ilustrasi content placement digital marketing

Mengenal Content Placement, Pemasaran Digital Model Baru

Website dan blog hadir memang mempunyai peran yang penting sebagai media online. Anda dapat memperoleh peran penting tersebut mengetahui hampir semua informasi yang berasal dari website atau blog, muncul di internet pada saat ini. Tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata sudah banyak orang memanfaatkan kegiatan blogging seperti content placement sebagai sumber pendapatannya.

Tentang Content Placement

1.      Mengupload Konten di Website Orang Lain

Content Placement sendiri merupakan kegiatan menyebarluaskan konten pada platform melalui di luar website bisnis Anda, serta mempunyai sifat membuat promosi untuk bisnis. Anda bisa memakai para penyedia situs atau jasa yang menawarkan content placement tersebut.

2.      Berupa Sponsored Post atau Iklan Berbayar

Content placement biasanya berupa sponsored post atau iklan berbayar. Para blogger pada umumnya dapat memperoleh penghasilan karena telah memposting suatu iklan milik kliennya. Sehingga pihak yang memberikan iklan pada blogger tersebut akan memperoleh keuntungan. Hal itu dikarenakan produk bisnis Anda akan dipromosikan dan tersebar semakin luas jangkauannya.

Lihat juga: 10+ Kriteria Guest Post yang Efektif

3.      Konsep Kerjasamanya Simbiosis Mutualisme

Konsep simbiosis mutualisme pada content placement ini akan memberikan keuntungan pada kedua belah pihak yang melakukan kerjasama, baik pihak penyedia jasa content placement atau pemakai jasanya. Anda juga bisa membuat promosi pada produk-produk bisnis untuk dibuat iklan, kemudian akan ditayangkan pada website atau blog-blog tertentu dengan jumlah pengunjung yang banyak.

4.      Cara Pemasaran yang Efektif

Website dan blog yang menjadi media untuk mendapatkan informasi dan sering digunakan oleh masyarakat, tentunya akan menjadi cara pemasaran yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Bagi Anda yang menyukai literasi dalam hal menulis pun bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dengan mudah. Website atau blog haruslah berkualitas dan memenuhi standar.

ilustrasi content placement digital marketing
ilustrasi content placement digital marketing

Manfaat Content Placement untuk Anda

1.      Biaya Lebih Murah

Biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan promosi melalui cara content placement terbilang lebih murah, dibandingkan dengan mempromosikannya melalui koran, tv, atau media yang lain. Besaran biaya yang dibutuhkan untuk memakai penyedia jasa content placement sendiri memang berbeda-beda. Apabila melihat jangka waktu, tentu lebih murah daripada memakai media lain.

2.      Waktunya Tidak Terbatas

Content placement berbeda dengan iklan-iklan yang dipasang melalui instastory platform media sosial milik influencer. Hal itu karena mereka cenderung mempunyai batasan waktu melakukan promosi tersebut atau bisa juga karena sesuai persyaratan media yang digunakan seperti reklame. Bentuk kerjasama itu akan terikat oleh waktu, tidak seperti content placement jadi Anda tidak perlu khawatir.

Tidak hanya dua manfaat di atas saja yang didapatkan, Anda juga akan mendapatkan backlink. Apabila bisnis milik Anda mempunyai website official untuk produk-produk yang dijual, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa backlink. Anda akan mendapatkannya dengan memakai content placement, karena dengan cara ini lebih memudahkan bisnis diketahui oleh banyak orang.

Leave a Reply