Fitur Baru WhatsApp Web: Keunggulan dan Kekurangannya

Setelah kamu mengenal lebih jauh tentang WA web dan syaratnya, berikut beberapa fitur terbaru di aplikasi WA Web tersebut:

Mengirimkan Stiker dan Melakukan Pesan Suara

Sedangkan untuk pesan suara bisa dilakukan di WA Web selama perangkat yang kamu miliki support untuk mikrofonnya. Jadi pastikan bagian tersebut berfungsi dengan baik agar bisa mengirimkan pesan suara ke pengguna lainnya.

Fitur Lainnya yang Akan Dihadirkan di WA Web

tampilan akses wa web terbaru 2022
tampilan akses wa web terbaru 2022

Saat ini berbagai fitur yang ada di smartphone tidak sepenuhnya tersedia di WA web. Beberapa diantaranya adalah panggilan video dan panggilan suara di semua perangkat.

Jadi meskipun kamera dan mikrofon yang kamu miliki sudah support namun tetap saja fitur ini tidak bisa digunakan. Dengan demikian ketika akan melakukan panggilan sebaiknya menggunakan smartphone saja.

Mengingat pentingnya fitur tersebut maka developer Whatsapp terus berupaya untuk dihadirkan di masa yang akan datang. Mereka berusaha agar nantinya  bisa digunakan di PC, tablet atau laptop di semua merk.

Sampai saat ini pengembangan WA Web terbaru masih dalam tahap beta atau percobaan. Sehingga ketika versi ini sudah fix maka fitur tersebut akan segera dihadirkan dan dinikmati oleh semua penggunanya.

Referensi lanjutan: WA Whatsapp web

Kelebihan Whatsapp Web

Setelah memahami cara menggunakan, kamu juga perlu mengetahui berbagai kelebihan dan berikut ulasan selengkapnya:

#1 Menghemat Waktu

Dengan menggunakan Whatsapp web, kamu bisa lebih menghemat waktu ketika sedang chat bersama teman. Jadi kamu tidak perlu repot membuka smartphone dan semuanya difokuskan pada PC atau laptop:

#2 Mengetik Lebih Cepat

Selain hemat waktu, kamu juga bisa melakukan pengetikan secara cepat dengan keyboard pada PC atau laptop. Hal ini dikarenakan mengetik dari PC lebih cepat daripada mengetik menggunakan keyboard smartphone.

#3 Hemat Kuota

Whatsapp Web bukan berbentuk software melainkan diakses dari browser sehingga lebih hemat kuota. Dengan demikian penggunaannya cukup ringan dan kamu bisa lebih leluasa saat chat bersama teman dan saudara.

#4 Pengiriman File Langsung dari PC

Dengan menggunakan Whatsapp Web, kamu bisa mengirimkan file dengan mudah dari PC atau laptop. Untuk jenis file yang bisa dikirim bisa berbentuk gambar, dokumen dan beberapa jenis file lainnya.

Selain kelebihan diatas masih ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu ketahui dari Whatsapp Web ini. Bahkan di fitur terbaru, kamu bisa membuat dan mengirimkan stiker ke pengguna lain dengan menggunakan platform ini.

bisa kirim file dan attachment di wa web
bisa kirim file dan attachment di wa web

Kekurangan Whatsapp Web

Selain memiliki kelebihan, platform digital ini rupanya juga memiliki beberapa kekurangan. Meski demikian, kekurangan ini tak terlalu berpengaruh pada nilai fungsi dari aplikasi tersebut. Berikut beberapa kekurangan dari WA Web:

#1 Bergantung Pada Smartphone

Whatsapp Web tidak bisa mandiri dan semuanya lebih bergantung pada smartphone baik Android atau iOS. Sebab, sebelum masuk ke situsnya kamu harus scan barcode terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

#2 Jaringan Internet Harus Stabil

Dengan menggunakan platform tersebut, kamu harus memastikan memiliki koneksi internet yang stabil. Jadi pastikan kamu memiliki modem atau menggunakan wifi dan nantinya bisa dihubungkan ke PC atau laptop.

#2 Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Dari sekian banyak kekurangan, hal inilah yang cukup disayangkan karena hingga kini belum bisa melakukan panggilan. Bentuk dari panggilan tersebut termasuk video call dan voice call ke semua pengguna Whatsapp yang lain. Namun meski demikian, fitur ini mungkin akan tetap dihadirkan pada Whatsapp versi terbaru.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di Berbagai Perangkat Desktop

Setelah syarat diatas terpenuhi kamu bisa langsung menggunakan versi PC atau laptop dengan cara sebagai berikut:

  1. Kamu bisa membuka browser Google Chrome dengan cara mengetikkan situs berikut web.whatsapp.com
  2. Kamu akan ditampilkan kode batang atau QR di halaman utama situs tersebut.
  3. Lalu sekarang gunakan smartphone dan buka aplikasi Whatsapp.
  4. Pada pojok kanan atas, kamu bisa klik tiga titik dan pilih Whatsapp Web.
  5. Akan muncul kamera dan kamu bisa mengarahkan ke kode batang tersebut untuk di scan.
  6. Jika sudah kamu tinggal menunggu dan memastikan jika halaman utamanya sama dengan di chat Whatsapp.

Setelah langkah di atas dilakukan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas sebagaimana di smartphone. Kamu bisa melakukan komunikasi baik chat pribadi atau group dan yang tidak bisa digunakan hanya video call dan voice call.

Jadi itulah berbagai pengenalan tentang WA Web Beta mulai dari fitur, cara penggunaan dan fitur yang akan hadir. Untuk aplikasi ini juga ada syarat tertentu yang harus terpenuhi agar bisa menggunakannya.

Jadi pastikan semuanya terpenuhi dan kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di dalamnya. Selain itu di masa yang akan datang besar kemungkinan fitur panggilan suara dan video akan segera dihadirkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply