[Tektupis] Text to Voice Indonesia dengan Pengaturan Efek dan Speed

Perubahan zaman membuat semua yang sebelumnya tampak mustahil menjadi hal yang biasa atau lumrah untuk dilakukan. Contoh paling mudahnya belanja kebutuhan rumah tangga. Sebelum ada marketplace online orang lebih memilih belanja ke pasar tradisional atau memanggil pedagang keliling.

Perbedaan lainnya sebelum ada pinjaman online masyarakat lebih senang meminjam uang melalui rentenir atau datang langsung ke bank. Jadi tidaklah aneh jika Anda menemukan situs web konversi teks ke suara seperti Voice Maker.

Apa itu Voice Maker

Teknologi Voice Maker amat sangat membantu terutama bagi Anda yang hobi membuat video tanpa suara. Cara menggunakan Voice Maker juga sangat mudah Anda hanya perlu mengunjungi website resminya ke https://www.voicemaker.in untuk mendapatkan informasi terlengkap.

ReferensiVoice Maker Text-to-Speech Indonesia

Sementara itu, simak terlebih dahulu dua kelebihan utama Voice Maker berikut ini:

Tentang voice maker - text to speech download mp3
Tentang voice maker – text to speech download mp3

Mendukung Lebih Dari 50 Bahasa

Hingga saat ini Voice Maker melayani konversi teks ke suara kurang lebih dari 50 bahasa di dunia. Selain bahasa Indonesia, Anda juga bisa konversi teks ke bahasa Inggris, Denmark, Rusia, Cina Mandarin, Jerman dan sebagainya.

Mendukung Berbagai Metode Pembayaran

Tidak hanya menyediakan layanan gratis, Voice Maker juga menawarkan paket langganan. Anda yang tertarik membeli bisa belanja menggunakan alat pembayaran seperti Paypal, VIS, Stripe.com maupun Mastercard.

Fitur-Fitur Voice Maker

Tidak kalah bagus dan dominan dari pengubah teks ke suara lainnya, Voice Maker juga punya banyak ciri khas sebagai berikut.

  • Voice Speed

Pengguna bisa mengatur sendiri kecepatan suara yang diinginkannya melalui fitur Voice Speed. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan kecepatan x-Fast, Fast, Normal, hingga x-Slow.

  • Voice Effect

Fitur utama yang biasanya banyak pengguna Voice Maker manfaatkan adalah Voice Effect. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih efek suara yang disukainya.

  • Audio Format

Simpan hasil konversi suara Anda pada file OGG atau MP3. Dukungan format file yang lebih beragam memudahkan Anda untuk mendengarkan hasil konversi di kemudian hari.

  • Download MP3

Masih berhubungan dengan fitur sebelumnya, Voice Maker juga menyediakan fitur download MP3. Artinya, Anda bisa mengunduh dan menyimpan kapanpun hasil konversi teks ke suara sesuai kebutuhan.

Tips Mengatasi Jaringan Indosat yang Lemot

Sebagai pengguna jaringan internet, tentunya kita menginginkan kecepatan dalam mengakses sesuatu. Namun, apa jadinya jika provider yang anda gunakan mengalami gangguan? Misalnya, seperti jaringan Indosat yang lemot dan lain sebagainya.

Seperti  kita ketahui, Indosat menjadi salah satu provider yang cukup populer. Tidak sedikit orang menggunakannya, lantaran lebih terjangkau dan memberikan koneksi internet yang baik.

Meskipun begitu, sebagian pengguna terkadang mengeluhkan karena jaringannya lemot. Padahal sudah menggunakan jaringan 4G sekalipun.

Jaringan Indosat yang Lemot, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Salah satu penyebab Indosat lemot ini, biasanya karena keberadaan lokasi penggunanya. Terkadang, penggunaan jaringan Indosat di kota-kota lebih cepat bila kita bandingkan di pedesaan.

Selain itu, setiap daerah pastinya mempunyai menara pengantar jaringan yang berbeda-beda. Semakin dekat jarak pengguna dengan menara jaringan tersebut, maka koneksi internetnya juga semakin kuat, dan begitu pula sebaliknya.

Penyebab lainnya, juga bisa karena suhu smartphone anda yang terlalu panas. Ketika, suhu terlalu tinggi, performa HP akan menurun dan membuat jaringan menjadi lemot.

Namun, tenang saja, jaringan Indosat yang lemot ini dapat anda atasi dengan mudah. Mau tahu seperti apa tipsnya? Berikut ini kami berikan untuk anda!

Mengaktifkan Mode Pesawat

Tips yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Caranya, langsung saja aktifkan mode pesawat pada smartphone anda.

Lihat pulaCara Buat Nada Dering WA dengan freeTTS

Setelah anda aktifkan, secara otomatis jaringan internet akan terputus dari smartphone sementara waktu. Kemudian, non aktifkan mode pesawat seperti semula.

Setelah itu, jaringan Indosat anda akan kembali normal. Pasalnya, dengan mengaktifkan mode pesawat jaringan Indosat akan menjalankan reconnect jaringan.

Dengan begitu, dapat memulai jaringan IP yang baru. Sebenarnya, tidak hanya provider Indosat saja, anda juga bisa menggunakan cara ini untuk provider yang lemot lainnya.

Atur APN Indosat

Jaringan Indosat yang lemot, juga bisa anda atasi dengan mengatur APN-nya. APN default yang Indosat berikan pada smartphone anda yakni “indosatgprs”.

Agar koneksi internet anda lancar, maka sesuaikan setting-an APN Indosat tersebut. Ingat, setiap provider memiliki APN yang berbeda-beda, untuk itu jangan sampai salah.

Cara settingnya, bisa seperti ini:

  • Name: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Username: Indosat
  • Password: Indosat

Setting ke 4G Only

Saat ini, hampir semua orang sudah beralih menggunakan sinyal 4G. Pada dasarnya, memang lebih baik menggunakan sinyal 4G daripada 3G.

Begitu pula jika kita menggunakan provider Indosat. Jaringan Indosat akan semakin cepat jika mendapatkan dukungan dari sinyal 4G.

Coverage Indosat di Pulau Jawa
Coverage Indosat di Pulau Jawa

Untuk itu, sebelum anda setting ke 4G only ada beberapa hal yang harus anda pastikan. Seperti, smartphone, kartu Indosat, dan lokasi anda sudah mendukung 4G.

Setelah itu, barulah anda masuk ke pengaturan jaringan pada smartphone untuk setting ke 4G only. Sehingga, jaringan anda tidak akan berubah lagi ke 3G.

Restart Smartphone

Ada tips mudah lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Jangan khawatir, tips ini bisa sangat membantu.

Caranya, adalah dengan restart smartphone anda. Biasanya, hanya dengan menunggu proses restart selesai, jaringan akan berubah menjadi normal kembali. Meskipun sederhana, cara ini patut untuk anda coba!

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Kini, berada di pedesaan atau jauh dari menara pengantar jaringan tidak akan menjadi masalah lagi. Anda tetap bisa menggunakan jaringan Indosat dengan cepat dan lancar. Selamat mencoba!

Mengenal Game Zona Cacing dan Cara Memainkannya di Android Kamu

Beberapa waktu lalu game Zona Cacing sedang digemari banyak orang di seluruh dunia. Tidak hanya anak kecil saja yang menyukainya, namun orang dewasa pun menyukai game ini. Bahkan game ini sempat trending.

Jika Anda perhatikan, maka sepintas game Zona Cacing mirip dengan permainan ular atau snake yang sering kita mainkan di HP jadul Nokia. Namun game Cacing ini sekarang berbeda, karena sudah dikemas menjadi lebih modern dan kekinian. Bahkan Anda bisa memainkan game ini secara multiplayer.

Lihat pula: Cara Paling Mudah Daftar NSP Telkomsel di 2021

Review Aplikasi Game Zona Cacing

Meski game in sangat sederhana, namun faktanya mampu memikat banyak orang di seluruh dunia. Ada berbagai alasan kenapa aplikasi ini begitu banyak didownload, seperti:

  • Aplikasi game ini mempunyai ukuran yang kecil, bahkan tidak sampai 50 MB. 
  • Tidak membutuhkan spek HP yang tinggi untuk memainkan game ini.
  • Banyak dimainkan oleh Streamer Facebook.
  • Game ini dibuat untuk santai dan dimainkan pada waktu kosong saja.
  • Tidak perlu membutuhkan rank, untuk menjadi peringkat pertama. 
  • Game ini sangat mudah dimainkan oleh siapa saja, dari usia anak-anak sampai orang dewasa.
  • Tidak menghabiskan banyak kuota internet, bahkan dimainkan secara offline juga bisa.
  • Game ini mempunyai tampilan yang cukup menarik dan memiliki beragam opsi warna dan motif cacing, sehingga pemain bisa memilih sesuai keinginannya sendiri.

oid

Cara Download Game Zona Cacing

 

Cara mengunduh game ini gampang, jika Anda tinggal pergi ke Google Play Store. Kemudian cari dan pilih game Zona Cacing atau Worms Zone. Setelah itu, tinggal Anda download dan install.

Selain melalui Google Playstore, Anda juga bisa mengunduhnya di bawah ini:

https://apkpure.com/id/worms-zone-io-voracious-snake/com.wildspike.wormszone

Cara Bermain Game Zona Cacing

Meskipun sudah populer, mungkin ada sebagian orang yang belum tahu cara bermain game ini. Berikut penjelasan mengenai cara bermain game cacing ini:

  • Setelah Anda unduh dan install, silahkan masuk ke dalam tersebut.
  • Disarankan ketika Anda masuk, pakai akun FB agar memperoleh koin tambahan.
  • Kemudian sesuaikan posisi jari tangan Anda. Tujuannya supaya Anda bisa mendapatkan gerakan yang enak dan nyaman saat bermain.
  • Ketika mulai bermain, makanlah terlebih dahulu apa yang ada di sekitar layar. Usahakan jangan memakan cacing lainnya, karena cacing Anda belum mampu untuk melakukan itu. Maka dari itu, besarkan terlebih dahulu badan cacingnya.
  • Perhatikan berbagai item spesial yang muncul. Sebab item tersebut sangat berguna dalam membesarkan tubuh cacing Anda.
  • Jika memang memungkinkan, kombinasikan item tersebut dengan yang Anda miliki supaya bisa mempercepat perolehan poin.
  • Usahakan jangan terlalu cepat dalam mengendalikan cacing Anda. Sebab jika terlalu cepat, cacing akan lebih sulit dikendalikan. Bahkan kemungkinan cacing Anda menabrak cacing lain, sehingga membuat cacing menjadi mati.
  • Jadi, sangat disarankan untuk membesarkan tubuh cacing Anda terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memainkan game ini lebih lama, sehingga badan caing akan jauh lebih besar.

Fitur Game Zona Cacing

 

Berikut beberapa fitur yang terdapat di dalam game cacing ini, yang sebaiknya Anda tahu:

1. Item Zoom

 

Sesuai dengan namanya, kalau fitur ini memungkinkan Anda melihat layar lebih jauh daripada biasanya. Ketika mendapatkan item ini, secara otomatis layar pada game dan arena permainan menjadi lebar, sehingga Anda bisa melihat lebih jelas yang ada di sekitar cacing yang Anda mainkan.

2. Item Turn

 

Tidak sedikit orang yang mengira, kalau item berfungsi untuk menyedot makanan dari 2 arah sekaligus. Faktanya itu salah. Justru item ini berguna untuk meningkatkan cacing Anda dalam manuver, sehingga bisa menghindarkan tabrakan dengan cacing lainnya.

3. Item Speed Up

 

Seperti namanya, kalau item ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan cacing dalam menuju kumpulan makanan dari cacing lain yang bertabrakan.

Dengan adanya item ini, cacing ini bisa lebih cepat daripada biasanya. Namun kecepatannya masih di bawah pada saat kita menekan layarnya dua kali.

4. Item Radar

 

Item ini sangat berguna sebagai radar yang menunjukkan tempat atau lokasi di mana cacing mati akibat bertabrakan dengan cacing lainnya.

Namun item radar dapat mengurangi poin makanan yang sebelumnya telah Anda kumpulkan, tapi ini berlaku kalau Anda bermain dengan tempo cepat ataupun memakai boost kecepatan.

5. Item Multiply

 

Apabila Anda memperoleh item berwarna biru ini, maka dalam waktu sebentar Anda bisa mengumpulkan poin dengan cepat. Terutama jika menjumpai cacing besar mati dan item ini baru saja Anda dapatkan. 

Jadi, inti dari item ini adalah meningkatkan jumlah makanan yang dimakan oleh cacing Anda sebanyak 5X. 

Misalnya, makanan itu poinnya 3, maka dengan adanya item ini poinnya bisa berubah menjadi 15. Item multiply sangat cocok dikombinasikan dengan item magnet. Karena selain menyedot makanan banyak juga menghasilkan poin yang banyak.

6. Item Magnet

 

Item yang memiliki bentuk botol berwarna merah dan biru ini berfungsi sebagai magnet. Di mana item ini membantu cacing Anda meningkatkan jumlah makanan atau apapun itu yang Anda jumpai di arena pertempuran cacing.

Game ini sangat ringan sekali karena ukurannya yang kecil, sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Jika Anda tertarik dengan game Zona Cacing, bisa langsung download di Play Store atau App Store.

Excite Point, Aplikasinya Tukang Belanja Online

Jika Anda termasuk individu yang lebih suka belanja online daripada harus datang ke pasar atau supermarket, maka bisa mencoba berbelanja online melalui aplikasi Excite Point. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berbelanja segala kebutuhan lengkap dan mudah hanya berbekal smartphone.

Hebatnya lagi, setiap kali Anda melakukan belanja dan aktivitas lainnya di Excite Point, Anda berhak mendapatkan poin dengan jumlah tertentu. Poin-poin tersebut nantinya bisa Anda manfaatkan untuk ditukar dengan barang-barang yang Anda inginkan. Sangat menarik bukan? 

Review Aplikasi Excite Point

Excite Point merupakan joint venture yang dilakukan oleh Sinarmas Group dengan Itochu Grup yang juga memiliki Excite di Jepang. Di Negeri Sakura tersebut, Excite lebih dikenal sebagai agregator berita, pameran, acara-acara, jual beli tiket dan masih banyak lagi.

Sedangkan di Indonesia, Excite Point  adalah portal dan aplikasi di mana pengguna bisa mendaftar menjadi anggota untuk mendapatkan reward menguntungkan. 

Caranya adalah dengan melakukan berbagai aktivitas yang ada di portal/aplikasi semisal berbelanja, download aplikasi, melakukan survey dan lain sebagainya.

Lihat pula: Cara Upload Laravel ke Hosting dan Koneksi ke Database

1. Lakukan Berbagai Aktivitas untuk Mengumpulkan Poin

Bagaimana ini bisa terjadi? Ternyata Excite Point bekerja sama dan melakukan kampanye dengan advertiser. Misalnya saja ada advertiser yang butuh meningkatkan traffic websitenya, maka Excite Point memanfaatkan membernya untuk mengunjungi website tersebut dengan imbalan poin.

Selain kampanye seperti di atas, masih banyak tugas lain yang bisa dilakukan oleh member untuk mengumpulkan poin yang banyak. Nantinya poin tersebut bisa ditukar dengan berbagai reward yang menguntungkan, misalnya saja pulsa all operator, voucher belanja dan lain sebagainya.

Tentunya, Anda harus rajin melakukan aktivitas di Excite Point agar poin Anda menumpuk dan bisa segera ditukarkan. Tidak bisa dipungkiri, layanan yang ditawarkan oleh Excite Point ini sangat menguntungkan, karena member pun tidak disulitkan dalam menjalankan seluruh aktivitas yang ada.

2. Manfaatkan Waktu Luang dengan Melakukan Hal yang Menguntungkan

Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk melakukan hal-hal bermanfaat dan menguntungkan. Dengan rajin melakukan aktivitas, Anda akan mendapatkan banyak poin untuk ditukarkan dengan reward menarik tanpa harus mengeluarkan uang sendiri.

Cara Download Excite Point

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik menggunakan Excite Point? Jika iya, cara downloadnya bisa diperhatikan seperti di bawah ini:

  • Pertama, download aplikasi Excite Point terlebih dahulu melalui link ini.
  • Setelah website termuat dengan sempurna, klik “Unduh APK” (ukurannya sekitar 11 MB) dan tunggu proses download hingga selesai.
  • Jika sudah selesai, sekarang buka File Manager lalu cari folder download.
  • Sekarang cari file Excite Point APK dan klik untuk memasangnya di smartphone.
  • Setelah aplikasi terpasang di Android, sekarang Anda bisa membukanya dan mulai  perjuangan untuk mendapatkan poin yang melimpah.

Panduan Cara Pakai Excite Point

1. Cara Daftar Member Excite Point

 

  • Buka aplikasi Excite Point lalu klik “Daftar” untuk menjadi anggota.
  • Selanjutnya pilih ingin menggunakan Akun Facebook atau Akun Google (Anda juga bisa menggunakan alamat email lain).
  • Selanjutnya masukkan kata sandi minimal 8 karakter.
  • Selanjutnya isikan lagi kata sandi untuk mengkonfirmasinya.
  • Selanjutnya masukkan nomor telepon aktif yang Anda gunakan.
  • Jika semua sudah benar, Anda bisa klik “Daftar” untuk resmi menjadi member Excite Point.

 

2. Cara Tukar Poin di Excite Point

Setelah Anda mengumpulkan poin yang cukup, Anda bisa menukarkan poin tersebut dengan berbagai reward yang menarik. Berikut cara tukar poin dengan reward di aplikasi Excite Point:

  • Di beranda aplikasi, Anda bisa klik menu “Tukar Poin”.
  • Begitu terbuka, sekarang Anda bisa pilih reward yang Anda inginkan.
  • Jangan khawatir, penukaran poin tidak dikenai biaya sepeserpun alias gratis.
  • Setelah penukaran poin selesai, poin Anda otomatis akan berkurang sesuai dengan jumalh poin yang dibelanjakan.

Fitur-Fitur Excite Point

1. Dapatkan Poin dengan Melakukan Banyak Aktivitas

Melalui aplikasi Excite Point, Anda bisa melakukan banyak kampanye demi mendapatkan poin yang banyak. Setiap aktivitas menawarkan jumlah poin yang berbeda-beda sebagai reward, tergantung tingkat kesulitan dari aktivitas tersebut.

Berikut opsi aktivitas yang bisa Anda lakukan:

  • Mengikuti Polling
  • Mengisi Survey
  • Menulis Review di Website
  • Berbelanja
  • Download Aplikasi
  • Klik dan lain sebagainya

2. Tukar Poin dengan Berbagai Reward Menarik

Setiap aktivitas yang Anda lakukan di atas, Anda bisa mendapatkan poin sesuai yang tertera. Poin tersebut nantinya bisa ditukar dengan berbagai reward yang menguntungkan, di antaranya adalah:

  • Pulsa All Operator
  • Voucher KFC, McD dan Pizza Hut
  • Voucher Belanja di Alfamart, Indomaret dan Giant
  • Tiket Wisata
  • Voucher SPBU Pertamina
  • Barang-barang Elektronik, dst

Menggunakan aplikasi Excite Point dan melakukan berbagai aktivitas di dalamnya bisa memberikan Anda keuntungan yang nyata. Melalui poin-poin yang terkumpul, Anda bisa menukarkannya dengan berbagai reward menarik gratis tanpa dikenai biaya.

ilustrasi simbiosis

Mengenal Simbiosis Amensalisme dan Contoh-contohnya

Jika sebelumnya kita telah banyak belajar seputar tiga simbiosis yang umum kita jumpai, kini saatnya kita buka wawasan untuk mengetahui simbiosis yang lain.

Sebenarnya ada berapa sih simbiosis itu? Setelah membaca seluruh artikel ini maka kamu akan bisa menjawab sekaligus mengetahui dimana letak perbedaannya.

Yang akan kita bahas yaitu simbiosis amensalisme. Memang namanya sedikit mirip dengan simbiosis komensalisme.

Apakah mereka bersaudara? Tidak ya sobat. Justru keduanya ini seperti bertolak belakang atau berlawanan. Daripada makin penasaran, yuk lanjut aja baca sampai akhir ya!

Referensi lainnya: Teorema Limit Tak Hingga

Pengertian Simbiosis Amensalisme

Simbiosis Amensalisme sering diartikan sebagai lawan dari simbiosis komensalisme. Jika arti dari simbiosis komensalisme adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan dan yang lain tidak diuntungkan juga tidak dirugikan.

Pengertian Simbiosis Amensalisme
Pengertian Simbiosis Amensalisme

Nah, simbiosis amensalisme juga berarti hubungan antara dua makhluk hidup yang merugikan satu pihak sementara pihak lainnya tidak terpengaruh apa-apa.

Menurut pengertian itu bisa kita simpulkan bahwa simbiosis amensalisme mengakibatkan kerugian pada pihak pertama, tetapi uniknya pihak yang lain tidak merasa diuntungkan apalagi dirugikan. Pantas saja dikatakan berlawanan dengan simbiosis komensalisme.

10 Contoh Simbiosis Amensalisme

Karena yang familiar serta akrab kita dengar adalah simbiosis komensalisme, maka sebenarnya ada beberapa interakksi makhluk hidup yang termasuk dalam Simbiosis Amensalisme. Tetapi sebagian dari kita memang belum menyadari. Simak contohnya di bawah ya!

1. Hubungan antara Jamur Penicillium sp dengan Bakteri Gram Positif

Simbiosis Amensalisme - Jamur Penicillium SP dengan Bakteri Gram Positif
Jamur Penicillium SP dengan Bakteri Gram Positif

Jamur penicillium memiliki senyawa yang bisa membunuh bakteri gram positif. Perlu kita ketahui bahwa senyawa ini juga bisa membunuh bakteri lainnya. Tentu akan merugikan pihak lain, tetapi jamur peicillium tidak merasa diuntungkan.

2. Hubungan antara Pohon Walnut dengan Tumbuhan di Sekitarnya

Simbiosis Amensalisme - Pohon Walnut dengan Tumbuhan di Sekitarnya
Pohon Walnut dengan Tumbuhan di Sekitarnya

Buah walnut merupakan salah satu buah yang banyak diburu masyarakat Indonesia selain durian tau buah lainnya.

Tetapi tahukah kamu bahwa pohon walnut juga bisa mengeluarkan senyawa bernama alelopati yang dapat menyebabkan pohon lain di sekitarnya tidak bisa bertahan.

Dengan senyawa itu pohon walnut bisa mendapatkan nutrisi lebih dari dalam tanah, yang seharusnya didapatkan pohon lain.

3. Hubungan antara Pohon Pinus dengan Tumbuhan di Sekitarnya

Simbiosis Amensalisme - Pohon Pinus dengan Tumbuhan di Sekitarnya
Pohon Pinus dengan Tumbuhan di Sekitarnya

Pohon pinus juga memiliki senyawa alelopati yang bisa mengakibatkan tidak adanya tanaman lain yang hidup di sebelahnya.

Senyawa ini bisa membuat pohon pinus bertahan dari serangan patogen, yang bisa mengancam hidupnya.

Untuk itu, sering kita jumpai hutan pinus yang memang hanya berisi pohon pinus saja. Ini merugikan tanaman lain tetapi pohon pinus tidak merasa diuntungkan atau dirugikan juga.

4. Hubungan antara Lantana dengan Gulma Anggur

Simbiosis Amensalisme - Lantana dengan Gulma Anggur
Lantana dengan Gulma Anggur

Lantana hampir mirip dengan gulma yakni mengeluaran senyawa alelopati yang dapat merugikan tanaman lain, terutama gulma anggur.

Meskipun sama-sama gulma, tetapi gulma anggur akan terdampak racun jika ada lantana di sekitarnya. Ini akan merugikan gulma anggur, sementara lantana tidak merasa rugi ataupun untung. Ini ciri simbiosis amensalisme ya.

5. Hubungan antara Brokoli dengan Kubis

Simbiosis Amensalisme - Brokoli dengan Kubis
Brokoli dengan Kubis

Brokoli memang salah satu sayuran yang kerap kita jumpai berdampingan dengan kubis.

Namun perlu kamu tahu ya, bahwa di dalam brokoli itu terdapat satu senyawa resindu yang biasa membuat brokoli tidak cepat layu.

Tetapi senyawa ini justru menjadi penyakit bagi si kubis, karena bisa membuat kubis cepat busuk. Jadi kalau punya dua sayuran ini, simpan di tempat yang berbeda ya.

6. Hubungan antara Gulma dengan Tumbuhan Produksi

Simbiosis Amensalisme - Gulma dengan Tumbuhan Produksi
Gulma dengan Tumbuhan Produksi

Tanaman gulma biasa kita sebut dengan alang-alang. Gulma akan tumbuh di sela-sela tanaman produktif dan bisa mengeluarkan zat senyawa alelopati yang beracun bagi tanaman lainnya.

Selain itu, gulma biasanya akan mengambil air dan mineral yang dimiliki oleh tanaman produktif sehingga bisa kita lihat tanaman gulma biasanya lebih cepat berkembang daripada tanaman lainnya.

7. Hubungan antara Lamtoro dengan Gandum

Simbiosis Amensalisme - Lamtoro dengan Gandum
Lamtoro dengan Gandum

Lamtoro merupakan tanaman yang sering kita lihat di sekitar rumah. Siapa sangka, bahwa lamtoro ini memiliki senyawa yang dikeluarkan oleh tanaman lamtoro sangat berbahaya bagi tanaman gandum.

Untuk itulah adanya lamtoro jika disandingkan dengan gandum maka akan merugikan gandum itu sendiri.

8. Hubungan antara Rumput Teki dengan Tumbuhan di Sekitarnya

Simbiosis Amensalisme - Rumput Teki dengan Tumbuhan di Sekitarnya
Rumput Teki dengan Tumbuhan di Sekitarnya

Rumput teki biasanya tumbuh di halaman rumah dan memang tergolong dalam tumbuhan yang bisa hidup di medan seperti apapun.

Senyawa yang dikeluarkan oleh rumput teki ini juga sangat membahayakan tanaman lainnya lho.

Tak cukup itu, rumput teki akan mengambil zat hara melalui akarnya, bahkan zat hara yang dimiliki oleh tanaman lain.

9. Hubungan antara Dinoflagellata dengan Fitoplankton

Simbiosis Amensalisme - Dinoflagellata dengan Fitoplankton
Dinoflagellata dengan Fitoplankton

Dinoflagellata mirip sekali dengan tumbuhan alga, dan biasanya dinoflagellata ini akan mengeluarkan senyawa yang bisa membuat warna air berubah menjadi merah.

Tentu hal ini merugikan fitoplankton atau hewan lainnya karena air yang bersih menjadi kehilangan oksigen yang dibutuhkan.

10. Hubungan antara Ganggang Hydrodictyon dengan Bakteri Gram Positif

Ganggang hydrodictyon ini biasanya akan mengeluarkan senyawa alelopati yang bisa membunuh bakteri gram positif. Meski demikian ganggang ini juga bisa memberi manfaat pada manusia sebagai campuran antibiotik.

Contoh Soal dan Pembahasan

Disini kita akan coba merefleksi materi yang telah kamu baca diatas. Agar lebih mudah memahami, kami juga sediakan pembahasan.

Tentu akan semakin membantumu dalam memahami simbiosis amensalisme.

Soal 1

Apa ciri-ciri simbiosis amensalisme?

Jawaban : Sesuai dengan pengertiannya, bahwa simbiosis amensalisme yaitu kebalikan dari simbiosis komensalisme.


Soal 2

Dalam hubungan antara pohon pinus dengan tumbuhan lainnya, siapa yang dirugikan dan mengapa?

Jawaban : Tumbuhan lainnya. Karena pohon pinus mengeluarkan senyawa alelopati yang mengakibatkan tumbuhan lain tidak bisa hidup.


Soal 3

Mengapa simbiosis amensalisme biasa terdapat pada interaksi tumbuhan?

Jawaban: karena ciri utamanya yaitu terdapat senyawa alelopati, dimana senyawa itu hanya dimiliki oleh tumbuhan.


Soal 4

Apakah semua tumbuhan yang terkena dampak senyawa alelopati bisa mati?

Jawaban: mayoritas iya. Karena memang senyawa ini beracun dan bisa menyebabkan kematian pada tumbuhan lain apabila tidak bisa beradaptasi.


Soal 5

Mengapa senyawa alelopati tersebut bisa membahayakan bagi tumbuhan lainnya?

Jawaban: karena memang senyawa alelopati bisa menghambat penyerapan unsur hara dan juga bisa menghambat proses fotosintesis.


Itulah penjelasan seputar Simbiosis Amensalisme beserta contoh dan soal serta pembahasannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

toko kertas kenangan bekasi

Toko Kertas Kenangan, Distributor Kertas Legendaris di Bekasi

Kertas cetak dan kertas fotokopi merupakan barang penting untuk pekerjaan sehari-hari. Beberapa orang mungkin hanya memilih kertas dengan harga yang murah. Namun jika dilihat lebih jauh, jenis, ketebalan dan berat kertas yang dijual di pasaran berbeda. Untuk memilih kertas print dan fotocopy bisa mengunjungi Toko Kertas Kenangan.

Cara Memilih Kertas Print dan Fotokopi

Pilih kertas berdasarkan jenisnya

  • Kertas fotokopi, harganya terjangkau dan serbaguna

Kertas ini adalah kertas tanpa pelapis yang untuk mencetak teks biasa atau fotokopi. Jenis ini dapat digunakan untuk printer inkjet atau printer laser. Karena harganya yang relatif murah, biasanya kertas ini digunakan untuk cetak masal.

Kertas fotokopi dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu kertas biasa, kertas berkualitas tinggi dan kertas daur ulang. Kertas biasa merupakan kertas yang paling banyak digunakan dan paling murah yang sangat cocok untuk sehari-hari.

Kertas berkualitas tinggi adalah kertas yang biasa digunakan untuk mencetak kartu nama. Hasil cetakan kertas ini sangat bagus, cocok untuk mencetak dokumen. Sedangkan kertas daur ulang adalah kertas yang menggunakan kembali kertas bekas sebagai bahan bakunya, seperti koran atau majalah bekas. 

Terbaru dari Aplikasi Cek Resi dan Ongkir

  • Kertas print, menghasilkan cetakan gambar dan foto dengan kualitas tinggi

Bagi yang ingin mencetak foto atau gambar dengan hasil yang memuaskan, sebaiknya gunakan kertas ini. Kertas print adalah kertas coated yang sudah dilapisi. Meski lebih mahal dari kertas fotokopi, mereka bisa mencetak gambar hingga detil.

Ada dua jenis kertas cetak yaitu kertas glossy dan kertas matte. Jika Anda ingin mencetak foto yang tampak mengkilat dan mewah, pilih kertas glossy. Sebaliknya, jika ingin hasil cetakan terlihat lebih ringan dan tanpa kilat, Anda dapat menggunakan kertas matte. Jenis kertas ini tidak dapat digunakan di printer laser. Kertas ini juga memiliki dua sisi yang berbeda sehingga harus teliti agar tidak salah saat memasukkannya ke printer. 

Cek berat dan ketebalan kertas

Kertas print dan fotokopi tersedia dalam berbagai ketebalan. Anda dapat memilih ketebalan kertas sesuai kebutuhan. Pamflet biasanya menggunakan kertas tipis sedangkan kertas yang lebih tebal digunakan untuk mencetak dokumen dengan hasil yang berkualitas tinggi.

Satuan berat kertas (gramatur) adalah gram per meter persegi atau gsm (gram per square meter). Ukuran ketebalan kertas adalah milimeter (mm). Semakin besar angkanya, semakin berat dan tebal kertasnya.

Gramatur kertas fotokopi yang direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari adalah 65 gsm dan ketebalannya 0,09 mm. Sedangkan kertas berkualitas tinggi yang digunakan untuk sampul buku atau poster adalah 100 gsm dengan ketebalan 0,12 mm atau lebih.

Tentang Toko Kertas Kenangan

Toko Kertas Kenangan bergerak di bidang distributor kertas yang sudah berdiri lama sejak tahun 1990-an. Produk yang dijual di Toko Kertas Kenangan sudah terjamin menggunakan bahan baku yang berkualitas dan juga dijual dengan harga yang bersahabat.

Toko Kertas Kenangan menjual kertas HVS putih gramatur 60, 70, 80, 100 berbagai ukuran dan juga berbagai jenis kertas lainnya yang dapat dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan baik itu A4, A3, dan lainnya. Tersedia juga karton untuk kreasi flower paper. Anda bisa mengunjungi Toko Kertas Kenangan untuk melihat-lihat produk yang tersedia dan juga harganya. 

Toko Kertas Kenangan terletak di Jalan Ir. Juanda No.197B, RT.007/RW.001, Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17111, Indonesia. anda dapat menghubungi ke (021) 88352654 dan (021) 88355127 atau bisa langsung mengunjungi toko sesuai jam bukanya setiap hari Senin-Sabtu jam 8.00 pagi hingga 4.30 sore dan hari Minggu libur.

proses pembelajaran kognitif

Mengenal Apa yang Dimaksud Teori Belajar Kognitif

Teori belajar kognitif biasanya dipelajari oleh para calon guru. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran secara efisien dan efektif. Dengan teori belajar kognitif tersebut, diharapkan dapat memecah permasalahan yang muncul di dalam kelas. Pemecahan masalah dilakukan sesuai dengan prinsip belajar mengajar.

Pengertian Teori Belajar Kognitif

Teori belajar kognitif merupakan kemampuan intelektual yang terdiri dari pengetahuan, analisis, penerapan, sintesa, hingga evaluasi. Ketika proses kognitif belajar dapat berjalan dengan normal, maka penyimpanan informasi dan pengetahuan bisa bekerja secara baik ke depannya. Begitu sebaliknya, bila proses kognitif berjalan tidak sesuai aturan, pasti akan terjadi masalah belajar.

Prinsip Teori Belajar Kognitif

Pada teori belajar kognitif, memiliki beberapa prinsip yang penting di dalamnya. Prinsip tersebut digunakan untuk membuat proses belajar, berjalan dengan lancar. Sehingga murid – murid dapat menyerap pengetahuan dan informasi baru, dengan mudah.

  • Lebih mengutamakan proses, dibandingkan hasil.
  • Biasa dikenal dengan model perseptual.
  • Tujuan belajar memiliki hubungan dengan persepsi, tingkah laku, dan juga pemahaman seseorang.
  • Materi pelajaran yang dikemas dalam bentuk komponen kecil, akan mengurangi makna.
  • Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh dan mengolah informasi baru, melatih daya ingatan, dan aspek kejiwaan.
  • Belajar sama dengan aktivitas yang melatih daya berpikir pada anak.
  • Pada proses pembelajaran, harus ada keaktifan dan keterlibatan murid di dalamnya.
  • Materi dan proses pembelajaran, harus disusun dari yang paling mudah hingga sulit.
  • Perbedaan yang dimiliki setiap murid, wajib diperhatikan untuk keberhasilan proses belajar.

Lihat pula teori akademis lainnya:

Penerapan Teori Belajar Kognitif

Ada beberapa penerapan teori belajar kognitif yang wajib diketahui oleh calon guru dan juga guru. Dalam penerapan teori belajar ini, memiliki model belajar khusus di dalamnya. Mulai dari Gagne, Bruner, Intelektual Piaget, dan Ausubel. 

  • Murid harus Aktif

Pada teori belajar kognitif, kegiatan belajar tidak selalu dilakukan oleh guru. Namun murid – murid harus aktif dalam menemukan sesuatu yang sedang dipelajari. Oleh sebab itu, guru harus merancang materi pelajaran yang dapat menarik minat dan perhatian murid – murid. Sehingga murid bisa asyik dan mau terlibat dalam proses pembelajaran.

  • Perhatikan Bahan dan Metode Pembelajaran

Anda sebagai guru harus selalu memperhatikan bahan dan metode pembelajaran, yang dapat dicerna dengan mudah oleh semua murid. Misalnya materi berhitung. Untuk anak SD, cara menghitung bisa menggunakan benda. Hal ini karena kemampuan berpikir anak masih mencapai tahap awal atau operasi konkret.

  • Perhatikan Perkembangan Kognitif Murid

Proses belajar harus disesuaikan dengan perkembangan kognitif yang terjadi pada murid. Hal ini bertujuan agar murid dapat menerima informasi dan juga ilmu baru, dengan sangat mudah. Begitu juga dengan materi pembelajaran yang diberikan, harus sesuai dengan pola pikir murid – murid.

Teori belajar kognitif berhubungan dengan proses pemikiran, pengaruh faktor internal dan eksternal, serta perbedaan kondisi mental yang terjadi pada setiap individu. Ketika proses kognitif tersebut dapat berjalan sesuai aturan, maka dapat dikatakan bahwa penyimpanan informasi dan pengetahuan baru akan berlangsung baik. Begitu juga sebaliknya.

Karinov AMP Media Portal

 

 

ilustrasi content placement digital marketing

Mengenal Content Placement, Pemasaran Digital Model Baru

Website dan blog hadir memang mempunyai peran yang penting sebagai media online. Anda dapat memperoleh peran penting tersebut mengetahui hampir semua informasi yang berasal dari website atau blog, muncul di internet pada saat ini. Tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata sudah banyak orang memanfaatkan kegiatan blogging seperti content placement sebagai sumber pendapatannya.

Tentang Content Placement

1.      Mengupload Konten di Website Orang Lain

Content Placement sendiri merupakan kegiatan menyebarluaskan konten pada platform melalui di luar website bisnis Anda, serta mempunyai sifat membuat promosi untuk bisnis. Anda bisa memakai para penyedia situs atau jasa yang menawarkan content placement tersebut.

2.      Berupa Sponsored Post atau Iklan Berbayar

Content placement biasanya berupa sponsored post atau iklan berbayar. Para blogger pada umumnya dapat memperoleh penghasilan karena telah memposting suatu iklan milik kliennya. Sehingga pihak yang memberikan iklan pada blogger tersebut akan memperoleh keuntungan. Hal itu dikarenakan produk bisnis Anda akan dipromosikan dan tersebar semakin luas jangkauannya.

Lihat juga: 10+ Kriteria Guest Post yang Efektif

3.      Konsep Kerjasamanya Simbiosis Mutualisme

Konsep simbiosis mutualisme pada content placement ini akan memberikan keuntungan pada kedua belah pihak yang melakukan kerjasama, baik pihak penyedia jasa content placement atau pemakai jasanya. Anda juga bisa membuat promosi pada produk-produk bisnis untuk dibuat iklan, kemudian akan ditayangkan pada website atau blog-blog tertentu dengan jumlah pengunjung yang banyak.

4.      Cara Pemasaran yang Efektif

Website dan blog yang menjadi media untuk mendapatkan informasi dan sering digunakan oleh masyarakat, tentunya akan menjadi cara pemasaran yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Bagi Anda yang menyukai literasi dalam hal menulis pun bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dengan mudah. Website atau blog haruslah berkualitas dan memenuhi standar.

ilustrasi content placement digital marketing
ilustrasi content placement digital marketing

Manfaat Content Placement untuk Anda

1.      Biaya Lebih Murah

Biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan promosi melalui cara content placement terbilang lebih murah, dibandingkan dengan mempromosikannya melalui koran, tv, atau media yang lain. Besaran biaya yang dibutuhkan untuk memakai penyedia jasa content placement sendiri memang berbeda-beda. Apabila melihat jangka waktu, tentu lebih murah daripada memakai media lain.

2.      Waktunya Tidak Terbatas

Content placement berbeda dengan iklan-iklan yang dipasang melalui instastory platform media sosial milik influencer. Hal itu karena mereka cenderung mempunyai batasan waktu melakukan promosi tersebut atau bisa juga karena sesuai persyaratan media yang digunakan seperti reklame. Bentuk kerjasama itu akan terikat oleh waktu, tidak seperti content placement jadi Anda tidak perlu khawatir.

Tidak hanya dua manfaat di atas saja yang didapatkan, Anda juga akan mendapatkan backlink. Apabila bisnis milik Anda mempunyai website official untuk produk-produk yang dijual, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa backlink. Anda akan mendapatkannya dengan memakai content placement, karena dengan cara ini lebih memudahkan bisnis diketahui oleh banyak orang.

tampilan FB versi baru 2020

Tampilan Facebook Berubah di 2020, Ini Cara Pakai FB Versi Baru

Semenjak dirilis pertama kali pada tahun 2004, tampilan Facebook mengalami banyak perubahan menjadi lebih baik. Sejak tahun 2004 hingga tahun 2020, Facebook telah melakukan perombakan terhadap tampilan antar mukanya. Namun yang perlu Anda perhatikan, warna biru dan putih sebagai warna utama Facebook tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Tidak luput dari perubahan, pada tahun 2020, Facebook kembali merilis tampilan dengan versi baru yang bisa Anda nikmati. Namun, tidak semua tampilan secara otomatis dapat Anda gunakan. Sehingga, Anda harus mengatur perubahan tampilan menggunakan versi baru 2020 secara manual melalui menu pengaturan Facebook.

tampilan FB versi baru 2020
tampilan FB versi baru 2020

Lihat pula: Cara Desain Banner yang Bagus di Photoshop

Mengubah Ke Tampilan Facebook versi Baru

Tampilan versi baru yang dikeluarkan oleh Facebook pada tahun 2020 tidak berlaku pada versi seluler. Tampilan Facebook terbaru ini hanya berlaku untuk versi web saja. Tampilan terbaru yang dirilis oleh Facebook cenderung lebih minimalis dengan pengurangan warna dominan biru. Pada tampilan terbaru, menu dialihkan pada bagian tengah halaman dengan tombol berada di atas kolom status.

Kecepatan load page pada Facebook versi terbaru juga telah diperbaharui dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan versi yang lama. Untuk menikmati tampilan baru ini, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Masuk ke situs Facebook.com dan login ke akun Facebook Anda.
  2. Klik menu pengaturan pada Facebook. Jika Anda tidak menemukan menu pengaturan, klik ikon segitiga terbalik pada pojok kanan
  3. Pilih beralih ke Facebook baru
  4. Setelah terjadi peralihan, tampilan beranda Facebook Anda akan berubah menjadi versi baru tahun 2020.
  5. Jika ingin mengubah ke tampilan sebelumnya, Anda dapat melakukan cara yang sama dari nomor 1-3 dan memilih menu “Kembali ke Facebook Klasik”

Anda akan melihat versi terbaru dari Facebook dengan mengedepankan sisi minimalis dan penggunaan warna putih yang cukup banyak. Cukup berbeda dengan versi sebelumnya dengan penguatan warna biru. Pada tampilan terbaru, Facebook mulai mengurangi warna utama dari sosial media ini.

Perubahan tampilan Facebook dari tahun ke tahun memang selalu mengalami pengurangan dan penerapan konsep minimalis. Meskipun begitu, fitur yang ditawarkan oleh Facebook selalu mengalami perubahan yang cukup banyak, sehingga para penggunanya betah untuk selalu menggunakan Facebook setiap hari. Tampilan versi 2020 kini merupakan tampilan yang keren dan minimalis bagi Anda.

Ganesha Digital Library (Unofficial)