Cara Buat Suara Google di HP dengan dan Tanpa Aplikasi

Saat ini penikmat sosial media sedang marak dihibur dengan video-video berisi suara Google. Proses pembuatannya yang dianggap mudah karena cukup mengandalkan HP membuat para konten kreator berbondong-bondong mengedit teks dan kisah terbaik mereka untuk diubah menggunakan konsep suara Google. Lantas bagaimana cara buat suara google di HP? Ikuti langkah-langkahnya dalam artikel ini.

Cara Buat Suara Google di HP dengan Menggunakan Aplikasi

Bagi kamu yang menginginkan proses editing yang lebih fleksibel lewat aplikasi pendukung khusus untuk membuat konten, cara buat suara google di HP dengan menginstal aplikasi bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1: Buka App Store atau Play Store yang tersedia di HP-mu dan instal aplikasi pendukung seperti Text To Speech. 
  • Langkah 2:  buka aplikasi yang telah diinstal dan mulai untuk membuat suara Google dengan cara masukkan teks yang akan kamu ubah ke dalam bentuk suara lalu klik ikon speaker pada menu aplikasi tersebut
  • Langkah 3: Simpan hasil rekaman suara dengan cara klik ikon titik tiga pada bagian atas kanan dan pilih save to wav file.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang umumnya ada di HP-mu untuk melakukan hal serupa seperti Telegram dan TikTok. Untuk mengubah teks menjadi suara Google melalui aplikasi Telegram, kamu cukup menggunakan bot dengan mengetik @ttsbot pada kolom pencarian. Klik Start,  masukkan teks yang ingin diubah menjadi suara lalu klik kirim atau send. Terakhir, unduh file tersebut untuk menyimpannya.

Selain Telegram, bisa juga menggunakan aplikasi TikTok. Caranya juga cukup mudah dengan membuka aplikasi TikTok, lalu masuk ke menu untuk membuat konten, klik menu Text untuk menambahkan teks yang ingin diubah ke dalam bentuk suara Google dan klik Done. Selanjutnya, klik tulisan tersebut lalu pilih opsi Text – to – speech dan tunggu hingga muncul suara Google sesuai dengan teks yang sudah dibuat. Setelah selesai, kamu bisa langsung mengunggahnya di akun TikTok-mu.

Cara Buat Suara Google di HP Tanpa Aplikasi

Tak hanya lewat aplikasi, cara buat suara google di hp pun  bisa dilakukan tanpa aplikasi, yakni lewat situs-situs yang menyediakan  fitur pengubah teks jadi suara. Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan di sini, lebih jelasnya simak langkahnya berikut ini: 

  1. Langkah 1: Buka browser dan masuk ke salah satu situs pengubah teks jadi suara seperti soundoftext.com, voicemaker.in, voiceoftext.com, dan lainnya.
  2. Langkah 2: Masukkan atau ketik teks yang ingin kamu ubah menjadi suara menggunakan fitur Google di kolom yang tersedia.
  3. Langkah 3: Pilih bahasa yang akan kamu gunakan. Fitur suara Google ini sendiri menyediakan berbagai macam bahasa mulai dari bahasa Internasional sampai dengan bahasa daerah seperti bahasa Jawa.
  4. Langkah 4: Setelah selesai memilih bahasa, kamu dapat klik “submit” untuk mengubah teks menjadi suara Google.
  5. Langkah 5: Dengarkan hasil suara tersebut dengan klik Play dan Download dan temukan hasilnya di folder download di HP-mu.

Nah, cukup mudah bukan cara buat suara Google di HP tanpa Aplikasi. Selain mudah dan kamu juga tidak memerlukan waktu lama untuk melakukan konservasi teks menjadi suara Google. Cara ini juga menjadi solusi bagi kamu yang tidak ingin memenuhi ruang penyimpanan di HP karena tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. 

Itulah tadi cara buat suara google dengan menggunakan aplikasi seperti Telegram dan Tiktok. Ada pula cara lainnya tanpa menggunakan aplikasi yakni lewat situs yang menyediakan fitur pengubah teks jadi suara. Selamat mencoba.

Sumber referensi:

Leave a Reply