Bahan Bangunan termasuk setiap bahan yang dipakai dan bertujuan untuk pembangunan konstruksi. Bahan tersebut mulai dari tanah liat sampai batu untuk mendirikan sebuah bangunan.

Tidak hanya menggunakan bahan alami, produk buatan saat ini juga cukup banyak sudah mulai digunakan seperti bahan sintetik. Sedangkan industri bahan untuk bangunan sendiri sudah banyak didirikan dan ada di setiap negara. Baik toko bahan untuk bangunan sederhana sampai supermarket.

Harga Bahan Bangunan 2021

Di setiap negara memang ada banyak developer rumah, terutama di setiap kota besar termasuk di Indonesia. Oleh karena itu permintaan material pembangunan rumah juga sudah semakin meningkat cukup drastis.

Ada juga beberapa toko yang sudah bisa melayani pemesanan secara online. Tujuan pemasaran online ini untuk membagikan atau menyebarkan katalog, mulai dari harga sampai bentuk bahan yang disediakan pada website tersebut. Sedangkan material yang paling banyak digunakan merupakan pasir.

Meskipun kebutuhan semakin meningkat, harga untuk bahan pembangunan masih termasuk kompetitif. Mulai dari bahan bangunan untuk:

  • Rumah
  • Perumahan
  • Gedung sekolah
  • Rumah sakit
  • Perkantoran
  • Sarana & prasarana umum

Sedangkan bahan bangunan sendiri sangat banyak jenisnya, oleh karena itu daftar harga bahan bangunan akan sangat membantu baik developer atau pekerja lainnya yang ingin belanja bahan pembangunan.

Jenis-jenis Pasir Bangunan

Pasir termasuk salah satu campuran material dan sebagai pengikat untuk adukan beton dan pemasangan material yang lain. Pasir sendiri sangat dibutuhkan, baik dalam pembangunan gedung bertingkat, rumah, tangga, jembatan dan bangunan dengan sifat permanen.

Sedangkan jenisnya ada beberapa, mulai dari pasir merah, pasir elod, pasir beton, pasing pasang dan pasir sungai.

Tapi untuk semen sering dipakai sebagai perekat batako, batu bata dan bahan bangunan yang lain. Bersifat sebagai pengeras untuk bahan lainnya dan diandalkan untuk bangunan dasar karena menjadi komponen pembuat fondasi.

Harga Pasir setiap tahun memang selalu update oleh setiap penyedia atau penjualnya. Setiap kita membangun bangunan sendiri akan membutuhkan beberapa bahan, material, seperti batu kali dan pasir. Masing-masing bahan material juga memiliki fungsi, karakter, jenis dan harga yang berbeda-beda.

Oleh karena itu jika ingin membeli material tersebut harus pilih bahan dengan kualitas terbaik, bagus dan mampu bertahan cukup lama. Pasir sendiri termasuk bahan bangunan yang sering kita jumpai, memiliki warna yang berbeda sesuai asalnya dan memiliki manfaat yang berbeda. Begitu juga pada bahan bangunan batu kali.

Harga Pasir Bangunan

Harga pasir untuk bangunan memang berbeda-beda. Tergantung jenis dan setiap toko yang menjualnya. Tapi kebanyakan harga yang diberikan masih cukup terjangkau, baik di jual dengan harga pasir 1 truk atau yang lainnya. Pasir sesuai kualitasnya dibagi menjadi beberapa macam. Mulai dari:

  • Pasir elod
  • Pasir merah
  • Pasir pasang
  • Pasir sungai
  • Pasir beton

Pasir merah digunakan sebagai campuran cor karena bentuknya yang kasar dan memiliki batuan yang lebih besar. Sedangkan pasir elod dipakai sebagai campuran pasir beton. Hal ini karena bisa digunakan pada plesteran dinding dan sebagai campuran untuk pembuatan batako.

Pasir elod berbentuk menggumpal jika dikepal, masih mengandung tanah dan warnanya hitam. Tapi untuk pasir pasang hampir sama jenisnya dengan pasir elod, dibandingkan pasir beton pasir pasang lebih halus. Pasir pasang dipakai sebagai campuran pasir beton supaya tidak terlalu kasar dan bisa dipakai sebagai plesteran dinding.

Harga Batu Kali

Pondasi batu kali termasuk salah satu dari jenis pondasi yang cukup banyak dipakai pada konstruksi rumah. Memiliki kekuatan yang sudah teruji, bahannya mudah diperoleh di Indonesia dan dibuat untuk menahan beban dinding atau beban tembok yang ada di atasnya.

Batu kali yang dijadikan sebagai pasangan, memiliki tekstur keras dan biasanya akan ditambahkan adukan semen dan pasir sebagai perekat nya. Sedangkan untuk harganya biasanya di jual dalam bentuk satuan, buah, meter kubik sampai ukuran 1 truk. Ada juga batu alam yang terdiri dari batu andesit, batu candi, batu garu, batu hijau dan batu lainnya.

Batu jenis kali ini memiliki sifat fisik yang tidak mudah hancur dan kuat. Cocok jika digunakan sebagai struktur awal dan mudah untuk didapatkan. Ukuran batu ini juga beragam, mulai dari batu besar yang sudah dibelah sampai sesuai ukuran yang kita butuhkan. Harga dari batu kali ini akan dihitung sesuai satuan dan bahan bangunan yang lain sama seperti harga pasir 1 colt, meter kubik, pick up sampai ukuran ton.

Harga tersebut juga masih bisa berubah tanpa kita ketahui atau sewaktu-waktu, jadi konsumen masih bisa selalu melihat update terbaru yang ada.

Supermarket Bahan Bangunan

Setiap supermarket atau toko bahan bangunan biasanya menyediakan berbagai macam jenis dan bentuk bahan untuk pembangunan yang sering dibutuhkan. Mulai dari harga triplek, atap asbes, kayu, besi beton, semen, pasir, batu, batu bata, cat tembok, keramik dan yang lainnya.

Keramik sendiri memiliki beberapa fungsi dan motif yang dapat dipilih sesuai selera. Fungsinya tidak hanya bisa digunakan pada lantai rumah tapi juga bisa dipasang untuk bagian dinding. Motif yang dapat dipilih seperti motif batu alam, motif kupu, motif timbul dan yang lainnya.

Sedangkan untuk harga bahan bangunan terbaru masih dapat berubah sewaktu-waktu. Sesuai perkembangan atau kondisi dan situasi. Harga yang diberikan biasanya juga setiap daerah akan berbeda satu sama lainnya. Ada juga harga yang berbeda, dari 1 toko bangunan ke toko bangunan yang lain.

Sumber : Renovasi.co.id

 

Comments are closed.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.