Tips Mengatasi Jaringan Indosat yang Lemot

Sebagai pengguna jaringan internet, tentunya kita menginginkan kecepatan dalam mengakses sesuatu. Namun, apa jadinya jika provider yang anda gunakan mengalami gangguan? Misalnya, seperti jaringan Indosat yang lemot dan lain sebagainya.

Seperti  kita ketahui, Indosat menjadi salah satu provider yang cukup populer. Tidak sedikit orang menggunakannya, lantaran lebih terjangkau dan memberikan koneksi internet yang baik.

Meskipun begitu, sebagian pengguna terkadang mengeluhkan karena jaringannya lemot. Padahal sudah menggunakan jaringan 4G sekalipun.

Jaringan Indosat yang Lemot, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Salah satu penyebab Indosat lemot ini, biasanya karena keberadaan lokasi penggunanya. Terkadang, penggunaan jaringan Indosat di kota-kota lebih cepat bila kita bandingkan di pedesaan.

Selain itu, setiap daerah pastinya mempunyai menara pengantar jaringan yang berbeda-beda. Semakin dekat jarak pengguna dengan menara jaringan tersebut, maka koneksi internetnya juga semakin kuat, dan begitu pula sebaliknya.

Penyebab lainnya, juga bisa karena suhu smartphone anda yang terlalu panas. Ketika, suhu terlalu tinggi, performa HP akan menurun dan membuat jaringan menjadi lemot.

Namun, tenang saja, jaringan Indosat yang lemot ini dapat anda atasi dengan mudah. Mau tahu seperti apa tipsnya? Berikut ini kami berikan untuk anda!

Mengaktifkan Mode Pesawat

Tips yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Caranya, langsung saja aktifkan mode pesawat pada smartphone anda.

Lihat pulaCara Buat Nada Dering WA dengan freeTTS

Setelah anda aktifkan, secara otomatis jaringan internet akan terputus dari smartphone sementara waktu. Kemudian, non aktifkan mode pesawat seperti semula.

Setelah itu, jaringan Indosat anda akan kembali normal. Pasalnya, dengan mengaktifkan mode pesawat jaringan Indosat akan menjalankan reconnect jaringan.

Dengan begitu, dapat memulai jaringan IP yang baru. Sebenarnya, tidak hanya provider Indosat saja, anda juga bisa menggunakan cara ini untuk provider yang lemot lainnya.

Atur APN Indosat

Jaringan Indosat yang lemot, juga bisa anda atasi dengan mengatur APN-nya. APN default yang Indosat berikan pada smartphone anda yakni “indosatgprs”.

Agar koneksi internet anda lancar, maka sesuaikan setting-an APN Indosat tersebut. Ingat, setiap provider memiliki APN yang berbeda-beda, untuk itu jangan sampai salah.

Cara settingnya, bisa seperti ini:

  • Name: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Username: Indosat
  • Password: Indosat

Setting ke 4G Only

Saat ini, hampir semua orang sudah beralih menggunakan sinyal 4G. Pada dasarnya, memang lebih baik menggunakan sinyal 4G daripada 3G.

Begitu pula jika kita menggunakan provider Indosat. Jaringan Indosat akan semakin cepat jika mendapatkan dukungan dari sinyal 4G.

Coverage Indosat di Pulau Jawa
Coverage Indosat di Pulau Jawa

Untuk itu, sebelum anda setting ke 4G only ada beberapa hal yang harus anda pastikan. Seperti, smartphone, kartu Indosat, dan lokasi anda sudah mendukung 4G.

Setelah itu, barulah anda masuk ke pengaturan jaringan pada smartphone untuk setting ke 4G only. Sehingga, jaringan anda tidak akan berubah lagi ke 3G.

Restart Smartphone

Ada tips mudah lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Jangan khawatir, tips ini bisa sangat membantu.

Caranya, adalah dengan restart smartphone anda. Biasanya, hanya dengan menunggu proses restart selesai, jaringan akan berubah menjadi normal kembali. Meskipun sederhana, cara ini patut untuk anda coba!

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengatasi jaringan Indosat yang lemot. Kini, berada di pedesaan atau jauh dari menara pengantar jaringan tidak akan menjadi masalah lagi. Anda tetap bisa menggunakan jaringan Indosat dengan cepat dan lancar. Selamat mencoba!

Leave a Reply