Mesin mobil dikenal sebagai sebuah teknologi yang kompleks. Terdapat banyak komponen di dalamnya yang saling bekerja agar mesin bekerja secara sempurna.

Salah satu bagian yang sangat penting adalah ring piston. Mungkin AutoFamily sudah sering mendengar tentang ini tapi belum tahu apa fungsi ring piston dalam mesin mobil.

Fungsi ring piston terhitung banyak karena posisinya memang sangat krusial. Untuk tahu lebih lengkap, simak rangkuman di bawah ini.

1. Menjaga Kompresi Mesin

Fungsi ring piston yang pertama dan terhitung utama adalah menjaga kompresi mesin agar tetap optimal.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mesin merupakan teknologi yang kompleks. Dalam menjaga kualitas kinerjanya, maka perlu sekali keberadaan ring piston. Butuh Jasa Gadai BPKB Mobil dan Motor ?

Tanpa adanya ring piston yang berfungsi dengan baik, maka sudah pasti mesin akan bermasalah secara terus menerus.

Anda pasti tidak ingin hal negatif itu terjadi. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek selalu kondisi ring piston di dalam mesin mobil

2. Mampu Mencegah Kebocoran Kompresi

Mesin mobil yang dirawat secara benar akan terhindar dari berbagai masalah. Jika tidak, maka ada saja masalah yang muncul seperti kebocoran kompresi.

Untungnya dengan adanya ring piston, maka kebocoran tersebut bisa dicegah sejak awal.

Ring piston memiliki seal yang sangat penting untuk mesin. Kebocoran yang terjadi biasanya ada di beberapa titik, yakni piston dan silinder.

Mengapa bisa terjadi masalah di sana? Karena ada proses pembakaran yang memang merupakan salah satu proses dalam kinerja mesin.

Namun dengan adanya seal yang ada di ring piston, kebocoran tekanan kompresi ruang bakar akan terminimalisir dengan sendirinya.

3. Menghalau Oli Masuk ke Ruang Bakar
Dalam mengoptimalkan kinerja mesin, perlu sekali menggunakan oli yang berkualitas.

Namun sebaik apapun oli tersebut, jika pada kemudian hari malah masuk ke bagian ruang bakar akan sangat berbahaya.

Ya, sejak awal oli tidak boleh sampai masuk ke bagian tersebut. Perlu sekali menjaga kebersihan mesin sejak awal supaya tetap bersih.

Ketika oli sudah sampai masuk, sudah pasti akan memberikan masalah.

4. Mengurangi Gesekan Dinding Silinder

Fungsi ring piston yang lainnya adalah mengurangi gesekan dinding silinder blok. Pada dasarnya, salah satu cara mesin bekerja dengan gesekan. Namun untuk bisa mengurangi hal ini, perlu sekali menggunakan ring piston yang berkualitas.

Secara perlahan-lahan, ring piston mampu mengurangi gesekan dinding silinder. Apalagi ditambah dengan bantuan pelumas. Sudah pasti mesin Anda akan tetap prima sepanjang waktu.

5. Mampu Mengirim Panas

Mengapa harus mengirim panas untuk mesin mobil? Sebenarnya ada bagian di dalam mesin mobil yang perlu mendapatkan panas agar tetap bekerja dengan maksimal. Salah satunya adalah dinding silinder.

Dengan adanya bantuan dari ring piston, maka panas yang ada bisa membuat dinding silinder tidak terlalu dingin. Inilah yang akhirnya membuat mobil Anda bisa bekerja secara maksimal tanpa mengalami masalah di tengah jalan.

Itulah barisan fungsi ring piston dalam mesin mobil. Sekarang AutoFamily sudah tahu apa saja fungsi dari alat ini. Jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi ring piston setiap kali melakukan servis secara berkala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.