Mengenal Apa Itu Cloud Computing dan Cara Kerjanya

Cloud computing adalah istilah yang mungkin sering didengar. Namun, masih banyak diantara kita yang masih belum memahami apa definisi, fungsi, serta cara kerjanya. Perusahaan maupun organisasi yang besar menggunakan fasilitas ini dalam memudahkan interaksi satu sama lain.

Dalam penerapannya, cloud computing memerlukan internet karena mempunyai server terpusat. Mungkin Anda tidak tahu, bahwa aktivitas sehari-hari banyak yang melibatkan cloud computing. Misalnya untuk bertukar informasi atau berbagi file. Agar lebih paham, berikut akan dijelaskan lebih lanjut.

Pengertian Cloud Computing

Pengertian cloud computing merupakan proses pengolahan data atau komputasi menggunakan jaringan internet, agar bisa menjalankan suatu program dengan komputer berbeda-beda. Asalkan, sudah terkoneksi pada satu dengan yang lain di waktu sama.

Lihat juga: sound of text bahasa China, Korea, dan Indonesia

Cara Kerja Cloud Computing

Di dalam cloud computing, pada dasarnya akan menjadikan internet menjadi pusat server pengelolaan data. Sistem tersebut akan memudahkan penggunanya mengakses program atau aplikasi tanpa menginstal terlebih dahulu.

Karena aplikasi tidak perlu diinstal, penyimpanan datanya juga disimpan secara virtual dan tidak menghabiskan memori komputer. Perintah-perintah yang dipakai penggunanya akan dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah diterima server, akan diproses dan pengguna akan memperoleh halaman yang sudah diperbaharui. Contoh penerapan cloud computing ini misalnya Gmail, Yahoo, Google Drive, dan sejenisnya.

Manfaat Cloud Computing

Ada sejumlah manfaat dari cloud computing yaitu sebagai berikut ;

  1. Efisien Dan Fleksibel

Pada umumnya kita melihat di perkantoran banyak yang memakai aplikasi untuk menjalankan perusahaan. Dalam keadaan ini, penggunaan komputer semakin tinggi dan membuat user butuh tempat penyimpanan lebih besar. cloud computing punya teknologi media penyimpanan yang efisien dan fleksibel.

  1. Murah Dan Tahan Lama

Dengan cloud computing, tidak perlu alat misalnya hardisk eksternal atau flashdisk. Alasannya, semua data sudah tersimpan di pusat server. Semua produk fisik atau hardware akan punya batas masa pemakaian. Apabila melewatinya, biasanya akan terjadi kerusakan atau fungsinya tidak bekerja. Berbeda halnya jika berat penyimpanan dilakukan ke server cloud computing, data Anda bisa bertahan selamanya.

  1. Penyimpanan Yang Terpusat Di Server

Dengan teknologi cloud computing, para pemakainya akan diberikan fitur penyimpanan data di satu server. Ukurannya tergantung dari pilihan yang diinginkan. Disamping itu, infrastruktur tidak perlu disediakan lagi misalnya pengadaan data center, atau media penyimpanan. Semuanya sudah tersedia dengan baik oleh virtual cloud computing.

Ada beberapa jenis cloud computing mulai dari private cloud, community cloud, public cloud, dan hybrid cloud. Masing-masing punya perbedaannya tersendiri terutama dari sisi penggunanya. Ada yang bersifat pribadi ada juga yang publik.

Kesimpulannya, dengan teknologi cloud computing akan memberikan manfaat yang baik untuk perkembangan teknologi sekarang. Terlebih lagi, bagi dunia perbankan, finance, dan lain-lain. Segala pekerjaan akan lebih dipermudah ketika mengaplikasikan layanan ini.

Referensi utama: https://gbmods.readthedocs.io/en/latest/

Leave a Reply