Tutorial Temp Mail, Buat Email Sekali Pakai Secara Instan

Pengguna internet saat pasti sudah tidak asing lagi dengan surat elektronik atau email. Di internet juga sudah banyak penyedia email contohnya Google Mail (Gmail), Yahoo Mail, Hotmail, dan masih banyak lagi.

Semua penyedia email tersebut mengharuskan pengguna mendaftar dan memasukkan data-data pribadi untuk mendapatkan akun. Jika Anda tidak ingin membagikan informasi pribadi tersebut kepada penyedia email, gunakan saja Temp Mail.

Apa Itu Temp Mail?

Temp Mail merupakan kependekan dari temporary mail yang artinya email sementara. Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan seperti apakah layanan yang satu ini. Benar, Temp Mail merupakan sebuah layanan untuk membuat email sementara atau sekali pakai.

Layanan temporary mail biasanya digunakan untuk kebutuhan mendesak namun tidak begitu penting, contohnya untuk menerima pesan verifikasi dari situs apapun ketika melakukan pendaftaran. Apabila Anda tak ingin menggunakan email asli, Temp Mail dan email 10 menit akan sangat membantu.

Beberapa situs tertentu juga meminta email dari pengguna ketika akan mendownload file atau membaca artikel. Dalam keadaan seperti ini, Anda juga bisa memanfaatkan layanan dari Temp Mail alih-alih menggunakan email pribadi. Jadi, alamat email yang diberikan oleh Temp Mail hanya bersifat sementara.

Cara Menggunakan Temp Mail

Berminat menggunakan Temp Mail untuk membuat email sementara? Yuk, ikuti tutorial yang ada di bawah ini:

1. Kunjungi Situs

Pertama, siapkan browser di laptop maupun smartphone. Anda bisa menggunakan browser jenis apapun, namun yang paling disarankan adalah Chrome atau Firefox. Setelah membuka browser, ketik atau copy URL berikut:

http://temp-mail.org

Jangan lupa tekan enter untuk mengunjungi alamat yang sudah Anda ketika atau paste.  Di beberapa browser, mungkin Anda akan diminta mengisi Captcha terlebih dahulu sebelum masuk ke Temp Mail.

2. Buat Akun

Ketika berhasil mengakses situs Temp Mail, sebenarnya Anda sudah bisa menggunakan email yang tertera di sana. Contohnya untuk verifikasi pendaftaran akun dan lain sebagainya. Di bagian bawah juga terdapat inbox yang berguna untuk menampung pesan yang dikirimkan ke email tersebut.

Apabila ingin mengubah nama email, Anda bisa membuat akun terlebih dahulu. Caranya ada di bawah ini:

  • Tekan tombol Change yang terletak di bawah alamat email sementara.
  • Jika di layar muncul perintah untuk mengisi Captcha, isi dengan benar.
  • Masukkan nama yang Anda inginkan pada kolom Login.
  • Setelah itu, pilih salah satu dari beberapa domain yang ada di sana.
  • Jika sudah selesai, tekan Save.

Sampai di tahap ini, Anda sudah berhasil membuat sebuah alamat email sementara. Selanjutnya, gunakan email tersebut sesuai dengan tujuan awal.

Lihat pula: Tutorial Sound of text

3. Gunakan Alamat Email Sementara

Contoh penggunaan email sementara yang paling sering dilakukan adalah melakukan pendaftaran akun. Caranya juga tidak terlalu sulit, yakni:

  • Pertama, kunjungi situs yang diinginkan kemudian lakukan pendaftaran. Pastikan Anda membukanya di tab baru, bukan tab yang sama seperti Temp Mail di awal.
  • Ketika situs tersebut meminta alamat email, copy alamatnya dari situs Temp Mail yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Kembali lagi ke tab Temp Mail. Scroll ke bagian bawah, tepatnya di kolom Inbox.
  • Periksa email yang masuk dari situs tempat Anda mendaftarkan diri tadi. Kemudian buka pesannya.
  • Klik link untuk verifikasi akun dan lanjutkan aktivitas Anda.

Jika ingin lebih praktis dalam mengakses dan menggunakan Mail Temp, Anda dapat menginstall ekstensi atau add-on di Google Chrome melalui link di bawah ini:

https://chrome.google.com/webstore/detail/temp-mail-disposable-temp/inojafojbhdpnehkhhfjalgjjobnhomj?hl=id

Fitur Temp Mail

Perlu Anda ketahui bahwa Temp Mail menyediakan dua jenis layanan, yaitu gratis dan berbayar. Fitur yang diberikan di versi gratis hanya ada alamat email acak dan inbox sementara. Sedangkan di layanan berbayar, Anda dapat menikmati fitur-fitur berikut ini:

  • Domain premium khusus yang bisa dicustom.
  • Buat alamat hingga 10 sekaligus dalam satu waktu.
  • Alamat email dengan kepemilikan penuh.
  • Tidak ada iklan.

Biaya Temp Mail

Anda tidak perlu membayar biaya langganan apabila menggunakan Temp Mail versi free. Namun, ada biaya langganan sebesar $10 per bulan, apabila Anda menggunakan layanan premium.

Jika berlangganan satu tahun langsung, Anda akan mendapatkan harga lebih murah, yaitu $60 atau $5 per bulan.

Temp mail bisa dimanfaatkan untuk mendaftar akun apabila Anda tak ingin menggunakan identitas asli. Namun, ada beberapa situs yang tidak memperkenankan alamat email sementara untuk mendaftarkan diri di sana.

Leave a Reply