Cara Mudah Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Ada tugas membuat makalah namun kamu bingung bagaimana cara membuatnya? Tak perlu kuatir,  karena saya akan berikan tips terampuh untuk membuat makalah. Namun sebelum kelangkah membuat makalah terlebih dahulu kamu harus tau apa itu makalah dan apa apa saja yang terkandung dan bagiamana cara membuat makalah. Dalam pembahasan kali ini saya akan terangkan apa itu makalah dan bagaimana cara mambuatnya:

  • Pengertian Makalah

Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah,  dengan pokok pembahasan permasalahan tertentu yang berdasarkan hasil kajian dari sebuah teori lapangan. Biasanya pembuatan makalah mempunyai tujuan untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas formal ataupun tugas nonformal. Selain itu makalah dibuat dengan tujuan menyampaikan apa yang telah kita pelajari kepa seseorang yang memberi tugas atau pemahaman tertantu kepada kita. Untuk membuat makalah kita diwajibkan harus benar benar memahami teori atau pokok pembahasan yang akan kita laporkan melalui makalah.

  • Jenis Jenis Makalah

Ada tiga ragam jenis makalah yang dapat kiata pelajari,  mereka adalah malakah dengan jenis deduktif,  makalah jenis induktif,  dan makalah jenis campuran. Makalah dedukatif merupakan suatu makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang dibahas). Makalah induktif merupakan suatu makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang bersifat objektif, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang telah  dibahas. Makalah campuran merupakan suatu makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang telah dibahas.

  • Ragam Jenis Makalah campuran

Dalam makalah campuran terdapat beberapa jenis jika kita golongkan menurut bagian yang harus kita buat. Dan mereka adlah makalah ilmiah, makalah, kerja,  makalah kajian, makalah posisi, dan makalah tanggapan.Makalah ilmiah merupakan makalah yang membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah yang sudah dilakukan. Makalah jenis ini dibuat  tidak berdasarkan pada pendapat si penulis yang bersifat subyektif.

baca: download ayat kursi

Makalah kerja merupakan makalah yang diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan bagi seseorang penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian. Artinya pendapat yang bersifat subyektif penulis lebih memungkinkan pada makalah tersebut. Makalah kajian merupakan makalah yang biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.

Makalah posisi merupakan suatu makalah yang sering digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan oleh suatu pihak tertentu. Kegunaan dari makalah jenis ini adalah untuk alternatif pemecahan suatu masalah yang sedang kontroversial. Untuk prosedur pembahasan dan penulisannya sendiri dikerjakan secara ilmiah Makalah tanggapan merupakan suatu makalah yang biasa dipakai sebagai tugas pada mata kuliah bagi para mahasiswa. Isi makalah jenis yamng satu ini merupakan reaksi terhadap suatu bacaan tertentu yang diberikan dosen kepada mahasiswanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *