dengan lebih cepat dan gampang. Saat ini popularitas Arduino masih saja mendominasi perbincangan di belahan dunia, meski program-program lain yang lebih canggih kian berdatangan. Hal ini dikarenakan mudahnya Arduino untuk dipelajari dibanding program lainnya.

Tak heran jika banyak pemula yang mau belajar mengenai konsep dan materi robotika serta elektronika memulai langkahnya dengan mempelajari program yang sederhana ini. Namun, tak berarti mereka yang telah mahir dan expert dalam bidang ini meninggalkan Arduino, malah sebaliknya, banyak hobbyist ataupun profesional yang senang mengembangkan aplikasi elektronik melalui Arduino.

Pada dasarnya Arduino merupakan sebentuk papan elektronik single board turunan Wiring platform yang mempunyai basis sistem terbuka (open source) baik dengan perangkat keras maupun lunak. Hardware Arduino ini memiliki prosesor Atmel AVR, sementara softwarenya telah punya bahasa pemrograman tersendiri. Papan elektronik ini sengaja dirancang secara khusus untuk menerapkan berbagai kegiatan komputasi agar dapat berinteraksi lebih dekat dengan dunia nyata dibandingkan skill komputer biasa.

Ini sangatlah berguna agar mengampangkan pekerjaan orang-orang yang tertarik untuk menciptakan objek ataupun mengembangkan perangkat elektronik yang diharapkan bisa berinteraksi dengan berbagai jenis sensor.

Secara garis besar, Arduino ini adalah sebentuk sirkuit elektronik open source dengan skema bebas yang bisa dilihat ataupun di replika oleh siapa saja. Karena hal tersebut, banyak nama-nama baru ada dan timbul dari perkembangan Arduino asli. Misalnya saja Arduino Uno, Arduino Mega, Arduino Nano, Arduino Mini, Arduino Yun, dan tentu saja masih banyak nama lainnya yang sudah ada di pasaran.

Dari sekian jenis Arduino yang ada, Arduino Uno-lah yang adalah versi paling dasar dan cocok digunakan untuk pemula untuk mempelajari program Arduino. Nah, untuk mempelajari lebih lanjut mengenai program ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu memasang aplikasinya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengakses berbagai fitur dan fungsi yang telah disediakan.

Setelah berhasil menginstall software Arduino ke dalam perangkat Anda, kini Anda pun bebas menjelajahi semua fiturnya. Di dalam Arduino sendiri ada beberapa fungsi yang tersedia untuk berbagai kebutuhan. Anda perlu mengetahui dan memahami berbagai fungsi ini supaya proses belajar program Arduino yang sedang Anda lakoni lebih gampang dipahami.

Dibawah ini adalah beberapa key yang ada pada program Arduino.

  • Key Void loop( )

Merupakan fungsi untuk membaca kembali melalui Arduino secara berulang dan terus pada kode program yang tadinya telah diproses oleh void setup. Proses pembacaan ini akan terus berulang hingga Arduino di reset ataupun dimatikan. Void loop ini berisikan kode perintah untuk diberikan pada pin input dan output yang ada pada Arduino.

  • Key Void setup( )

Fungsi ini memungkinkan Anda untuk membaca semua kode program yang terdapat di dalamnya melalui Arduino. Biasanya fungsi ini berisikan beberapa kode perintah yang akan memilih fungsi sebuah pin.

  • Key pinMode( )

Adalah sebuah jenis fungsi yang punya fungsi untuk mengkonfigurasi secara spesifik apa saja fungsi dari sebuah pin, serta fungsinya. Misalnya saja penggunaan fungsi pinMode ini dapat dilihat seperti contoh slot online indonesia berikut : pinMode(0, INPUT); // hal ini mengindikasikan pengaturan pin 0 Arduino untuk pin input.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *