Cara Membuat Subdomain di Blogger dari Domain Utama

Cara Membuat Subdomain di Blogger

TERKUAK.COM – Anda sudah membeli Domain dan ingin membuat subdomain baru misalnya untuk safelink bagi blog utama tentu bingung karena tidak ada opsi penambahan subdomain di layanan Domain yang dibeli.

Subdomain dapat dengan mudah bisa kita buat melalui cPanel Hosting namun apa jadinya jika kita ingin membuatnya tanpa membeli layanan hosting dan hanya membeli domain?

Pada posting ini mari kita belajar membuat subdomain untuk blog di blogger dengan cara menggunakan DNS Management yamg ada pada penganturan Domain tanpa harus membeli layanan hosting.

Apa Itu Subdomain?

Subdomain adalah ekstensi tambahan dari domain yang sudah ada. Contohnya, jika memiliki blog utama dengan url www.blogkamu.com, anda dapat menambahkan subdomain tutorial.blogkamu.com. nama tutorial itu adalah subdomain.

Sebenarnya awalan www pada domain utama seperti www.blogkamu.com juga merupakan subdomain, namun seringnya dijadikan alamat domain utama membuat www seakan menjadi induk dari domain.

Fungsi Subdomain

Pada dasarnya sebuah subdomain memiliki fungsi sebagai situs terpisah dari situs utama, sebagai layanan yang masih terkait dengan domain utama. Contohnya, google.com mempunyai layanan translate dengan subdomain translate.google.com

Menggunakan subdomain adalah cara praktis untuk memiliki beberapa situs di satu domain. Artinya dengan membuat Subdomain memungkinkan kita untuk membuat situs atau blog baru dengan hanya membeli satu domain sebagai induk situs.

Langkah membuat subdomain di Blogger

Untuk membuat subdomain di blogger atau blogspot caranya sangat mudah anda hanya perlu mengikuti dua langkah singkatnya, cara ini sudah saya gunakan untuk membuat subdomain safelink untuk situs ini.

Namun perlu diketahui syarat utama untuk membuat subdomain yang akan kita pasang di blogger adalah anda mempunyai control penuh untuk mengatur DNS Domain seperti layanan domain di Niagahoster.

Oke, mari kita mulai langkah demi langkahnya dibawah ini :

1. Setting Subdomain di Blogger

Pertama silahkan anda login ke blogger pilih blog yang akan kita ganti dengan subdomain. Buka Pengaturan > Memublikasikan > Domain kustom.

Domain kustom di Blogger

Isi Domain Kustom dengan subdomain yang anda inginkan, sebagai contoh saya membuat subdomain safelink.terkuak.com dari domain utama www.terkuak.com.

Setelah itu klik Simpan.

2. Setting Subdomain di DNS Management Domain

Langkah terakhir kita harus setting subdomain di tempat kita membeli domain utama, karena saya membeli domain di Niagahoster, maka untuk contohnya kita akan setting subdomain di Panel Niagahoster.

Silahkan anda login ke Panel atau Member area niagahoster.co.id kemudian Pilih Layanan Anda > Domain. Setelah itu klik Kelola Domain pada domain yang akan kita buat subdomain di blogger.

Setelah masuk ke Pengaturan Domain kita pilih opsi DNS Management, gulir ke bawah klik Add Record. Sekarang kita akan membuat Record CNAME baru untuk subdomain di blogger.

Silahkan isi detail Record sebagai berikut :

Record Type – pilih type CNAME

Subdomain – Isi dengan nama subdomain anda, contoh diatas saya membuat subdomain safelink dari domain utama terkuak.com.

Host Name – Isi dengan ghs.google.com

TTL – Biar secara default 14400

Add Record Domain

Setelah mengisi detail record baru, silahkan Save Record.

Disini saya hanya membuat satu record baru untuk membuat subdomain baru dari domain utama.

Sampai disini kita sudah selesai membuat subdomain baru di blogger dari domain utama, langkah selanjutnya tinggal menunggu proses Resolving DNS dan update konfigurasi selama kurang lebih 1×24 jam.

Jika selama 1×24 jam subdomain yang dibuat belum bisa diakses atau error, silahkan perhatikan kembali langkah-langkah diatas sudah benar atau tidak.

Mungkin saya akhiri posting kali ini tentang Cara membuat Subdomain di Blogger dari Domain Utama sebagai pengganti subdomain gratis dari blogger . blogspot.com berguna juga untuk membuat blog safelink untuk blog utama.

Jika ada yang kurang dipahami jangan sungkan untuk menulisnya pada komentar dibawah, Terimakasih telah berkunjung

See you…

Cara Jitu Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses Tanpa Modal

Bisnis online kini jadi pilihan terakhir untuk memulai suatu bisnis.

Karena modalnya yang relatif kecil dan jangkauannya cukup luas, bisa mencakup seluruh Indonesia.

Menjalankan bisnis online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak harus menetap di suatu tempat. Sehingga pengeluaran sewa tempat usaha akan minim.

Selain itu, bisnis online cenderung variatif. Mulai dari nulis artikel di blog, hingga berjualan di Online Shop.

..Semua bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Tapi,

Banyak kekurangan yang bisa menjadi penghambat ketika ingin memulai bisnis online.

Misalnya, penipuan yang belakangan ini marak. Mengingat belum ada payung hukum yang kuat untuk pegiat bisnis online. Salah satu kasus penipuan besar yaitu kasus penipuan investasi D4F (Dream For Freedom)

Selain itu, pengetahuan dan skill sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis online. Sebab persaingan di internet sangat ketat dan selektif.

Kita bukan lagi bersaing dengan perorangan, namun bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang tentunya memiliki sistem manajemen yang sangat baik.

Mudah saja bagi mereka untuk membayar penyedia iklan untuk mempopulerkan produk mereka.

Jadi,

Untuk anda yang baru saja memulai bisnis online, sebaiknya jangan berharap terlalu tinggi.

Perbanyak pengalaman dan terus belajar. Konsistensi juga sangat dibutuhkan dalam memulai suatu bisnis online.

Pasalnya, banyak orang yang berganti-ganti bisnis ketika mereka merasa gagal.

Akhirnya, tidak ada perkembangan sama sekali dalam bisnis mereka. Yang ada cuma stuck di tahap tertentu.

Bagi anda yang menjadikan bisnis online sebagai penghasilan tambahan. Tidak perlu terburu-buru dalam menjalankan bisnis online. Selalu nikmati proses demi proses yang terjadi.

Mayoritas orang terburu-buru dalam menjalankan suatu bisnis, hingga membuat mereka bosan dan jenuh saat bisnisnya tidak ada perkembangan.

Padahal, yang anda butuhkan adalah kesabaran. Banyak para pebisnis yang baru merasakan manisnya kesuksesan setelah puluhan tahun.

Contohnya, Jack Ma

Siapa sih yang gak kenal sama orang yang satu ini? Dulunya Jack Ma hanyalah seorang guru bahasa inggris biasa di China. Ia juga pernah melamar pekerjaan di KFC, namun dari 24 orang yang melamar, hanya ia yang satu-satunya ditolak.

Jack Ma mulai membangun situs alibaba.com pada tahun 1995.

Berawal dari rasa penasarannya karna tidak menemukan hasil pencarian yang sesuai saat ia menelusuri kata kunci ‘beer’ dan ‘China’ di mesin penelusuran.

Hingga pada Agustus 2014, Jack Ma menyandang gelar miliarder terkaya di dunia. Kini total kekayaan Jack Ma US$ 50,4 miliar.

Sangat menginspirasi bukan?

Sebelum lanjut ke langkah-langkah memulai bisnis online. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan, yaitu

  1. Buat rencana bisnis
  2. Miliki skill yang mumpuni
  3. Miliki jaringan
  4. Target Pemasaran

4 poin di atas harus diperhatikan, mengingat pentingnya poin tersebut. Berikut penjelasan detailnya,

1. Buat rencana bisnis

Bisnis yang ingin anda jalankan harus direncanakan matang-matang agar selalu on the purpose.

Kesalahan banyak orang adalah mereka memulai bisnis tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu. Akhirnya, mereka akan kebingungan dan stuck di fase tertentu.

Mulai dari administrasi hingga manajemen, harus diatur dengan baik.

Rencana bisnis mencakup proporsi nilai, rencana pemasaran, rencana operasi, rencana keuangan dan rencana pekerja.

Perencanaan waktu juga perlu diatur sebaik mungkin, sehingga anda tidak kewalahan saat sedang menjalankan bisnis tersebut.

2. Miliki skill yang mumpuni

Pengetahuan dan skill yang memadai sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis online, sebab anda akan melakukan banyak manuver saat menjalankannya.

Jika pengetahuan dan kemampuan anda minim, maka kemungkinan blunder akan besar.

Sebenarnya tidak masalah jika anda gagal, karna banyak orang yang bilang kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Masalahnya…

Untuk pulih dan bangkit dari kegagalan itu bukan hal yang mudah. Jadi, kita harus menekan resiko kegagalan yang akan terjadi.

Belajar secara otodidak memang cukup apik, namun tips yang diberikan tentu kurang lengkap. Dan anda akan kebingungan harus mulai belajar dari mana.

Solusinya, ikuti training atau workshop berbayar yang ada di internet. Dengan itu anda akan mendapat bimbingan dari para trainer. Sehingga anda akan tahu tahap demi tahap yang harus dilakukan.

3. Miliki jaringan

Sebelumnya, anda harus memiliki jaringan terlebih dahulu agar bisa melakukan promosi dengan baik.

Ada banyak sekali platform yang bisa menghubungkan anda dengan customer.

Contohnya, Facebook

Facebook merupakan sarana terbaik untuk melakukan promosi, sebab anda bisa menaruh link dengan bebas disana. Ini berlaku untuk anda yang ingin mempromosikan suatu website.

Selain itu, ada Instagram

Instagram juga sangat efektif untuk mempromosikan suatu produk. Namun, tentunya kamu harus memiliki jaringan dan memiliki banyak followers agar banyak orang yang mengenal produk anda.

4. Target pemasaran

Jika anda sudah memiliki jaringan yang bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk anda.

Sekarang saatnya, mencari target pemasaran yang tepat dan minat yang sama dengan produk yang anda tawarkan.

Bila anda menjual produk perawatan wajah, sasarkan itu di kalangan wanita muda. Mudah saja, gabunglah ke grup kecantikan yang ada di Media Sosial.

Cobalah untuk jadi interaktif di grup tersebut.

Minimal,

Responsif terhadap orang yang bertanya dan mencari solusi terkait masalah wajahnya.

Barulah, sesekali anda promosikan produk yang anda jual dengan kata-kata yang menarik dan memikat.

Memang..

pada prosesnya tidaklah mudah, orang yang tertarik mungkin hanya beberapa orang. Tapi, ini sangat menguntungkan apabila dilakukan secara konsisten.

Terlebih, jika produk yang anda tawarkan memiliki segudang kelebihan, misalnya dari segi harga.

5. Modal

Kalau ngomongin soal bisnis, pasti ga jauh-jauh dari modal.

Soalnya,

bisnis apapun itu, pastinya butuh modal. Tapi,, maksud modal dalam bisnis online, bukan sekedar ditujukan untuk produk semata.

Modal dalam bisnis online memiliki benefit sebagai berikut.

  1. Mengatasi keterbatasan geografis
  2. Membeli hosting dan domain untuk website bisnis
  3. Membayar penyedia iklan
  4. Membeli tools untuk meningkatkan popularitas produk anda di mesin pencaharian

Pengalokasian modal tersebut selayaknya diimbangi dengan total pemasukan.

untungnya, ada banyak kemudahan dalam menaikkan popularitas bisnis online anda. Untuk pembukaan, tawarkan produk bisnis anda kepada orang-orang terdekat atau bila perlu jadikan mereka sebagai media promosi.

Sebelum membahas lebih lanjut, anda sebaiknya belajar beberapa materi yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis online, yaitu SEO (Search Engine Optimization).

SEO sangat dibutuhkan, mengingat kebanyakan orang mencari produk lewat mesin pencarian. Untuk memunculkan produk anda di halaman pertama, dibutuhkan teknik yang pasti dalam pembuatan judul, deskripsi, maupun gambar.

Beda dengan SEO umumnya, dalam bisnis online, kita bisa menggunakan local SEO.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis online.

Sebelum anda memulai bisnis online, ada baiknya anda menentukan terlebih dahulu bisnis yang cocok untuk anda. Anda bisa menbaca artikel ini : #7 Usaha yang Langka tapi Paling Menguntungkan dan Menjanjikan.

Tujuannya supaya anda lebih mudah mengembangkan bisnis online anda ketimbang memilih bisnis online yang banyak pesaingnya. Sangat berat untuk anda bersaing dengan pemain lama.

1. Pahami bisnis online apa yang akan ditekuni

Ada banyak sekali jenis bisnis online dengan mekanisme kerja yang berbeda dan variatif.

Untuk memilih bisnis online apa yang akan anda tekuni, sebaiknya pilihlah suatu bisnis yang benar-benar anda pahami dan sukai.

Contohnya, anda sangat suka otomotif.

Tapi, karena bisnis makanan banyak peminatnya, anda kemudian tergiur untuk memulai bisnis makanan. Memang, secara subjektif, adalah hal wajar. Namun, kemungkinan bisnis tersebut untuk bertahan sangat kecil.

Karena yang anda pahami adalah otomotif, peralatan bengkel. Bukan peralatan memasak.

Yang tadi itu cuma contoh ya sobat. Pentingnya passion bagi diri kita adalah seperti itu.

Jadi, poin pentingnya, mulailah bisnis yang dimana anda cakap dalam bidang tersebut. Barulah anda bisa melakukan improvisasi dan memasukkan aspek lain pada bisnis anda. Tapi kita juga tidak boleh munafik,

Anda wajib mengikuti perkembangan tren atau selera pasar sekarang. Lihat, apa yang dibutuhkan sekarang. Misalnya, selera pasar di masa pandemi ini adalah masker. Anda bisa menjadikannya peluang usaha.

Berikan desain yang menarik dan keren pada masker yang anda jual, lalu targetkan untuk anak muda. Tentunya, ini sangat fluktuatif, sehingga bisnis masker ini tidak bisa dijadikan bisnis tetap.

Untuk mengetahui apa yang paling banyak di cari pada mesin pencaharian seperti Google, anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Tools tersebut berguna untuk mencari keyword apa yang paling sering dicari di Google. Sayangnya, tools ini tersedia untuk versi berbayar.

Selain itu, anda juga bisa membaca berita tentang bisnis yang ingin anda tekuni di situs berita, seperti Liputan6, IdnTimes, dan sejenisnya. Anda akan mendapatkan referensi dalam berbisnis dan banyak juga kisah inspiratif yang bisa kamu baca disini.

Hal itu bertujuan supaya kamu memiliki pemahaman yang mendalam tentang bisnis yang sedang kamu jalani.

2. Temukan Supplier yang terpercaya

Mencari supplier di Indonesia memang sah-sah aja. Cuma, jangan berharap mendapat untung yang besar.

Maka itu, jangan terpaku dengan supplier barang yang ada di Indonesia. Padahal, diluar negeri banyak sekali supplier yang menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Contohnya China,

Negeri tirai bambu memang terkenal dengan barang-barang yang berharga murah. Anda bisa mengimpor barang-barang dari China melalui ekspedisi maupun lewat jalur udara.

Untuk mencari barang-barang grosir murah dari China, Anda bisa mencarinya di Alibaba.com . Tentu saja akan dikenakan pajak dan hanya barang-barang tertentu saja yang ready ships to Indonesia.

Lebih legit lagi kalau bisa menjajaki kerja sama dengan para dropshipper dan reseller.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas barang-barang yang dijual supplier. Jangan sampai karena tergiur harga murah, tapi jadi bulan-bulanan para pelanggan karena kualitas barang yang buruk.

Sebaiknya, miliki lebih dari satu supplier, suatu waktu supplier tersebut kehabisan stok barang, anda pun bisa membeli di supplier lain yang menjual barang tersebut.

Sebelum benar-benar berlangganan dengan supplier. Perhatikan aturan dan kebijakan khususnya mengenai garansi dan sistem retur.

Jadi, kalau anda sudah menemukan supplier yang tepat, bisa ikuti langkah selanjutnya.

3. Buat website/toko online

Siapa bilang kalo toko online di Indonesia udah dikuasai perusahaan besar seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia?

Faktanya, kita bisa membuat toko online sendiri di platform penyedia hosting seperti wordpress.org . Selain itu, anda juga bisa membuat blog yang ditujukan untuk mempromosikan produk yang anda jual.

Untuk tahap awal, disarankan untuk menjual produk di situs marketplace, seperti Lazada atau Shopee. Jika bisnis anda mulai berkembang, barulah buat website sendiri agar lebih profesional dan orang-orang jadi tahu harus pergi kemana untuk membeli produk anda.

Ada dua pilihan untuk membuat website, yaitu versi gratis dan berbayar.

Berikut adalah perbedaan website berbayar dan website gratisan.

 

Dari data di atas, jelas kalau website berbayar unggul berkali-kali lipat ketimbang website gratisan.

Anda akan mendapat full control access saat membuat website berbayar. Selain itu, dukungan teknis 24 jam akan disediakan oleh penyedia hosting. Kualitas website berbayar juga tentunya lebih baik dan profesional serta akan mudah untuk masuk page one Google.

Fitur pada website berbayar juga sangat lengkap terdapat banyak sekali tools yang memudahkan website anda semakin mudah untuk terkenal.

Tapi, bagi anda yang mau bikin website gratis, tidak masalah.

Kamu bisa menggunakan platform blog gratis seperti blogger.

Setelah itu anda bisa mengganti subdomain .blogspot.com dengan domain .com agar lebih terlihat profesional.

Untuk membuat desain yang keren dan menarik, anda bisa menggunakan Canva.com.

Seperti yang saya gunakan di atas.

Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website yang tersedia di Google.

4. Promosi secara berkala

Mempromosikan bisnis anda tentu tidak bisa dalam semalam saja. Promosi harus dilakukan secara rutin agar popularitas bisnis anda tetap stabil.

Sisihkan sedikit waktu anda untuk mempromosikan artikel yang mengulas produk yang anda jual di forum-forum tertentu, seperti Kaskus.co.id

Jangan lupa untuk mensubmit website anda di Search Console agar terindex oleh Google.

Selain itu, gunakan kalimat promosi yang menarik. Saya merekomendasikan anda untuk membaca artikel ini : ✓ Kumpulan Kata-kata Promosi Paling Efektif untuk Mendatangkan Pelanggan sebagai referensi anda untuk membuat kalimat promosi yang bisa mendongkrak penjualan anda.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memajang produk yang anda jual, seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain. Sisipkan kata-kata yang menarik untuk memikat orang lain untuk membeli produk anda.

tambahkan iming-iming potongan harga pada produk anda. Siapa sih yang gak tertarik sama harga diskon?

Akan tetapi, kamu harus membangun jaringan terlebih dahulu.

Caranya…

yaitu dengan aktif membantu menyelesaikan permasalahan orang lain di suatu forum atau grup. Lakukan terus menerus hingga anda menjadi story teller dalam grup tersebut.

Ini membuat anda semakin dipercaya oleh orang-orang yang tergabung dalam forum tersebut. Sehingga kemungkinan orang yang tertarik dengan produk anda lebih tinggi.

Anda juga bisa melakukan promosi berbayar, yaitu dengan Facebook Ads.

Katanya, biaya beriklan di Facebook sekitar US$5 hingga US$50 ribu atau sekitar 72 ribu hingga 72 juta Rupiah per minggunya. Walaupun mahal, namun untung yang didapatkan juga gak kalah besar. Asal anda memiliki strategi bisnis yang jitu.

5. Menganalisis kompetitor

Dalam berbisnis, tentu akan banyak kompetisi dan persaingan yang akan kita hadapi apalagi dalam berbisnis secara online.

Maka itu, anda harus selalu memperhatikan kompetitor lain yang memiliki jenis usaha yang sama seperti anda.

Ada 3 jenis kompetitor dalam bisnis online,

Coba sesekali untuk mengunjungi kompetitor anda, soalnya anda bisa belajar darinya. Temukan kesalahan atau kekurangan pada bisnisnya. Manfaatkan itu supaya kamu bisa berinovasi dan menciptakan suatu hal yang baru.

Kalau bisa anda harus berada 1 langkah di depan kompetitor anda.

Contohnya, Honda walau tidak memiliki slogan ‘semakin di depan’, tapi kenyataannya Honda selalu selangkah di depan Yamaha.

Maka,

Anda harus terus melakukan inovasi demi inovasi untuk bersaing dengan kompetitor anda. Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang wajar asal dilakukan dengan cara yang sehat.

Kiranya, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk bersaing dengan kompetitor. Salah satunya, yaitu dengan mengadakan flash sale dan diskon pada periode waktu tertentu.

Tapi, anda juga wajib menambahkan form sign in & sign up pada website atau toko online. Ini dinamakan Opt-in, teknik ini dikenal cukup jitu untuk menjaring dan menjemput pasar.

Hal ini memungkinkan banyak situs besar yang aktif di bidang dapat melacak dan mengidentifikasi calon pembeli potensial mereka.

Balik lagi ke tema, untuk bersaing dengan kompetitor, buatlah list daftar kompetitor yang bergerak di bidang bisnis yang sama dengan bisnis yang kamu tekuni. Kemudian kunjungi mereka secara berkala atau bisa juga dengan berlangganan dengan mereka.

Agar anda bisa tahu bagaimana cara mereka mentapkan harga dan mempromosikan produk.

Selain itu semua, ada yang sangat penting dan ini harus dilatih oleh enterpreneur agar bisa mencapai keberhasilan.

Apa itu? Mental.

Seorang enterpreneur harus memiliki mental yang kuat seperti baja mengingat persaingan yang sangat ketat belum lagi orang-orang yang suka gratisan di Internet.

Jika mental anda lemah, maka dipastikan akan kesulitan dalam mengembangkan bisnis. Sebab dalam bisnis online, Anda bukan lagi bersaing dengan orang-orang kecil, melainkan perusahaan-perusahaan besar yang siap menindas anda kapan saja.

Tapi bukan berarti harapan anda pupus begitu saja.

Dalam dunia ini ada dua pilihan yang sudah pasti akan menghampiri kita, yaitu kegagalan dan kesuksesan. Anda akan memilih yang mana? Tentu anda akan memilih sukses kan?

Namun ingat, gak ada orang sukses yang gak pernah gagal. Jadi, anda harus terus berjuang, gagal sekali kemudian bangkit, gagal kedua kalinya bangkit lagi, dan seterusnya. Yakinlah anda akan merasakan manisnya kesuksesan.

Balik lagi, kira-kira ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk melatih mental pada diri anda.

Memasuki dunia bisnis online di masa kini memang cukup sulit.

Sebab, dunia bisnis memiliki tantangan dan rintangan yang siap menjatuhkan kita setiap saat. Namun, jangan pernah menghindari tantangan dan rintangan tersebut. Hadapilah dengan mental yang kuat, karena tempaan itulah yang membuat kita semakin tangguh.

Untuk memiliki mental yang kuat, anda bisa menerapkan strategi berikut.

1. Niat dan tekad yang kuat

Niat dan tekad yang kuat bisa dilihat dari keseriusan anda dalam mengurusi bisnis yang anda tekuni. Untuk memunculkannya, anda bisa sering-sering membaca kisah sukses para enterpreneur.

Dengan itu, tekad tersebut akan muncul di diri anda seiring berjalannya waktu.

Miliki motivasi yang kuat mengapa anda harus menjalankan bisnis tersebut. Misalnya anda ingin membahagiakan keluarga atau anda ingin memiliki perusahaan besar.

Tapi, jangan sampai membuat anda berangan-angan, karena hanya akan membuat anda kecewa.

Pasalnya, berbisnis online bukan berarti anda bisa santai-santai di depan laptop. Anda harus benar-benar meluangkan waktu dan keseriusan anda pada bisnis tersebut. Apalagi di tahap awal,

Kebanyakan orang merasa bosan saat bisnisnya sepi, akhirnya beralih ke bisnis lain yang dianggap lebih banyak diminati orang. Padahal, bukan bisnisnya yang harus diubah.

Melainkan.. diri anda lah yang harus diubah.

Seandainya, anda banting stir dan pindah ke bisnis lain. Jika anda tidak serius dan suka bersantai-santai, maka dijamin bisnis anda tidak akan berkembang.

Intinya, ubahlah mindset atau pola pikir anda. Itu akan berpengaruh mental anda.

2. Selalu berpikir positif

Anda harus selalu berfikir positif apapun yang terjadi pada bisnis anda. Walau seandainya bisnis anda berada di ambang kegagalan, tetaplah optimis bahwa anda akan bisa mengatasinya.

Jadi, ketika dihadapkan dengan suatu problem, anda terhindar dari rasa cemas dan takut yang bisa saja menganggu konsentrasi anda.

Positif thinking mengajarkan kita bahwa masalah yang kita lalui akan selalu disertai berbagai penyelesaian. Tergantung pada diri anda, apakah bisa menemukan jalan keluar tersebut atau bahkan anda menyerah begitu saja.

Selain itu, berfikir positif akan membuat kita lebih percaya diri dalam berbisnis. Ini diperlukan mengingat anda juga harus memiliki hubungan baik dengan pelanggan dan partner bisnis Anda.

Rasa percaya diri yang tinggi membuat anda bisa menghadapi partner bisnis dan pelanggan anda dengan baik.

Adapun pikiran negatif hanya akan menguras tenaga sehingga membuat anda menjadi tidak produktif. Bahkan membuat kita kehilangan semangat untuk hidup.

3. Tahan banting

Jangan sampai omongan negatif orang lain terhadap apa yang anda lakukan, membuat anda ingin menyerah dan berhenti menjalankan bisnis yang anda tekuni.

Kebanyakan orang akan ngatain kita sebagai pemalas karena seharian hanya terpaku di depan PC. Belum lagi omongan orang yang mencoba melakukan destruksi pada diri kita,

“Ngapain sih lu ngarepin penghasilan dari internet, mending cari kerja sono, lebih realistis.” begitulah ucapan yang seringkali saya dengar. Tapi, berkat mental yang tahan banting, membuat saya tetap bertahan hingga sekarang.

Intinya,

jangan pernah takut sama masalah, hadapi masalah tersebut. Karena ujian atau masalah yang kita hadapilah yang membuat kita semakin tangguh.

Ini benar, maka itu anda seringkali melihat orang yang merantau cenderung lebih sukses ketimbang orang asli suatu daerah. Hal ini disebabkan orang yang merantau seringkali dihadapkan oleh kesulitan demi kesulitan, misalnya dalam aspek tempat tinggal,

Orang yang merantau ke suatu daerah bisa tahan banting hidup jalanan karena mereka sebelumnya dilatih untuk terbiasa dengan hal itu.

Latihlah diri anda dengan… (poin selanjutnya)

4. Berani mengambil resiko

artinya anda akan lebih sering dengan dihadapkan dengan tantangan dan rintangan yang cukup menyulitkan.

Tapi..

Ada manfaat yang melimpah saat anda berani mengambil resiko, contohnya bisnis anda akan lebih berwarna dan variatif ketimbang anda bermain di comport zone alias zona nyaman.

Memang, dengan berani ambil resiko, pelaku akan merasa tertekan dan stres saat hasil usaha tidak sesuai dengan keinginan. Namun, dengan itu kita bisa belajar arti kegagalan dan pentingnya sikap pantang menyerah.

Resiko bisnis juga akan mengajarkan kepada anda pentingnya sebuah proses.

Semua bisnis tentu memiliki sifat fluaktuatif, artinya produk yang sedang trending sekarang belum tentu trending di masa depan. Jadi, jarang sekali terdengar berita pebisnis yang mendadak jutawan. Rata-rata mereka harus mencicipi proses yang rumit sebelum menjajal kesuksesan.

Maka itu, jangan pernah berharap tentang hasil, tapi teruslah memperbaiki aspek dalam bisnis dan diri anda serta nikmati setiap proses yang ada. Dengan berbagai resiko yang dihadapi akan membuat anda ditempa menjadi pengusaha sejati yang berani menghadapi resiko terburuk sekalipun. Sehingga anda akan tahan banting dengan perubahan tren pasar.

5. Konsisten

Walau bisnis anda sedang sepi, jangan pernah tergiur untuk beralih ke bisnis lain yang mungkin lebih ramai peminatnya. Tetaplah sabar dan konsisten terhadap apa yang anda jalani.

Maka itu, diperlukan inovasi dan kreatifitas dalam berbisnis. Karena keduanya bisa menarik minat orang untuk menjajal produk anda. Buatlah suatu yang baru dan jarang ada di pasaran.

Bisnis sekecil apapun jika dilakukan dengan konsisten dan penuh kecintaan, akan menghasilkan banyak manfaat besar. Contohnya, indomie.

Berawal dari inovasi Sudono Salim untuk menciptakan produk mie instan di Indonesia. Berkat konsistensinya terhadap bisnis tersebut, hingga membuat Indomie sangat populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Tentu, banyak sekali kegagalan yang menimpanya, namun tidak membuat Sudono Salim menyerah dan beralih ke bisnis lain. Seandainya, ia beralih ke bisnis yang lebih menguntungkan seperti berjualan emas, mungkin anda tidak akan pernah merasakan enaknya Indomie yang dimakan saat perut lapar.

Nah, itulah pentingnya konsistensi dalam berbisnis.

Penutup

Cara-cara di atas tidak akan bermanfaat apa-apa bagi diri anda, jika anda selalu ragu dan tidak percaya pada diri anda sendiri.

Makanya, hal yang harus ditanamkan pada setiap pengusaha terutama pemula yaitu sikap percaya diri. Karena banyak sekali orang yang gagal disebabkan ketakutan dan kecemasan yang sebenarnya hanya ada di pikiran mereka saja.

Ingatlah selalu slogan Nike, Just Do It!

 

Pengertian Dan Tujuan K3

Pengertian K3 Secara Umum
Secara umum, arti K3 adalah suatu bidang keilmuan yang ada kaitannya dengan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja pada suatu proyek atau suatu institusi.

K3 merupakan suatu aspek yang sangat penting diterapkan bagi segala macam perusahaan, dimana hal tersebut juga telah termaktub aturannya didalam UU Ketenagakerjaan tepatnya di UU Nomor 13 Tahun 2003, pasal 87.

Pengertian K3 atau yang lebih di kenal dengan isitlah Keselamatan dan Kesehatan Kerja mempunyai arti atau definisi beragam pada umumnya. Diantara banyakanya pengertian, berikut ini beberapa pengertian beseta sumbernya.

Pengertian K3 Menurut OHSAS 18001:2007
Sebelum saya menjabarkan Pengertian K3 Menurut Para Ahli, alangkah lebih bagus jika anda mengetahui apa itu OHSAS. Jadi secara Bahasa OHSAS berasal dari Bahasa Inggris yaitu Occupational Health and Safety Management Systems yang jika di terjemahkan didalam Bahasa Indonesia mempunya arti “Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja“.

Pengertian K3 Menurut Para Ahli
Mengenai apa yang dimaksud K3, para ahli memiliki pendapat sendiri – sendiri tentang pengertian K3. Namun secara umum pendapat tersebut merujuk pada suatu pengertian yang sama. Adapun Beberapa Ahli pengertian K3 adalah sebagai berikut :

  1. Menurut WHO (World Health Organization)
  2. Menurut Widodo
  3. Menurut Hadiningrum
  4. Menurut Mathis and Jackson
  5. Menurut Ardana, dan
  6. Menurut Ardana Flippo.

Pengertian K3 Berdasarkan Keilmuan

Berdasarkan Keilmuan K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat di artikan sebagai berikut:

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja ialah segala ilmu serta penerapannya yang bertujuan untuk mencegah terjadinya hal yang dapat membahayakan keselamatan kerja, misalnya mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan ataupun pencemaran lingkungan, serta kecelakan kerja lainnya”.

Tujuan K3

Berdasarkan Undang – Undang nomor 1 tahun 1970 (tentang keselamatan kerja), Permenaker Nomor 5 tahun 1996 (yang membahas tentang manajemen keselamatan kerja) dan Permenaker nomor 4 tahun 1987 (yang membahas tentang panitia Pembina keselamatan dan kesehatan kerja), tujuan K3 adalah mencegah terjadinya kecelakaan atau pun sakit yang terjadi karena pekerjaan.

Sebenarnya masih banyak lagi pengertian K3 dan Tujuan serta penjabarannya, Nah bagi kamu yang ingin mengetahuinya, yuk bisa kepoin dengan cara klik tautan berikut ini kesehatan dan keselamatan kerja

Kandungan dan Manfaat Kelapa Tua yang Sangat Luar Biasa!

Es kelapa adalah salah satu jenis minuman pelepas dahaga yang disukai banyak orang. Selain menyegarkan, kelapa juga dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat air kelapa tua bagi kesehatan diperoleh dari berbagai mineral dan nutrisi yang dikandungnya.

Kandungan nutrisi dalam air kelapa

  • Kalori: 45,6
  • Lemak: 0,4 gram
  • Sodium: 252 mg
  • Karbohidrat: 8,8 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Gula: 6,3 gram
  • Protein: 1,8 gram
  • Vitamin C: 5,8 gram
  • Vitamin B6: 0,1 mg
  • Kalium: 600 mg
  • Mangan: 0,3 mg
  • Magnesium: 60 mg
  • Riboflavin: 0,1 mg
  • Tiamin: 0,1 mg

Manfaat air kelapa tua untuk kesehatan

Pada dasarnya, air kelapa tua dan tua keduanya memiliki segudang manfaat kesehatan. Meski demikian, manfaat air kelapa yang terkandung juga tergantung pada jenis kebutuhan tubuh Anda.

Karena itu, penting untuk memahami kebutuhan Anda sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Secara umum, berikut adalah serangkaian manfaat air kelapa untuk kesehatan. Anda bisa juga mencoba mesin parut kelapa.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu khasiat dari air kelapa tua yaitu dapat menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian kecil dilakukan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya, air kelapa bisa mengurangi tekanan darah tinggi hingga 71%.

Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa juga memainkan peran penting dalam menawarkan manfaat yang satu ini.

  1. Sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh

Radikal bebas merupakan molekul tidak beraturan yang diproduksi dalam sel-sel tubuh Kamu pada saat proses metabolisme. Pembuatan radikal bebas didalam badan akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan sel-sel tubuh Kamu bisa rusak dan meningkatkan risiko penyakit.

Nah, kandungan dari antioksidan yang ada di air kelapa dipercaya membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang muncul.

  1. Membantu mengurangi gula darah

Manfaat lain dari air kelapa tua adalah membantu mengurangi kadar gula darah.

Air kelapa adalah sumber magnesium, potasium, mangan, vitamin C, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu mengurangi kadar gula darah tinggi.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan tentang manfaat air kelapa ini. Alasannya adalah bahwa penelitian masih dilakukan pada tikus.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum air kelapa juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji mengungkapkan bahwa hewan yang mengonsumsi air kelapa muda dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida darah, serta mengurangi lemak hati.

Peneliti mengujicoba memberikan air kelapa sekitar 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan dengan manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi.

Misalnya, orang yang mempunyai berat 68 kilogram diwajibkan mengonsumsi 2,7 liter air kelapa setiap hari. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

  1. Mencegah batu ginjal

Memastikan tubuh Anda mendapat asupan cairan yang cukup setiap hari sangat baik untuk mencegah batu ginjal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk memenuhi asupan cairan Anda sambil membantu Anda menghindari penyakit batu ginjal (batu kemih).

Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus. Dari penelitian ini diketahui bahwa air Cocos nucifera mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih.

Selain itu, air kelapa juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin. Para peneliti juga percaya bahwa air Cocos nucifera dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap tingginya kadar oksalat dalam urin.

Sayangnya, ini adalah studi pertama yang meneliti efek air kelapa pada batu ginjal. Sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat yang satu ini.

  1. Hidrasi setelah berolahraga

Manfaat lain yang dihasilkan dari mengkonsumsi air kelapa adalah dapat mengembalikan dehidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang setelah berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh Anda, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium untuk menjaga keseimbangan cairan.

Demikian tadi kandungan dan manfaat kelapa tua, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Kelapa tua ini juga bisa digunakan membuat serabi solo. Mungkin Anda juga bisa melihat cara membuat serabi solo yang enak ini. Sekian dan terima kasih.