3 Cara Mudah Download Suara Google Teks

Suara Google atau suara robot Google identik dengan Google Translate, mereka menjadi teknologi sound of text pertama yang mampu mengubah tulisan menjadi suara. Suara yang dihasilkan itu saat ini bayak orang-orang jadikan sebagai pengisi suara dalam video atau sebagai nada dering notifikasi.

Jadi intinya jika Anda ingin memakai suara Google, Anda bisa menggunakan Google Translate. Akan tetapi, bagaimana cara kita bisa mengunduh suara Google di Google Translate sementara di sana tak ada fitur unduhan?

Cara Mengunduh Suara Google atau Suara Robot Google

Karena di Google Translate tak menyediakan fitur unduhan, maka kita harus mencari situs lain yang menyediakan fitur unduhan dan suara Google.

Dalam hal ini kami memberikan Anda 3 alternatif pilihan:

Ketiga situs di atas menyediakan teknologi ubah teks menjadi suara dengan suara Google. Hasilnya sama dengan yang biasa kita dengar di Google Translate, cuma bedanya, kita bisa mengunduh audio (suara Google) dan menjadikannya sound of text di whatsapp. Berikut ini adalah masing-masing caranya.

VoiceofText.com : Cara Ubah Teks Menjadi Suara Google dan Mengunduhnya

Suara Google yang diberikan sangat mirip dengan suara Google yang ada di Google Translate. Di VoiceofText tersedia beberapa pilihan bahasa, mulai dari Bahasa Indonesia, Korea, Inggris, Jawa, Jepang, Arab dan Sunda. Tidak begitu lengkap akan tetapi Bahasa-Bahasa utama yang biasa kita gunakan sudah tersedia di sana.

Tersedia juga fitur pengaturan pitch dan volume suara. Selain itu penggunaannya mudah, tidak perlu aplikasi, tidak perlu mendaftar, tinggal pakai saja. Begini caranya.

  1. Masuk ke situs http://voiceoftext.com
  2. Kemudian pilih bahasa yang disediakan
  3. Lalu masukkan teks yang ingin diubah menjadi suara, maksimal 200 karakter
  4. Klik ‘Convert to Voice’
  5. Nantinya akan muncul gambar tanda panah ke bawah, klik gambar itu untuk mengunduh
  6. Tekan ikon segitiga jika ingin mendengarkan audio
  7. Klik ikon titik tiga lalu klik ‘Download’ apabila ingin menyimpan audio berformat MP3 itu penyimpanan HP kita
  8. Selesai

SoundofText.com : Cara Ubah Teks Menjadi Suara Google dan Mengunduhnya

Tersedia lebih dari 40 bahasa di dunia, salah satunya Indonesia. Hampir sama dengan VouceofText hanya saja pilihan bahasanya lebih banyak.

Dengan situs ini kita tidak perlu mendaftar, sekali masuk situs, kita dapat langsung memakainya. Hanya saja, dia menyediakan 1 jenis suara saja, yaitu suara Google. Mereka juga memiliki situs sound of text lain, namanya Hearling. Dengan situs itu, tersedia 200 pilihan suara. Tapi karena tujuan kita mengunduh suara Google, maka pakai situs dari SoundofText.com saja.

  1. Buka situs ini http://soundoftext.com
  2. Lalu masukkan teks yang ingin diubah menjadi suara
  3. Kemudian pilih Bahasa yang ingin dipakai
  4. Klik ‘Submit’
  5. Nantinya akan muncul file audio yang dapat diputar atau diunduh
  6. Klik ‘Download’ untuk mengunduhnya. Maka otomatis file tersebut masuk ke folder musik Anda
  7. Selesai

Botika.Online : Cara Ubah Teks Menjadi Suara Google dan Mengunduhnya

Sama dengan situs yang lain, mereka mampu menghasilkan audio berformat mp3 yang dapat diunduh dengan mudah ke penyimpanan internal kita. Botika bisa menjadi alternatif pilihan apabila Anda tidak cocok dengan soundoftext.com atau voiceoftext.com.

Selain itu Botika memiliki beberapa produk atau fitur, di antaranya ada:

VoiceBotika : ia bisa Anda jadikan sebagai asisten virtual di HP, tugas-tugas yang bisa dia lakukan meliputi: asisten suara, pengingat saat ada notif, membaca berita di suatu situs, teknologi suara IOT dan bisa kita suruh membaca E-Book barangkali kita malas membaca buku sendiri.

ChatBotika : ia bisa menjadi asisten obrolan untuk solusi bisnis, dengan ini Anda bisa mengurangi sumberdaya manusia karena kita bisa memakai teknologi robot dalam chat klien bisnis kita. Produk ini dapat dipakai untuk promosi dari chat to chat otomatis, bisa menangani banyak pelanggan, membalas antrean chatbot, ia aktif 24 jam, melakukan chat penagihan, chatbot perjalanan, chatbot perbankan dan lain-lain.

Implementasi sound of text di whatsapp
Implementasi sound of text di whatsapp

Speech to Text : adalah sebuah fitur atau produk mengubah suara menjadi tulisan. Kita bisa menggunakannya saat sedang malas mengetik memakai jari, atau mengetik dengan cepat memakai suara

Text to Speech : dan yang paling utama adalah fitur text to speechnya, mengubah tulisan menjadi suara. Tersedia 2 jenis suara robot (laki-laki dan perempuan muda), dan satu Bahasa (Bahasa Indoensia), berikut adalah cara menggunakannya.

  1. Masuk ke link ini: https://botika.online/TextToSpeech/
  2. Atau masuk ke Botika.Online, lalu pilih ‘Product’ dan pilih ‘Text to Speech’
  3. Masukkan teks yang ingin diubah menajdi suara pada kolom
  4. Pilih jenis suara, cewek atau cowok
  5. Verifikasi kode captcha sebagai bukti Anda bukan robot
  6. Kemudian klik ‘Play’ untuk mendengar suaranya
  7. Jika sudah sesuai, klik ‘Download’ untuk mengunduhnya

Di Botika memang tersedia banyak fitur. Namun yang bisa kita pakai gratis hanyalah produk Text to Speech dan Speech to Text saja. Selain 2 itu diharuskan membayar. Untuk mempelajari cara lanjutan memasang sound of text wa di iPhone atau Android kamu dapat membaca pada tautan dibawah ini: https://www.griyawisata.com/2021/08/daftar-sound-of-text-whatsapp-terbaru.html

Leave a Reply