Manajemen keuangan menjadi hal paling penting dikala seseorang mengelola bisnis. Apabila dana dikelola dengan baik, maka bisnis pun dapat berkembang dengan baik pula. Inilah mengapa pentingnya mempelajari manajemen keuangan, khususnya bagi pebisnis yang baru saja mulai mengembangkan usahanya dan harus banyak mencari referensi info bisnis.

Namun sayangnya, beberapa orang tidak menyadari bahwa mempelajari manajemen keuangan adalah hal yang penting. Sebab, kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan dana akan berdampak buruk pada kondisi keuangan. Jadi, bagi anda yang hendak memulai bisnis, ada baiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

1.      Apa itu Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan segala aktivitas yang berhubungan dengan keputusan pengelolaan dana. Dapat diartikan pula sebagai suatu kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan dan pengendalian dana serta aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Keuangan dalam suatu perusahaan menjadi pondasi yang kuat bagi keberlangsungan bisnis.

2.      Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Bisnis

Mengapa harus mempelajari manajemen keuangan saat mengelola bisnis ? Dengan mengetahui ilmu manajemen yang baik, pemilik bisnis akan mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Dengan demikian, tentunya bisnis akan berjalan dengan lancar karena tidak memiliki masalah kondisi keuangan. Berikut beberapa pentingnya manajemen bagi bisnis.

A.      Mengetahui Pengeluaran Modal

Dengan mempelajari manajemen keuangan, pemilik bisnis akan mengetahui pengeluaran modal. Mengelola pengeluaran modal secara efektif membuat perusahaan akan memperoleh pendapatan yang cukup.

B.      Mengelola Kas Operasional

Pentingnya mengelola dana dengan baik akan berdampak pada arus kas perusahaan. Dengan mempelajari manajemen keuangan, pemilik bisnis tentu dapat mengelola kas operasional dengan baik. Hal ini penting karena jika gagal dalam mengelola arus kas, kemungkinan besar perusahaan akan terlilit hutang dan tidak bisa beroperasi kembali.

C.      Menurunkan Biaya

Selanjutnya, salah satu tanggung jawab dari manajemen keuangan yakni menjaga biaya agar nilainya serendah mungkin. Dengan manajemen keuangan yang baik, maka perusahaan dapat memantau serta mengelola biaya dengan baik sehingga hal ini juga berdampak pada meningkatnya penjualan.

D.     Membantu Perencanaan Pajak

Perencanaan pajak bisa terlaksana dengan lancar jika didukung oleh manajemen keuangan yang baik. Dimana tugas pengelolaan manajemen keuangan ini nantinya dapat membantu perusahaan dalam pembuatan estimasi perpajakan. Sehingga pemilik bisnis dapat mengalokasikan dana lebih untuk pembayaran pajak tepat waktu.

3.      Tujuan Adanya Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan yang baik otomatis akan membantu perencanaan keuangan bisnis dengan baik pula. Sehingga perusahaan pun dapat berjalan dengan lancar karena didukung pengelolaan keuangan yang baik. Tujuan adanya manajemen keuangan sendiri adalah sebagai berikut :

A.      Memastikan Keberlangsungan Perusahaan

Tahukah anda bahwa manajer keuangan memegang peranan penting bagi jalannya sebuah perusahaan ? Karena semua keputusan berada di tangan manajer, sehingga keberlangsungan perusahaan sendiri tergantung dari bagaimana keputusan tepat yang diambil dalam mengelola keuangan. Sebab, keputusan yang tidak hati-hati bisa membuat perusahaan gulung tikar.

B.      Mengurangi Biaya Modal

Dengan adanya manajemen keuangan, maka perusahaan bisa menekan biaya pengeluaran seminima lmungkin. Ini artinya, manajemen keuangan bertugas untuk membuat perencanaan modal yang tepat untuk meminimalisir penggunaan modal.

C.      Memaksimalkan Keuntungan

Nah, tujuan adanya manajemen yang paling diharapkan oleh perusahaan ialah dapat memaksimalkan keuntungan. Perencanaan keuangan yang tepat memberi pengaruh besar bagi perusahaan dalam memaksimalkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Manajemen keuangan yang baik dan direncanakan dengan matang akan menjadi salah satu faktor keberhasilan berlangsungnya perusahaan. Itulah dia mengapa pentingnya mempelajari manajemen keuangan sebelum memulai bisnis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.