Dalam dunia pendidikan di Indonesia, terdapat beberapa istilah yang mungkin tidak diketahui oleh orang awam. Namun ada juga yang sudah mengetahui istilah berikut ini, namun tidak tahu fungsi dan cara menggunakannya. Seperti halnya istilah Dana BOS atau GTK. Kedua istilah tersebut sangat penting sekali didalam dunia pendidikan sekolah dan juga untuk para guru.

Pengertian Dana Bos
Dana BOS adalah Dana Operasional Sekolah. Dana Bos merupakan Program yang dirancang oleh pemerintah dalam upaya untuk membantu instansi sekolah yang ada di seluruh negara Indonesia. Bantuan berupa pendidikan berupa Dana tersebut akan diberikan berdasarkan jumlah siswa yang terdaftar dalam sekolah tersebut.

Tujuan & Fungsi Dana Bos
Dengan Dana Bantuan Operasional Sekolah dari Pemerintah, Pihak sekolah dapat menggunakan Dana BOS dalam memenuhi kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan lebih baik, seperti: menyediakan alat belajar dan mengajar, membayar gaji para guru, serta mengembangkan sarana & prasarana pendidikan yang terdapat dalam sekolah tersebut seperti ruang perpustakaan, ruang praktek, atau lain-lain.

Jenis-Jenis Dana Bos
1. Dana BOS Reguler
Untuk memenuhi keperluan operasional sekolah dalam bidang pendikdikan, meliputi: kegiatan belajar mengajar di sekolah, penerimaan siswa/siswi baru, dan pemeliharaan sarana & prasarana yang ada di sekolah.

2. Dana BOS Kinerja
Diberikan untuk sekolah yang memiliki kinerja yang baik, sehingga kinerja sekolah akan menjadi lebih baik dan diharapkan dapat mencapai standar nasional pendidikan.

3. Dana BOS Afirmasi
Untuk sekolah yang memiliki kriteria 3 T  (Tertinggal, Terluar, Transmigrasi). Sehingga dana BOS tersebut dapat membantu operasional sekolah yang berada di kawasan tersebut.

Jenjang Sekolah Penerima Dana BOS

Dana BOS akan diberikan kepada jenjang pendidikan sekolah mulai dari SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMK, dan SMA. Untuk Jenjang perguruan tinggi sayangnya tidak mendapatkan bantuan BOS.

Besaran Dana BOS
Dibawah ini perkiraan besaran bantuan dana bos yang diberikan pemerintah periode 2020/2021

– Sekolah SD: Rp 900 ribu per satu orang peserta didik setiap tahun.
– Sekolah SMP: RP 1,1 juta per satu orang peserta didik setiap tahun.
– Sekolah SMA: Rp 1,5 juta per satu orang peserta didik setiap tahun.
– Sekolah SMK: Rp 1,6 juta per satu orang peserta didik setiap tahun.
– Sekolah khusus (SDLB, SMPLB, SMALB, SLB): Rp 2 juta per satu orang peserta didik setiap tahun.

Nah tadi sudah dijelaskan tentang Bantuan Bantuan Dana BOS. Setelah ini akan dijelaskan tentang GTK.

Pengertian GTK

GTK adalah kepanjangan dari Guru dan Tenaga Kerja Pendidikan.

Apa itu Info GTK?

Info GTK merupakan data individu dari Bapak guru/Ibu guru yang sudah dimasukkan dalam Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Operator Dapodik akan mengupdate data secara rutin untuk sertifikasi GTK.

Fungsi Info GTK

Para guru dan Tenaka Kerja Pendidikan yang sudah sertifikasi, akan mendapatkan kompensasi tambahan berupa tunjangan profesi. Jika data sudah valid maka Tunjangan profesi bisa dicairkan.

Cara Cek Info GTK
Bapak/Ibu Guru dan Tenaga kerja pendidikan bisa cek Status Info GTK di situs Kemendikbud (
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Silahkan login ke halaman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Referensi :

 

 

Comments are closed.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.