Sekarang setiap mobil memiliki sistem central lock yang bisa diatur pada pintu kursi pengendara. Jadi seluruh pintu mobil bisa dikunci pada saat yang bersama dengan mudah. Namun kalau ada masalah pintu yang tidak bisa dikunci, maka ada masalah auto lock yang sayangnya tidak bisa Anda cek dengan mudah.

Ya, untuk mengecek mengapa pintu mobil tidak bisa dikunci, maka Anda harus membuka door trim. Biasanya ada kawat atau kabel yang patah sehingga sistem kunci tidak bisa bekerja maksimal. Ingin tahu cara perbaikannya?

Perbaikan Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci

Untuk memperbaiki masalah ini, inilah langkah-langkahnya:
  • Anda bisa membuka door trim pintu. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut.
  • Kemudian lepaskan handle pada bagian dalam yang menempel di bagian pintu.
  • Lalu Anda perlu menyiapkan kawat pengganti yang bisa didapatkan di toko material. Tentunya pilih kualitas terbaik dan menggunakan bahan baja lentur agar lebih tahan lama.
  • Anda bisa mulai mengganti kawat sesuai dengan panjang kawat yang terpasang. Maksudnya adalah sesuaikan panjang kawat bawaan mobil dengan yang baru agar ukurannya pas.
  • Jika sudah mengganti kawat, pasang kembali handle pintu bagian dalam. Kemudian coba mulai menggunakan central lock. Lakukan langkah ini beberapa kali agar Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai.
  • Kalau memang secara keseluruhan sudah bekerja dengan optimal, Anda bisa memasang kembali door trim.

Sekarang pintu mobil Anda bisa dikunci secara manual. Begitu juga bisa dikunci dari central lock.

Masalah pintu mobil tidak bisa dikunci manual memang terhitung jarang terjadi. Namun kalau memang ada riwayat kerusakan pada bagian pintu, seperti ditabrak atau hal-hal lainnya, maka masalah ini bisa muncul. Untuk itu, lakukan perawatan dan pengecekan secara berkala. Butuh Jasa Gadai BPKB Mobil dan Motor ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.