Fitur Dunia Virtual Terbaru dari Facebook di Tahun 2022

Walau mengembangkan beberapa aplikasi Facebook hemat data bahkan gratis seperti Facebook Free ataupun aplikasi Facebook Lite, nyatanya pihak FB yang bernaung dibawah perusahaan Meta Platforms Inc. sudah terlebih dulu fokus ke dunia digital yang lebih advanced.

Hal ini terbukti dengan pengembangan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) yang digadang gadang akan terintegrasi dengan media sosial Facebook.

Facebook juga mengembangkan alat VR baru untuk memungkinkan pekerjaan rumahan dengan lebih baik, bersandar pada pergeseran WFH. 

Facebook mengatakan bahwa mereka akan segera mulai menguji platform ‘Quest for Business‘ barunya, yang akan memungkinkan pengguna untuk masuk ke headset VR Quest mereka dengan Akun Kerja, dan akan memfasilitasi lingkungan kerja kolaboratif, memberi Anda perasaan berada di ruang fisik yang sama dengan rekan kerja saat bekerja jarak jauh.

Dan itu sebenarnya bisa lebih fungsional daripada meja dan ruang fisik, dengan kapasitas untuk “membawa pekerjaan Anda dari monitor ke Quest 2 dan kembali lagi”

Pengembangan Filter AR

Facebook juga membagikan detail inisiatif pengembangan AR yang akan datang, termasuk program pelatihan baru untuk calon pencipta digital dan pemahaman spasial lanjutan dalam AR, yang akan memfasilitasi bentuk tampilan dan keterlibatan baru.

Di bagian depan pelatihan, yang akan membantu Facebook membangun pengalaman AR yang lebih luas, perusahaan mengumumkan aplikasi pembuatan AR ‘Polar’ baru, yang akan membantu orang-orang yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam seni, desain, atau pemrograman untuk membangun pengalaman AR.

Facebook juga meluncurkan proses sertifikasi baru dalam platform Spark AR-nya, yang juga akan melihat penambahan kursus pembuatan AR baru di Coursera dan TedX. Lebih lanjut bisa kamu pelajari di situs officialnya sparkar.facebook.com/ar-studio/.

dunia spark AR Facebook optimalkan kreativitas
dunia spark AR Facebook optimalkan kreativitas

Dunia dan Orang AR

Facebook juga mengembangkan kapasitas AR canggih, dengan pelacakan tubuh untuk memfasilitasi fitur AR yang lebih mendalam, dan pengalaman geo-anchored ‘World AR’.

Facebook World AR – Snap sudah memiliki variasi keduanya, dengan Facebook bermain mengejar alat ini. Tetapi masing-masing akan membentuk bagian penting dari pengalaman kacamata AR perusahaan yang berkembang, dengan overlay digital yang akan terungkap melalui bingkai, menyediakan berbagai opsi utilitas dan hiburan baru.

Di sisi lain, Facebook juga bekerja sama dengan BMW untuk mengembangkan fitur AR yang pada akhirnya dapat membantu pengemudi menavigasi lingkungan mereka.

Perlombaan untuk supremasi AR akan memanas selama beberapa bulan mendatang, dan Facebook akan menjadi pemain kunci, dan akan menarik untuk melihat di mana ia dapat mengambil kacamata AR-nya, karena ia melampaui model Ray Ban Stories awal.

Demikian adalah beberapa fitur terbaru Facebook yang harus Anda coba. Manfaatkanlah fitur-fitur tersebut dengan baik agar Anda mendapatkan pengalaman menjelajahi media sosial yang memuaskan.   

Leave a Reply