Tips Cara Mudah Menggunakan Google Maps dengan Suara

Google Maps merupakan bentuk peta digital yang bisa diakses secara online dan bisa menampilkan daerah manapun di seluruh permukaan bumi. Bahkan Google maps ini mampu untuk menampilkan lokasi jalanan hingga kemacetan lalu lintas yang terjadi pada suatu jalan. Google maps ini bisa Anda akses menggunakan berbagai perangkat, mulai dari komputer, tablet, ataupun smartphone yang tersambung dengan internet.

Mencari lokasi mana saja dengan bantuan Google Maps ini akan sangat mudah, Anda cukup menuliskan tempat yang Anda cari tersebut. Jika sedang terburu-buru atau kesulitan dalam menuliskan lokasi, Anda bisa memberikan perintah dengan suara. Dan lebih mudahnya lagi, selama melakukan perjalanan, Anda akan bisa mendengarkan panduan suara secara langsung.

Memberikan Perintah dengan Suara

Seperti halnya ketika melakukan pencarian di Google, ketika Anda kesulitan atau tidak berminat untuk menulis yang ada cari, Anda bisa memberikan perintah dengan suara. Cara kerja ini juga berlaku untuk pemberian perintah di Google Maps. Untuk tips cara memerintahkan Google Maps ini dengan suara adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Google Maps.

Langkah paling awal adalah membuka aplikasi Google maps dan mengaktifkan GPS (Global Positioning System) di smartphone Anda untuk mengetahui di mana lokasi Anda saat membuka Google Maps tersebut. Jika tidak terdeteksi, Anda bisa menuliskannya secara manual di mana posisi Anda saat membuka Google Maps tersebut.

  1. Beri Perintah dengan Suara

Untuk memberikan perintah Google Maps dengan suara bisa Anda lakukan dengan klik gambar mikrofon yang ada di bagian kanan atas, berada di bagian yang sama dengan tempat pencarian lokasi. Ketika memberikan perintah, gunakan alamat lengkap dengan suara yang jelas sehingga bisa dideteksi oleh Google Maps.

Artikel terkait: Cara Buat Suara Google Tokoh Kartun

Setelah lokasi yang Anda tuju sudah terdeteksi dan sesuai, klik rute untuk memberikan perintah Google Maps menunjukkan jalan mana saja yang perlu Anda lewati untuk menuju lokasi tersebut. Rute yang ditunjukkan disertai dengan estimasi waktu yang Anda butuhkan untuk menuju lokasi tersebut, Anda bisa memilih rute terdekat supaya lebih cepat.

  1. Jalan dan ikuti petunjuk yang diberikan Google Maps sesuai dengan rute yang Anda pilih.

Saat mengikuti rute yang ditunjukkan Google Maps, Anda akan mendengarkan petunjuk jalan melalui audio suara. Hal ini bisa memudahkan Anda ketika melakukan perjalanan, cukup dengan mendengarkan ke mana arah yang seharusnya dilewati tanpa perlu sering berhenti untuk melihat rute yang dilewati.

Cara Mengatur Petunjuk Suara dari Google Maps

cara pakai text to speech google maps
cara pakai text to speech google maps

Bukan hal yang asing ketika Anda menggunakan layanan Google Maps, Anda akan diberikan petunjuk jalan dengan panduan suara sesuai dengan rute yang Anda pilih. Sebenarnya petunjuk melalui suara bisa Anda non-aktifkan ketika Anda merasa tidak membutuhkannya. Atau bisa juga Anda atur besar kecilnya suara yang dihasilkan.

  1. Non-aktifkan petunjuk suara

Untuk menon-aktifkan petunjuk suara ini bisa Anda lakukan melalui pengaturan yang ada. Pertama masuk terlebih dulu di aplikasi Google Maps, kemudian mulai pencarian rute jalan ke lokasi yang ada tuju.

Selanjutnya, perhatikan di bagian kanan atas terdapat gambar speaker. Anda bisa memilih untuk membisukan audio suara petunjuk jalan, atau ketuk lagi untuk bisa mendengarkan notifikasi, dan ketuk kembali untuk menyalakan audio petunjuk arah tersebut.

  1. Mengubah volume suara

Volume suara ini bisa Anda sesuaikan dengan pengaturan volume smartphone Anda. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa Google Maps juga menyediakan pengaturan terkait besar kecil suara yang dapat Anda dengarkan.

Langkah pertama dengan masuk di aplikasi Google Maps, kemudian ketuk di bagian foto profil. Pilih setelah, kemudian lanjut untuk memiliki setelan navigasi. Di sini Anda akan menemukan bagian volume suara. Di bagian inilah audio suara yang dikeluarkan bisa diatur. Ada tiga pilihan di sini, yaitu keraskan, normal, atau kecil.

Dari penjelasan di atas sudah diketahui cara untuk memberikan perintah kepada Google Maps menggunakan suara serta penjelasan untuk pengaturan audio suara petunjuk jalan tersebut. sedikit informasi di atas semoga bisa bermanfaat dan juga menambah pengetahuan Anda terkait Google Maps itu sendiri. Selamat mencoba!!

Sumber: www.griyawisata.com

Leave a Reply