Cara Buat Suara Squidward dari Teks dengan Teknologi Text to Speech

Bagi para pecinta film kartun SpongeBob SquarePants, pasti tak asing dengan karakter gurita bernama Squidward yang merupakan tetangga Spongebob dan Patrick. Nah, bagi Anda yang ingin mengubah tulisan menjadi suara karakter Squidward, kini hadir sebuah teknologi terbaru sound of text.

Aplikasi sound of text ini mampu mengubah teks menjadi suara unik untuk dijadikan nada dering. Bukan hanya itu, di aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai pilihan bahasa dan logat yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah buat Sound of Text Squidward untuk Nada Dering

Ada sebuah situs bernama Vocodes yang menyediakan fasilitas kepada audiens untuk mengubah teks menjadi suara yang bervariasi. Di sini Anda bisa membuat suara dari karakter Squidward sesuai teks yang ditulis. Namun, situs ini memiliki sebuah kelemahan berupa linknya hanya bisa dipakai menggunakan bahasa Inggris.

Lihat juga: English Text to Speech Google MP3 Downloader

Selain Squidward, ada juga beberapa film kartun yang suaranya bisa dipakai. Misalnya, suara Spongebob, Mr.Krabs, Simpson, Goku Dragon Ball, dan lain-lain. Memang tidak banyak, namun bisa jadi suara yang disediakan adalah karakter favoritmu.  Berikut ini cara membuat suara dari karakter Squidward yang bisa dijadikan pengisi suara Sound of Text Anda.

buat suara Google mirip squidwards
buat suara Google mirip squidwards

  1. Masuk ke situs https://vo.codes pada browser Anda
  2. Kemudian pada tampilan beranda, pada menu “Random Speaker” ubah menjadi “Cartoons and Anime” untuk memudahkan pencarian
  3. Pilih nama “Squidward” pada bagian “Info Speaker”. Di sini Anda juga bisa memilih suara lain dari karakter yang disediakan
  4. Lalu pada bagian kolom kosong, tulislah teks yang ingin Anda ubah suaranya. Kolom ini bisa diisi maksimal 500 karakter kata dan harus menggunakan bahasa Inggris
  5. Kemudian klik “Speak” dan suara kartun Squidward pun akan keluar

Nah, suara dari karakter Squidward ini bisa Anda dengarkan berulang kali, asalkan situs tersebut tidak terefresh. Untuk cara mengunduh suaranya, mungkin sebagian orang merasa kebingungan sehingga harus merekamnya secara manual. Karena memang tombol download ini letaknya sedikit tersembunyi, berikut cara mengunduh file mp3 di Vocodes.

Cara Mengunduh Sound of Text Squidward di Vocodes

  1. Setelah mengubah teks menjadi suara kartun yang diinginkan, Anda bisa mengunduhnya pada menu “Result“ yang terletak di bagian atas
  2. Di menu ini akan muncul angka-angka yang menginformasikan berapa banyak Anda membuat sound of text pada Vocodes. Di sana akan tampil pula detail suara karakter yang dibuat dan teks yang ditulis.
  3. Terakhir, klik tombol “Download” untuk mulai mengunduh.
  4. Sebagai catatan, bila Anda meninggalkan situs Vocodes maka sound of text yang Anda buat akan hilang dan terefresh secara otomatis.

Tips Memakai Vocodes agar Hasil Suara Kartun Terdengar Mirip

Meski Vocodes mampu menyediakan suara mirip kartun sesuai teks yang ditulis, namun Vocodes hanyalah sebuah situs yang dijalankan menggunakan teknologi AI. Terkadang, suara yang keluar pelafalannya aneh dan terdengar kurang natural.

Kadang juga, bila teks yang Anda masukkan sulit dibaca oleh sistem, maka intonasi dan nada bicaranya bisa berbeda dari yang Anda inginkan.  Nah, agar suaranya terdengar mirip sesuai karakter aslinya, ada beberapa tips dalam menuliskan teks di Vocodes yang bisa Anda terapkan.

  1. Cobalah untuk mengeja kata-kata yang cukup sulit untuk diucapkan. Misalnya, kata “Engineer” susunan katanya bisa diubah menjadi “en juh near”, “Chassis” menjadi “shasee”, “Iron” menjadi “aye en”, dan lain sebagainya
  2. Hindari menulis kata-kata yang terlalu pendek seperti “Good”, “Hi”, “Hello”, atau “Bye” karena kata tersebut dapat berpengaruh pada kualitas audio yang dihasilkan. Namun, jangan terlalu panjang juga karena di Vocodes maksimal hanya 500 karakter.
  3. Situs ini hanya tersedia untuk kalimat berbahasa Inggris, jadi pastikan kosakata yang Anda buat terdapat di kamus.

Cara Memasang Nada Dering Sound of Text dari Vocodes di Whatsapp

Setelah suara berhasil diunduh, kini saatnya menggunakan suara tersebut untuk nada dering atau notifikasi di WhatsApp, langkahnya yaitu:

  1. Buka aplikasi “File Manager” di androidmu dan pilih “Penyimpanan Internal”
  2. Kemudian, pindahkan audio sound of text yang diunduh ke dalam folder “Ringtones”
  3. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp  dan Anda bisa mengatur nada deringnya pada menu “Nada Notifikasi”

Itu tadi beberapa cara membuat suara mirip karakter kartun Squidward di Vocodes. Di sana selain tersedia suara kartun dan anime, ada pula suara dari beberapa orang terkenal seperti presiden US, YouTuber, streamer, serta masih banyak lagi. Anda bisa membuat nada dering sound of text semenarik mungkin sesuai kreativitas Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply