Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Hp Android

Sebuah file dalam hp bisa terhapus dikarenakan kesalahan yang dilakukan pengguna atau mungkin malfungsi perangkat. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengemblikan file yang terhapus dari hp Anda. Berikut ini adalah beberapa metode pemulihan yang mungkin cocok untuk Anda.

Sebelumnya salah satu hal penting yang perlu diketahui tentang mengembalikan file dari hp Anda adalah Anda harus menghentikan penggunaan ponsel sesegera mungkin. Cara ini akan memperbesar kemungkinan file Anda bisa dikemblikan. Pada beberapa kasus ketika Anda menghapus sebuah file, data sebenarnya tidak benr – benar hilang.

Ketika Android menandai sebuah ruang di mana informasi disimpan dengan “kosong”, hal Itu berarti Anda tidak akan dapat menemukan file tersebut dan berarti bahwa slot yang pernah berisi file itu akan ditandai sebagai ruang yang bisa digunakan untuk diisi file lain

Ketika ini terjadi, file Anda akan benar-benar hilang dan Anda sangat sulit untuk bisa mendapatkannya kembali. Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menghentikan penggunaan ponsel dan apa saja yang mengakibatkan memori Anda bertambah seperti memotret atau mengunduh file lain.

Mengembalikan File Yang Terhapus Dari Hp Dengan Memeriksa Tempat Sampah

Sama seperti PC, banyak aplikasi Android memiliki tempat sampah atau recycle bin. Artinya file tidak akan sepenuhnya dihapus. Misalnya, aplikasi Galeri di ponsel Samsung terbaru memiliki sistem pengaman seperti ini. Untuk memeriksa tempat sampah, Anda hanya perlu  membuka tab Gambar atau Album, lalu ketuk menu di kanan atas. Ini akan membuka menu yang menyertakan opsi “Recycle Bin”. Aplikasi lain seperti ES File Explorer juga memiliki sistem recycle bin.

Mengembalikan File Yang Terhapus Dari Hp Dengan Memeriksa Cadangan cloud

Google  Foto juga memiliki fitur tempat sampah yang mampu menyimpan foto selama 60 hari. Aplikasi akan mencadangkan foto Anda ke Google Drive, jadi meskipun Anda menghapus foto melalui aplikasi lain, foto itu mungkin masih dapat diselamatkan melalui Google Foto.

Jika Anda tidak menemukan foto atau video Anda, periksa tempat sampah dari menu hamburger pada bagian kiri atas. Jika Anda masih belum ketemu, Anda dapat mencoba mengunjungi photos.google.com lalu memeriksa folder Sampah dari menu hamburger. Meskipun Anda telah menghapus foto dari tempat sampah di Google Foto, masih ada kemungkinan foto masih ada di Google Drive.

Mengembalikan File Yang Terhapus Dari Hp Dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika masih gagal dengan cara – cara diatas, pada akhirnya Anda perlu menggunakan aplikasi pemulihan data untuk dapat menyelamatkan file Anda. Aplikasi ini dapat menjelajah memori ponsel Android untuk mencari halaman yang ditandai dengan “kosong” untuk menemukan data yang dapat dipulihkan.

Selanjutnya, aplikasi ini akan menyatukan kembali data yang dapat dipulihkan sambil memberikan format yang dapat diselamatkan. Disarankan untuk menggunakan alat pemulihan data segera setelah file dihapus untuk memperbesar peluang pemulihan data.

Untuk memulihkan data, biasanya anda tinggal menghubungkan perangkat dengan PC dimana aplikasi atau software pemulihan data diinstal. Beberapa aplikasi atau software pilihan diantaranya :

Tenorshare UltData

Saat ini Tenorshare dianggap sebagai salah satu aplikasi pemulihan data Android terbaik. Mereka mengklaim memiliki tingkat keberhasilan tertinggi dan kompatibel dengan lebih dari 6000 perangkat, termasuk Samsung, Oppo, Xiaomi, Huawei, dan sebagainya. Aplikasi ini akan mempermudah Anda dalam memulihkan foto maupun pesan WhatsApp.

dr.fone

dr.fone merupakan aplikasi pemulihan data yang mengklaim dirinya sebagai merek pertama di dunia yang menyediakan layanan pemulihan data untuk penggunaan pribadi. Apliksi ini juga mendukung lebih dari 6000 perangkat Android. Kelebihannya, aplikasi ini mampu mengekstrak file dari ponsel yang telah rusak. Aplikasi ini mampu memulihkan berbagai jenis file termasuk musik, pesan teks, kontak, video, foto, dokumen, dan pesan WhatsApp.

Baca juga: Cara Download Sound TikTok MP3

EaseUS

EaseUS merupakan salah satu yang populer digunakan sebagai salah satu cara mengembalikan file yang hilang di hp secara efisien. Aplikasi ini mampu memulihkan berbagai jenis file yang terhapus seperti kontak, pesan teks, video, foto, dokumen, dan audio dan juga mendukung lebih dari 6000 perangkat Android, termasuk Samsung, LG, HTC, Sony, OnePlus, Asus, Xiaomi, Oppo, Vivo dan sebagainya.

Leave a Reply