Depok merupakan sebuah kota yang terletak di propinsi Jawa Barat. Kota Depok ini posisinya terletak tepat di selatan Jakarta, tepatnya antara Jakarta Dan Bogor. Info menariknya adalah bahwa Depok pada dahulu kala merupakan kecamatan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Bogor. Namun pada tanggal 27 bulan april tahun 1999, Kecamatan depok berubah statusnya menjadi Kota Depok.

Kota Depok yang masih berada di propinsi Jawa Barat ini termasuk Kota yang cukup padat penduduk, dengan jumlah penduduk sekitar 2.462.215 jiwa, dan menjadikannya sebagai Kota terpadat di Indonesia peringkat ke 10, jumlah populasi ini dihitung berdasarkan sensus penduduk yang dilaksanakan pada tahun 2021. Sedangkan untuk luas wilayah Kota Depok sekitar 200,29 km2

Setiap Orang pasti menginginkan hidup berpasangan. Banyak orang yang tinggal di Kota Depok.
Orang-orang yang tinggal di Depok, khususnya pada umur yang telah dewasa, pasti menginginkan hidup berpasangan, untuk itulah Mereka harus menikah. Menikah itu hukumnya wajib jika kedua belah pihak ingin hidup bersama. Nah ada istilah nikah siri. Apa itu nikah siri?

Apa Itu Nikah Siri?
Pengertian nikah siri adalah sebuah pernikahan yang dilakukan secara rahasia. Dalam bahasa arab, Sirri atau Sir, memiliki makna rahasia. Pernikahan ini dilakukan secara rahasia dan tertutup. Dalam norma agama, nikah siri ini hukumnya sah sah saja, tapi beda halnya secara norma hukum, karena sebenarnya nikah siri tidak tercatat di KUA.

Syarat Nikah Siri
Ada beberapa persyaratan nikah siri yang harus dipatuhi agar pernikahan siri itu menjadi halal. Perhatikan syaratnya berikut ini.

  1. Kedua calon mempelai haruslah beragama Islam atau bersedia masuk Islam.
  2. Jika calon mempelai perempuan berstatus janda, harus menunjukan surat cerai dan sudah melewati masa idah. Tetapi jika tidak bisa memperlihatkan surat cerai akibat ditinggal meninggal oleh suami, wali hakim akan meminta pengakuan lisan dari calon mempelai wanita akan statusnya. Pengakuan lisan ini bersifat mengikat, disaksikan oleh para saksi serta calon mempelai pria, serta menjadi tanggung jawab dari calon mempelai wanita atas kebenarannya.
  3. Calon mempelai pria belum memiliki 4 orang istri.
  4. Kedua calon mempelai boleh menunjukan KTP/Paspor yang berlaku sebelum ijab qobul, untuk memastikan bahwa pasangan yang akan dinikahkan adalah benar sesuai ktp/parpor tersebut.
  5. Membawa & memperlihatkan mahar yang diberikan saat ijab qobul.
  6. Khusus bagi wanita yang akan dinikahi siri untuk dijadikan istri ke2, ke3 atau ke4, mintalah mahar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sekedar menyerahkan diri untuk dinikahi melainkan pertimbangkan juga faktor penunjang hidupmu untuk menjamin kelangsungan ibadah, ketenangan, kelancaran.

Untuk yang tinggal di Depok dan ingin melakukan nikah siri, mungkin Kamu membutuhkan jasa nikah siri depok, untuk mempermudah Kamu dalam melakukan sebuah pernikahan siri yang ada di Kota Depok.

 

Comments are closed.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.