4 Perawatan Wajib Dilakukan untuk Mendapatkan Gigi Putih Alami

Gigi bukan hanya bagian tubuh yang mendukung aktivitas pencernaan, melainkan fungsinya lebih dari itu, salah satunya juga berguna untuk menambah nilai estetis ketika tersenyum. Itulah mengapa penting bagi siapa saja untuk merawat atau menjaga kesehatan gigi. Bahkan rasa percaya diri bisa turun jika seandainya kondisi gigi yang dimiliki tidak indah, misalnya adalah bentuknya yang tidak teratur atau bisa juga disebabkan oleh warna yang kuning.

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumsi berbagai macam jenis makanan dan juga minuman, tanpa diimbangi dengan proses pembersihan yang tepat memang berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Salah satu yang paling sering terjadi adalah perubahan warna gigi yang kian lama kian menguning. Jika sudah semacam ini tentunya rasa percaya diri juga akan turun ketika tersenyum, jika dulunya bisa tersenyum lebar dengan memperlihatkan kondisi gigi yang cantik, sekarang ini tidak lagi, senyum lebar adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Namun jangan khawatir berikut ini ada beberapa langkah perawatan secara alami yang dapat digunakan untuk kembali memutihkan gigi yang kuning, diantaranya adalah:

  1. Rutin menyikat gigi, menyikat gigi adalah hal yang wajib dilakukan, minimal adalah 2 kali dalam sehari, waktu terbaiknya adalah setelah sarapan dan juga malam sebelum tidur, sehingga nantinya tidak ada sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan memicu terjadinya pembusukan, juga perubahan warna menjadi kuning.
  2. Rutin dalam membersihkan karang gigi, wajar jika seandainya meskipun sudah sering dibersihkan atau menyikat secara teratur, namun karang gigi akan tetap tumbuh, apalagi bagi mereka yang senang mengkonsumsi makanan manis. Semakin lama dibiarkan keberadaan dari karang gigi yang menumpuk ini hanya akan membuat perubahan pada warna asli gigi menjadi kuning, datanglah ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.
  3. Biasakan menjadikan buah-buahan segar sebagai menu pencuci mulut, seperti diantaranya adalah apel dan juga buah pir, kedua buah ini mengandung air dan juga serat yang tinggi, sangat bagus di dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, juga membuat warnanya menjadi lebih cerah.
  4. Batasi konsumsi minuman seperti teh, soda dan juga kopi. Tentunya bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya minuman dengan kandungan kafein semacam ini nantinya akan menyebabkan lapisan enamel yang ada di gigi kian menipis, hal inilah yang membuat warnanya kian lama jadi kian kuning. Jikapun mengkonsumsinya, maka sebaiknya gunakan sedekat, sehingga cairan tersebut tidak mengenai gigi.

Mudah bukan, sedangkan proses pemutihan yang paling cepat dan efektif memang dengan datang ke dokter gigi dan melakukan bleaching, biayanya agak mahal, namun sesuai dengan hasil yang didapatkan. Gigi nantinya akan putih dengan cepat seperti yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *